PENGEMBANGAN BUKU TEKS PERADABAN LAMPU BERBASIS PjBL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER KEBAIKAN HATI SISWA SD

Authors

  • Ni Made Lina Mariani Universitas Sanata Dharma
  • Gregorius Ari Nugrahanta Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32184

Keywords:

Peradaban Lampu, Project Based Learning, Kebaikan Hati, Pendidikan Karakter

Abstract

Kebaikan hati merupakan nilai moral fundamental yang esensial untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan berlandaskan etika, sekaligus berfungsi sebagai pelindung dari tindak kekerasan. Fakta yang mengkhawatirkan menunjukkan bahwa 84% siswa mengalami agresi fisik, verbal, atau psikologis, yang mengindikasikan lemahnya internalisasi nilai-nilai moral. Penelitian ini mengembangkan dan memvalidasi buku teks Peradaban Lampu berbasis model Project Based Learning (PjBL) untuk menumbuhkan karakter kebaikan hati pada siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan kerangka kerja ADDIE dalam metodologi Research and Development (R&D) serta desain quasi-experimental, penelitian ini melibatkan sepuluh guru bersertifikasi untuk analisis kebutuhan dan sepuluh validator ahli untuk evaluasi mendalam. Dua kelas V di salah satu SD Negeri di Yogyakarta ditetapkan sebagai kelompok kontrol (V A) dan kelompok eksperimen (V B). Buku teks yang dikembangkan memperoleh skor kualitas rerata 3,77 (skala 1–4, “Sangat Baik”), tidak memerlukan revisi, dan menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap karakter kebaikan hati (p = 0,000, besar efek = 0,5531, kontribusi = 30,59%, efektivitas = 76,11%, α = 0,723). Temuan ini menegaskan efektivitasnya sebagai perangkat pedagogis yang kokoh untuk pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12308

Astuti, L. D., & Nugrahanta, G. A. (2023). Memupuk Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 10-12 Tahun Melalui Pemain Tradisional. Ini: Jurnal Ilmu Pendidikan , 6(1), 83–96.

Bender, W. N. (2012). Project-based learning: differentiating instruction for the 21st century (Issue 112). Corwin Press.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Digital Learning: The Key Concepts. Springer. https://doi.org/10.4324/9780429425240-105

Dewey, J. (1944). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. The Free Press.

Habibulloh, L. H. (2024). Budaya perundungan anak di bawah umur dalam lingkup lingkungan pendidikan menurut pandangan hukum ketatanegaraan. 2(6), 778–785.

Handayani, B. S., & Corebima, A. D. (2017). Model brain based learning (BBL) and whole brain teaching (WBT) in learning. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 153. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5142

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Inrevolzon. (2019). Kebudayaan dan Peradaban. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 13(2), 1–8.

Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.46306/jpee.v1i1.7

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 14–21. https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.59

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Mabruroh, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.879

Maslow, A. H. (2017). A theory of human motivation. Defining and Classifying Children in Need, August, 101–127. https://doi.org/10.4324/9781315258324-16

Mones, A. Y., Aristiawan, A., Muhtar, M., & Irawati, D. (2023). Project Based Learning (PJBL) Perspektif Progresivisme dan Konstruktivisme. Prosiding Seminar Nasional “Peran Teknologi Pendidikan Menuju Pembelajaran Masa Depan: Tantangan Dan Peluang,” 1–11. https://if.binadarma.ac.id/document/1667374163_Panduan_Pelaksanaan_Mata Kuliah Project.pdf

Muhammad, I., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81–98. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.78

Mulyanto, A., Nurhuda, Y. A., & Khoirurosid, I. (2017). Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Smartphone Android. Jurnal Teknoinfo, 11(2), 48. https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.28

Octavia, R. U. (2016). Pengembangan Buku Teks Kelas V Sekolah Dasar Berbasis Tematik Dengan Model Multiple Games. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 184. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p184-194

Ridha, A. R., Bahij, M. A., Nurachman, A., & Setiawan, R. (2025). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Berbasis Nilai Afektif dan Psikomotorik : Tantangan dan Peluang. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 245–254. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i1.565

Sanggita, D. T., & Nugrahanta, G. A. (2022). Peran permainan tradisional guna menguatkan karakter kebaikan hati pada anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 79–93.

Sasiwi, N. H. E., & Hidayati, N. (2016). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Univeritas Negeri Yogyakarta.

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprapto, E. (2021). Project Based Learning (PjBL) untuk Penguatan Keterampilan 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thingking, Creativity) dalam menghadapi abad 21. In INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA ABAD 21 (pp. 25–26). CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Wahidah, A. S. (2021). Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Investama : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(2).

Yunaeti, N., Arhasy, E. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menurut Teori John Dewey Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 10–21. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2212

Zakiyah, Z., Arisandi, M., Oktora, S. D., Hidayat, A., Karlimah, K., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 6(5), 8431–8440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.386

Downloads

Published

2025-08-19

Most read articles by the same author(s)