HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI SISWA

Authors

  • Salsa Billah Husna Universitas Negeri Padang
  • Rezki Hariko Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32284

Keywords:

Remaja, Interaksi, Sosial, Konsep Diri, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Dalam perkembangan remaja, hal yang penting untuk dilakukan adalah membentuk identitas diri yang diperoleh melalui pemahaman tentang konsep diri yang dimilikinya. Konsep diri merupakan hal yang penting dalam kehidupan remaja karena konsep diri menentukan bagaimana seseorang berperilaku. Salah satu faktor yang melatarbelakangi konsep diri adalah teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)mendeskripsikan dukungan sosial teman sebaya siswa MTsN 2 Kota Padang, (2) mendeskripsikan konsep diri siswa MTsN 2 Kota Padang, (3) menguji apakah terdapat hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri.  Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 275 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan Skala model Likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) dukungan sosial teman sebaya siswa MTsN 2 Kota Padang berada pada kategori tinggi, (2) konsep diri siswa MTsN 2 Kota Padang berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri siswa dengan indeks 0,356.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, D. N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya konsep diri remaja (studi kualitatif pada siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 1–11.

Aufirandra, F., & Khairani, K. (2020). Self-Concept Of Teenagers Living With Parents Single Parent In Smpn 25 Padang. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 104–110.

Calhoun, J.F., & Acocella, J.R. (1990). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaaan (penerjemah: Satmoko, R.S.). Semarang: IKIP Semarang Press.

Darmawati, D. (2019). Work Family Conflict (Konflik Peran Pekerjaan dan Keluarga). IAIN Parepare Nusantara Press.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak SD, SMP, SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 118–123.

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41-49.

Hariko, R., & Ifdil, I. (2017). Analisis Kritik Terhadap Model Kipas; Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(2), 109–117.

Hariko, R. (2020). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Agentik untuk Meningkatkan Prilaku Prososial Siswa Sekolah Menengah Pertama. In Energy for Sustainable Development: Demand, Supply, Conversion and Management. Universitas Negeri Malang.

Hariko, R., Nirwana, H., Fadli, R. P., Ifdil, I., Hastiani, H., & Febriani, R. D. (2021). Students’ motivation to attend group guidance based on gender and ethnic. International Journal of Research in Counseling and Education, 5(1), 85

Herawati, N. P., Nuriyyatiningrum, N. A. H., & Nurfitri, A. D. (2024). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Konsep Diri Remaja di Panti Asuhan At-Taqwa Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 26(2), 19-26.

Herwati, H. (2024). Pendidikan dalam perspektif islam dan peranannya dalam membina kepribadian islami. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 1-15.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Ke 5. Jakarta: Erlangga.

Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orangtua terhadap perilaku prokrastinasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388–394.

Khasanah, W., & Sianturi, R. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Body Image Pada Siswi SMP. Jurnal Keperawatan, 13(1), 213–226.

Marbun, R. (2024). Hubungan antara Teman Sebaya dengan Konsep Diri pada Remaja Siswa SMP Swasta Elida Medan, Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Mufidha, A. (2019). Dukungan sosial teman sebaya sebagai prediktor psychological well-being pada remaja. Acta Psychologia, 1(1), 34–42.

Permadi, W., & Nuqul, F. L. (2022). Pengaruh dukungan teman sebaya dan dukungan guru terhadap konsep diri di MTs Nur Ilahi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 15(1), 74–91.

Purba, I. Y. B., Sukmawati, I., Hariko, R., & Handayani, P. G. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Perantau Suku Batak di Universitas Negeri Padang. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 610-618.

Ranny, R., AM, R. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep diri remaja dan peranan konseling. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 40–47.

Romera Leme, V. B., Perreira Del Prette, Z. A., & Coimbra, S. (2015). Social Skills, Social Support and Well-Being in Adolescents of Different Family Configurations. Paideia (0103863X), 25(60).

Sahrudin, S. (2017). Peran Konsep Diri, Religiusitas, dan Pola Asuh Islami Terhadap Kecenderungan Perilaku Nakal Remaja di SMA Kota Cirebon. Misykah, 1(2), 63-87.

Sarafino, E, P. Timothy , W, Smith. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7 th edition. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Inc.

Sari, J. F., Zubaidah, Adeyola, A. P., Widyawati, N. A., Putri, L. A., & Juniarti, A. (2023). Peran Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Konsep Diri Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Penelitian Mandira Cendekia, 1(4), 11–18. https://journal.mandiracendikia.com/index.php/mdi/article/view/667

Sari, M. E. I. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII D Di SMP Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. UIN Raden Intan Lampung.

Seprianto, S., Fadila, F., Ristianti, D. H., & Azwar, B. (2024). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di SMPIT An-Nida. MUHAFADZAH, 4(2), 103-117.

Sulhan, N. A. A. (2024). Peran Konsep Diri Dalam Proses Bimbingan Dan Konseling: Pemahaman Dan Implementasi. Behavior, 1(2), 39-47.

Sustikasari, S. (2018). Peran bimbingan dan konseling untuk meningkatkan konsep diri anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 168–190.

Syahraeni, A. (2020). Pembentukan konsep diri remaja. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 7(1).

Uchino, B. N. (2004). Social Support & Physical Health. Yale University.

Downloads

Published

2025-08-16