Upaya Meningkatkan Membaca Pemahaman Melalui Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantuan Buku Digital Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjung Barat 07
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32094Keywords:
Membaca Pemahaman, Buku Digital, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Comprehension Reading, Digital BookAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan membaca pemahaman melalui Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbantuan Buku Digital siswa kelas IV SDN Tanjung Barat 07. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tiap tahap refleksi, peningkatan nilai pada akhir siklus, serta hasil instrumen pemantau tindakan selama pembelajaran dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai membaca pemahaman mencapai 87,5% dari jumlah siswa kelas IV dengan nilai ≥70 sesuai dengan KKTP. Adapun keberhasilan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model CIRC dapat dilihat melalui aktivitas guru dan siswa sebesar 91,67% dan 88,83%. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 85% siswa memperoleh nilai ≥70, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Hasil ini menunjukkan penerapan model CIRC berbantuan buku digital efektif dalam meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Tanjung Barat 07.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Buku Digital
Downloads
References
Hafizah, N. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1675. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699
Herlinyanto, H. (2019). Membaca Pemahaman dengan Strategi KWL. Penerbit Deepublish.
Hidayah, Y. N., & Hardini, A. T. A. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2).
Kurnia, I. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar II SD. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 1(01), 31–36. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2458
Nurhayati, S. S., Savitri, R. A., & Ucup, U. (2024). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Apa dan Bagaimana? EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 22–27. https://10.0.223.167/eduspirit.v1i1.17
Patricya, F., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Mengoptimalkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10994
Rahmawati, F., Usman, H., & Nurhasanah, N. (2023). Pengembangan Digital Book Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Materi Teks Nonfiksi Kelas IV SD. Wahana Sekolah Dasar, 31(1), 80. https://doi.org/10.17977/um035v31i12023p80-91
Sutarsih, T., & Hasyyati, A. N. (2018, December). Statistik Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Badan Pusat Statistik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















