ANALISIS PERAN GURU DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING DI SD 4 JATI WETAN

Authors

  • Lila Kurnia Puryati Universitas Muria Kudus
  • Sri Utaminingsi Universitas Muria Kudus
  • Denni Agung Santoso Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32113

Keywords:

Bullying, The Role of Teachers, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam upaya pencegahan perilaku bullying di SD 4 Jati Wetan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Subjek dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, guru kelas, dan siswa SD 4 Jati Wetan. Sedangkan objek penelitian berupa perilaku bullying dan peran guru dalam upaya pencegahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak perilaku bullying yang terjadi di SD 4 Jati Wetan meliputi bullying  fisik, bullying verbal, dan bullying mental. Peran guru dalam upaya pencegahan perilaku bullying di SD 4 Jati wetan yang meliputi pengawasan terhadap siswa, menjalin komunikasi dengan siswa, dan berkolaborasi dengan orang tua telah terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Arikunto, S., Saputra, W. N. E., Khoirunnisa, D. A., & Sawai, R. P. (2023). Development and validation of teacher competency perception scale in Indonesia: The Rasch analysis. Journal of Professional Teacher Education, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.12928/jprotect.v1i1.491

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11134. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204

Khasanah, S. U., Rasimin, R., & Amanah, S. (2023). Identifikasi Tingkat Perilaku Pelaku Bullying di Pondok Pesantren Terpadu Serambi Makkah Sungai Bahar Muaro Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3844–3853. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2555%0Ahttp://files/21822/Khasanah et al. - 2023 - Identifikasi Tingkat Perilaku Pelaku Bullying di P.pdf

Kurniawan, Y., Rahmawati, P., Giarto, R. B., Teknologi, S., Manufaktur, R., Mesin, J. T., Balikpapan, P. N., Studi, P., Berat, A., Mesin, J. T., Balikpapan, P. N., Studi, P., Sipil, T., Sipil, J. T., & Balikpapan, P. N. (2024). PERAN GURU DALAM MENCEGAH DAN MENGATASI PRAKTEK BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 2(3), 207–212.

Lubis, R. (2024). Perkembangan pada masa sekolah anak usia 6-12 tahun. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11, 682–688.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. 2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

Sari, C. P., Musri’ah, J., Putri, P. N., Safitri, R., Putra, R. C., & Fatmawati, R. (2024). Peran Guru SD dalam Mencegah Perilaku Bullying. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 4(1), 313–323. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2230

Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496–504. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04.400

Downloads

Published

2025-09-01