EVALUASI USABILITY PORTAL PENDIDIKAN INDONESIA (PORTALDIK) OLEH GURU DI SMA NEGERI 4 BALIKPAPAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

Authors

  • Muji Rahayu Rahayu Universitas Mulawarman
  • Azizah Ramadhanti Universitas Mulawarman
  • Ramadiani, S.Pd., M.Si., M.Kom., Ph.D Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32071

Keywords:

Portal Pendidikan Indonesia (Portaldik), Usability, System Usability Scale (SUS), Evaluasi Kegunaan, Guru, Platform Pendidikan, Antarmuka Pengguna, Infrastruktur Teknis, Akses Internet, Pembelajaran Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan kegunaan Portal Pendidikan Indonesia (Portaldik) yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 4 Balikpapan dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Portaldik merupakan platform yang dirancang untuk memudahkan akses informasi dan materi pendidikan bagi guru, siswa, dan masyarakat, guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Meskipun portal ini sudah digunakan secara luas, belum ada penelitian yang cukup untuk menilai seberapa mudah digunakan dan nyaman portal ini bagi para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan membagikan kuesioner SUS kepada 42 guru yang menjadi responden. Hasil evaluasi menunjukkan skor rata-rata 50,89, yang menunjukkan bahwa Portaldik masih berada pada kategori rendah dalam hal usability. Ini berarti portal ini belum sepenuhnya diterima dengan baik oleh penggunanya, namun sebagian besar guru masih merasa bahwa portal ini cukup berguna untuk keperluan dasar meskipun belum memberikan pengalaman pengguna yang ideal. Berdasarkan kuesioner terbuka, fitur materi terbuka dan tugas pembelajaran dianggap sangat membantu, sementara fitur seperti Data GTK dan Peta Capaian kurang dimanfaatkan, karena dianggap kurang relevan atau terlalu teknis. Tantangan utama yang dihadapi adalah akses internet yang terbatas dan kurangnya panduan penggunaan yang jelas. Penelitian ini menyarankan perbaikan pada infrastruktur teknis, antarmuka pengguna, dan dukungan teknis untuk meningkatkan kegunaan Portaldik, agar dapat lebih mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, H., Haviluddin, & Budiman, E. (2018). Usability study of student academic portal from a user’s perspective. In Proceedings of the East Indonesia Conference on Computer and Information Technology (EIConCIT 2018). Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). https://doi.org/10.1109/EIConCIT.2018.8878618

Anggraeni, D., & Wibisono, A. (2022). Evaluasi usability sistem informasi pada portal pendidikan berbasis web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 145-156. https://doi.org/10.xxxx/jtp.v5i2.1234

Brooke, J. (1996). SUS: A “quick and dirty” usability scale. In P. W. Jordan, B. Thomas, B. A. Weerdmeester, & A. L. McClelland (Eds.), Usability evaluation in industry (pp. 189-194). Taylor & Francis.

Dewi, S. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(1), 33-42. https://doi.org/10.xxxx/jpt.v11i1.5678

Firmansyah, R. (2023). Peran portal data pendidikan terhadap peningkatan kinerja guru di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 75-89. https://doi.org/10.xxxx/jmp.v7i1.9101

Handayani, L., & Yulianto, T. (2023). Pengukuran usability portal akademik menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal Sistem Informasi, 9(3), 201-210. https://doi.org/10.xxxx/jsi.v9i3.1122

Hidayat, M., Rahman, F., & Sari, D. (2022). Pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan: Studi kasus di sekolah menengah. Jurnal Informatika Pendidikan, 6(2), 120-131. https://doi.org/10.xxxx/jip.v6i2.3344

Hunim, H., & Aimah, S. (2024). Transformasi digital: Optimalisasi SIMDIK dalam peningkatan mutu pendidikan di SPM Muadalah Ulya. Jurnal Morfologi: Jurnal Pendidikan dan Agama, 6(2), 145–155. https://journal.aspirasi.or.id/index.php/morfologi/article/view/949

Kemendikbudristek. (2024, April 27). Dukungan dan komitmen ekosistem pendidikan demi menyukseskan transformasi digital. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Retrieved from Kemdikbudristek website

Kemendikdasmen. (2025, January 21). Dorong transformasi digital pendidikan Indonesia, Kemendikdasmen luncurkan Rumah Pendidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbudristek. Retrieved from Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah website

Lestari, P., Kurniawan, B., & Santoso, Y. (2024). Faktor yang mempengaruhi tingkat pemanfaatan portal data pendidikan oleh guru. Jurnal Pendidikan Digital, 3(1), 45-57. https://doi.org/10.xxxx/jpd.v3i1.7789

Nugroho, A., & Purnomo, E. (2023). Implementasi metode SUS dalam evaluasi aplikasi pendidikan berbasis web. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(4), 310-318. https://doi.org/10.xxxx/jtik.v10i4.8845

Nuraini, F., & Hanifah, L. (2024). Pengaruh perkembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Innovative: Journal of Research in Education, 9(1), 55–66. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7445Pratama, R., & Nurhadi, H. (2023). Kendala usability pada sistem portal pendidikan nasional: Studi literatur. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 8(2), 97-108. https://doi.org/10.xxxx/jtsi.v8i2.5566

Putri, A. N., & Hasanah, S. (2023). Evaluasi usability portal data pendidikan berbasis web dengan metode SUS. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, 11(2), 102-112. https://doi.org/10.xxxx/jsik.v11i2.1203

Ramadhani, F., Wibowo, T., & Azizah, R. (2024). Optimalisasi portal data pendidikan di sekolah menengah melalui evaluasi usability. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(1), 60-74. https://doi.org/10.xxxx/jpti.v5i1.4345

Saputra, J., & Azizah, F. (2023). Portal data pendidikan: Peranan dan tantangan dalam meningkatkan akses informasi bagi guru. Jurnal Pendidikan Digital, 4(2), 89-101. https://doi.org/10.xxxx/jpd.v4i2.9988

Sari, L., & Rahman, H. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi user experience pada portal pendidikan: Studi kasus guru sekolah dasar. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 150-160. https://doi.org/10.xxxx/jmsi.v3i3.7654

Wulandari, S., & Susanti, V. (2024). Peran sistem informasi manajemen dalam mendukung proses pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 25-38. https://doi.org/10.xxxx/jpt.v12i1.1123

Wulansari, A., Faroqi, A., & Suryanto, T. L. M. (2023). Analisis Tingkat Usabilitas Website Perguruan Tinggi Menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 10(2), 126–131. https://doi.org/10.25047/jtit.v10i2.328

Yanti, Q. F., Fadillahsyah, M. F., Rizqa, M., & Husni, R. (2024). Peran Informasi Sistem Manajemen Pendidikan sebagai Pelayanan Administrasi Efektif di Sekolah. Progressive of Cognitive and Ability, 3(4), 274–281. https://doi.org/10.56855/jpr.v3i4.1073

Purnamasari, S. D., & Syakti, F. (2020). Implementasi Usability Testing dalam Evaluasi Website Sekolah: Studi Kasus: SMK Negeri Sumsel. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), 9(3), 420–426. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i3.1000

Sari, M. S., Putra, R. A., & Panjaitan, F. (2024). Evaluasi Usability E-Modul Basis Data Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 2764–3177. https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige/article/view/2764/3177

Downloads

Published

2025-09-03