ANALISIS PERAN GURU DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING DI SD 4 JATI WETAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32113Keywords:
Bullying, The Role of Teachers, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam upaya pencegahan perilaku bullying di SD 4 Jati Wetan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Subjek dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, guru kelas, dan siswa SD 4 Jati Wetan. Sedangkan objek penelitian berupa perilaku bullying dan peran guru dalam upaya pencegahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak perilaku bullying yang terjadi di SD 4 Jati Wetan meliputi bullying fisik, bullying verbal, dan bullying mental. Peran guru dalam upaya pencegahan perilaku bullying di SD 4 Jati wetan yang meliputi pengawasan terhadap siswa, menjalin komunikasi dengan siswa, dan berkolaborasi dengan orang tua telah terlaksana dengan baik.Downloads
References
Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Arikunto, S., Saputra, W. N. E., Khoirunnisa, D. A., & Sawai, R. P. (2023). Development and validation of teacher competency perception scale in Indonesia: The Rasch analysis. Journal of Professional Teacher Education, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.12928/jprotect.v1i1.491
Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11134. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204
Khasanah, S. U., Rasimin, R., & Amanah, S. (2023). Identifikasi Tingkat Perilaku Pelaku Bullying di Pondok Pesantren Terpadu Serambi Makkah Sungai Bahar Muaro Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3844–3853. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2555%0Ahttp://files/21822/Khasanah et al. - 2023 - Identifikasi Tingkat Perilaku Pelaku Bullying di P.pdf
Kurniawan, Y., Rahmawati, P., Giarto, R. B., Teknologi, S., Manufaktur, R., Mesin, J. T., Balikpapan, P. N., Studi, P., Berat, A., Mesin, J. T., Balikpapan, P. N., Studi, P., Sipil, T., Sipil, J. T., & Balikpapan, P. N. (2024). PERAN GURU DALAM MENCEGAH DAN MENGATASI PRAKTEK BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 2(3), 207–212.
Lubis, R. (2024). Perkembangan pada masa sekolah anak usia 6-12 tahun. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11, 682–688.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. 2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Sari, C. P., Musri’ah, J., Putri, P. N., Safitri, R., Putra, R. C., & Fatmawati, R. (2024). Peran Guru SD dalam Mencegah Perilaku Bullying. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 4(1), 313–323. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2230
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496–504. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04.400
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.