STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGGULANGI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI SMAIT ULIL ALBAB
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32196Keywords:
PAI teacher, guidance strategy, deviant behavior, noble character, character building.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanggulangi perilaku menyimpang peserta didik di SMAIT Ulil Albab. Latar belakang penelitian didasari oleh maraknya fenomena perilaku menyimpang di kalangan remaja, seperti pelanggaran tata tertib, kurangnya kedisiplinan, dan interaksi sosial yang tidak mencerminkan nilai-nilai akhlak mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru PAI meliputi pembiasaan ibadah harian, penegakan disiplin berbasis nilai-nilai Islam, pendekatan personal dan konseling Islami, serta integrasi materi akhlak dalam seluruh kegiatan pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa strategi guru PAI yang terencana, konsisten, dan kolaboratif mampu berkontribusi signifikan dalam membentuk perilaku positif peserta didik sekaligus mencegah perilaku menyimpang secara berkelanjutan.Downloads
References
Aufa, M. R., Kironoratri, L., & Fardani, M. A. (2023). Peranan Pembiasaan Ibadah Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Di SD Muhammadiyah 1 Kudus. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1339–1348.
Diana, R. R. (2024). Optimalisasi Bimbingan Dan Konseling Islam Sebagai Media Dakwah Dalam Membangun Karakter Islami. Al-Qolamuna: Journal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(4), 166–180.
Ermiyanto, E., & Fadriati, F. (2023). Integrasi Nilai Akhlak Mulia dalam Budaya Minangkabau pada Mata Pelajaran PAI BP. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 102–115.
Handayani, F., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran PAI di SMA:(Tujuan, Materi, Metode, dan Evaluasi). Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 93–101.
Handoko, Y. H. Y. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 201–212.
Hidayat, M. F. (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 ENREKANG KABUPATEN ENREKANG. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Hidayat, T. (2024). Studi Analisis Keberhasilan Integrasi Pembelajaran Sosiologi Dengan Nilai-Nilai Islam Dalam Membina Karakter Islami. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 5(4), 1977–1992.
Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustofa, A. W. (2018). Upaya guru PAI dalam menanggulangi perilaku menyimpang pada peserta didik di MTS Almaarif 02 Singosari Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.
Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197–218.
Shabran, S., & Putra, D. (2021). Integrasi Karakter Islami Pada Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 2(2), 76–83.
Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Triastutik, A., & Sutoyo, A. (2020). Hubungan kontrol diri dengan perilaku disiplin tata tertib sekolah pada siswa SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 41–45.
Weyant, E. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: by John W. Creswell and J. David Creswell, Los Angeles, CA: SAGE, 2018, $38.34, 304pp., ISBN: 978-1506386706. Taylor & Francis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.