Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Social Emotional Learning Terhadap Pembentukan Karakter Gotong Royong Siswa Kelas 3 SD Negeri 1 Setanggor Selatan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32256Keywords:
Differentiated Learning, Social-Emotional Learning, Mutual Cooperation CharacterAbstract
Perkembangan globalisasi dewasa ini berjalan sangat cepat, menciptakan kemajuan sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat dunia atau global citizen. Hal yang menjadi fokus dalam konteks ini adalah tantangan yang muncul dari globalisasi itu sendiri. Aliran globalisasi yang berlangsung bisa mempengaruhi nilai-nilai karakter manusia. Salah satu nilai karakter yang mulai pudar ditengah masyarakat, terutama dikalangan pelajar Indonesia adalah karakter gotong royong. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa karakter gotong royong dalam diri siswa sangat rendah. Hal ini dilihat dari menurunnya tingkat kepekaan siswa dalam membantu teman sebayanya yang mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi social emotional learning terhadap pembentukan karakter gotong royong siswa kelas 3 SD Negeri 1 Setanggor Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik sampling yang digunakan, yaitu sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 14,10. Apabila thitung dikonsultasikan pada ttabel dk = 29 – 1 = 28 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,04. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (14,01 > 2,04). Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi social emotional learning terhadap pembentukan karakter gotong royong siswa kelas 3 SD Negeri 1 Setanggor Selatan. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Social Emotional Learning, Karakter Gotong RoyongDownloads
References
Amelia, D., Setiaji, B., Jarkawi, J.,
Primadewi, K., Habibah, U.,
Peny, T. L., Rajagukguk, K. P.,
Nugraha, D., Safitri, W., Wahab,
A., Larisu, Z., & Dharta, F. Y.
(2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Metpen.
https://penerbitzaini.com/
AZ Sarnoto. (2024). Model
Pembelajaran Berdiferensiasi
Dalam Kurikulum Merdeka.
Journal on Education, 1(July), 1–
23.
Basri, H. H., & Murtaddlo, M. (2021).
Indeks Karakter Siswa 2021.
Puslitbang Pendidikan Agama
Dan Keagamaan Badan Litbang
Dan Diklat Kementerian Agama
RI, 1(1), 5.
Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka
dalam Pendidikan Modern. Jurnal
Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156.
https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.9
53
Hartono. (2019). Metodologi
Penelitian (Issue Mei).
Ni Putu Suwardani. (2020). “QUO
VADIS” Pendidikan Karakter
dalam Merajut Harapan Bangsa
yang Bermartabat. In Unhi Press.
http://repo.unhi.ac.id/bitstream/1
23456789/1349/1/13. Buku
Pendidikan Karakter.pdf
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A.
(2020). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran dengan
Model Diferensiasi Menggunakan
Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang
Memiliki Kemampuan Beragam.
Jurnal Education and
Development Institut, 8(4), 310–
319.
Sopianti, D. (2023). Implemenasi
pembelajaran Berdiferensiasi
Pada Mata Pelajaran Seni
Budaya Kelas XI di SMAN
GARUT. Journal of Music
Educationo, 1(1), 1–8.
Veronica, A., Ernawati, Rasdiana,
Abas, M., Yusriani, Hadawiah,
Hidayah, N., Sabtohadi, J.,
Marlina, H., Mulyani, W., &
Zulkarnaini. (2022). Metodologi
Penelitian Kuantitatif. In Pt.
Global Eksekutif Teknologi.
Yuliandri, B. S., & Wijaya, hariz E.
(2021). Social Emotional
Learning ( SEL ) untuk
Mengurangi Stres Akademik
Siswa di Masa Pandemi COVID-
19. Proceding of Inter-Islamic
University Conference on
Psychology, 1(1), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.