Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Social Emotional Learning Terhadap Pembentukan Karakter Gotong Royong Siswa Kelas 3 SD Negeri 1 Setanggor Selatan

Authors

  • Riadatus Solihah Universitas Hamzanwadi
  • RR. Sri Setyawati Mulyaningsih Universitas Hamzanwadi
  • Andi Sulastri Andi Sulastri Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32256

Keywords:

Differentiated Learning, Social-Emotional Learning, Mutual Cooperation Character

Abstract

Perkembangan globalisasi dewasa ini berjalan sangat cepat, menciptakan

kemajuan sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat dunia atau

global citizen. Hal yang menjadi fokus dalam konteks ini adalah tantangan yang muncul dari globalisasi itu sendiri. Aliran globalisasi yang berlangsung bisa

mempengaruhi nilai-nilai karakter manusia. Salah satu nilai karakter yang mulai

pudar ditengah masyarakat, terutama dikalangan pelajar Indonesia adalah karakter

gotong royong. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa karakter gotong

royong dalam diri siswa sangat rendah. Hal ini dilihat dari menurunnya tingkat

kepekaan siswa dalam membantu teman sebayanya yang mengalami kesulitan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran

berdiferensiasi terintegrasi social emotional learning terhadap pembentukan

karakter gotong royong siswa kelas 3 SD Negeri 1 Setanggor Selatan. Jenis

penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian eksperimen dengan

desain one group pretest-posttest. Teknik sampling yang digunakan, yaitu sampling

jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu

lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis

diperoleh hasil thitung sebesar 14,10. Apabila thitung dikonsultasikan pada ttabel dk

= 29 – 1 = 28 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,04. Oleh karena itu, dapat

disimpulkan bahwa thitung > ttabel (14,01 > 2,04). Dengan demikian, hipotesis yang

diajukan dapat diterima, yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan

bahwa terdapat pengaruh yang positif pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi

social emotional learning terhadap pembentukan karakter gotong royong siswa

kelas 3 SD Negeri 1 Setanggor Selatan.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Social Emotional Learning, Karakter

Gotong Royong

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, D., Setiaji, B., Jarkawi, J.,

Primadewi, K., Habibah, U.,

Peny, T. L., Rajagukguk, K. P.,

Nugraha, D., Safitri, W., Wahab,

A., Larisu, Z., & Dharta, F. Y.

(2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Metpen.

https://penerbitzaini.com/

AZ Sarnoto. (2024). Model

Pembelajaran Berdiferensiasi

Dalam Kurikulum Merdeka.

Journal on Education, 1(July), 1–

23.

Basri, H. H., & Murtaddlo, M. (2021).

Indeks Karakter Siswa 2021.

Puslitbang Pendidikan Agama

Dan Keagamaan Badan Litbang

Dan Diklat Kementerian Agama

RI, 1(1), 5.

Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka

dalam Pendidikan Modern. Jurnal

Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156.

https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.9

53

Hartono. (2019). Metodologi

Penelitian (Issue Mei).

Ni Putu Suwardani. (2020). “QUO

VADIS” Pendidikan Karakter

dalam Merajut Harapan Bangsa

yang Bermartabat. In Unhi Press.

http://repo.unhi.ac.id/bitstream/1

23456789/1349/1/13. Buku

Pendidikan Karakter.pdf

Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A.

(2020). Pengembangan

Perangkat Pembelajaran dengan

Model Diferensiasi Menggunakan

Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang

Memiliki Kemampuan Beragam.

Jurnal Education and

Development Institut, 8(4), 310–

319.

Sopianti, D. (2023). Implemenasi

pembelajaran Berdiferensiasi

Pada Mata Pelajaran Seni

Budaya Kelas XI di SMAN

GARUT. Journal of Music

Educationo, 1(1), 1–8.

Veronica, A., Ernawati, Rasdiana,

Abas, M., Yusriani, Hadawiah,

Hidayah, N., Sabtohadi, J.,

Marlina, H., Mulyani, W., &

Zulkarnaini. (2022). Metodologi

Penelitian Kuantitatif. In Pt.

Global Eksekutif Teknologi.

Yuliandri, B. S., & Wijaya, hariz E.

(2021). Social Emotional

Learning ( SEL ) untuk

Mengurangi Stres Akademik

Siswa di Masa Pandemi COVID-

19. Proceding of Inter-Islamic

University Conference on

Psychology, 1(1), 1–8.

Downloads

Published

2025-08-20