METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM YANG HOLISTIK: INTEGRASI EPISTEMOLOGI ISLAM DAN PENDEKATAN BARAT

Authors

  • Abdul Wachid Institut Agama Islam Hidayatullah Batam, Indonesia
  • Maisaroh Mahasiswa Magister Internasional Open University

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32026

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya pengembangan metodologi penelitian pendidikan Islam yang holistik melalui integrasi antara epistemologi Islam yang berpijak pada wahyu, akal dan intuisi spiritual menawarkan dasar ontologis dan aksiologis yang khas, sementara pendekatan Barat menghadirkan sistematika ilmiah yang teruji dalam aspek validitas dan reliabilitas. Pendekatan holistik ini dimaksudkan untuk menjawab keterbatasan metodologi konvensional yang kerap terlepas dari dimensi nilai dan spiritual. Dengan menggunakan metode studi pustaka kritis analisis komparatif, artikel ini menunjukkan bahwa integrasi dua tradisi ini tidak hanya memungkinkan, tetapi juga mendesak untuk dilakukan demi menghasilkan riset pendidikan islam yang kontekstual, transformatif, dan bernilai Ilahiyah. Hasil kajian ini merekomendasikan konstruksi metodologi yang tidak dikotomis, melainkan inklusif, yang  menjembatani antara dimensi empirik-rasional dengan dimensi normatif-transendental. Dengan demikian, paradigma penelitian pendidikan Islam dapat berkembang secara utuh dan berakar pada nilai-nilai keislaman yang otentik namun tetap relevan dengan tantangan kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, et al. (2023). Aspek-Aspek Epistemologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Benchmarking, 7(2), 84. https://doi.org/10.30821/benchmarking.v7i2.18369

Alkouatli, C. (2024). Illuminating data beyond the tangible: Exploring a conceptually-relevant paradigmatic frame for empirical inquiry with Muslim educators. International Journal of Qualitative Studies in Education, 37(8), 2466–2484.

Arikunto, S. (2022). Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta. Jurnal EMBA, 1(3).

Effendi, P. (2025). Urgensi Epistemologi Islam bagi Setiap Penuntut Ilmu. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v4i1.4357

Helin, et al. (2023). METODOLOGI PENELITIAN (M. A. Wardana, Ed.). Badung, Bali: CV. Intelektual Manifes Media.

Huda, S. (2020). Integrasi Ilmu Antara Wacana dan Praktif: Studi Komparatif UIA Malaysia & UIN Malang. In Spasi Book (Vol. 53). Retrieved from http://repository.iainkediri.ac.id/127/1/INTEGRASI ILMU - Buku.pdf

Mohamad, A. (2025). Exploring tarbiyah in Islamic education: A critical review of the English-and Arabic-language literature. Education Sciences, 15(5), 559.

Naili, U. & Hasan, N. (2021). Relevansi konsep epistemologi Islam dengan pendidikan pesantren. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 155–171.

Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.

Nurhayati, & Afrizawati. (2023). ANALISIS SWOT DAN PEMETAAN STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PADA PRODI PBA INSTITUT AGAMA ISLAM ABDULLAH SAID BATAM. JURNAL MUMTAZ, 3(1), 1–10.

Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803

Nurhayati, Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.

Omercic, J. (2021a). Integration of knowledge (IoK) methodological reasoning of Islamic economics (IE) as the wisdom of humanity: A heterodox economic approach. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 4(2), 233–262.

Omercic, J. (2021b). Integration of Knowledge (IoK) Methodological Reasoning of Islamic Economics (IE) as the Wisdom of Humanity: A Heterodox Economic Approach. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 4(2), 233–262. https://doi.org/10.18196/ijief.v4i2.11658

Razak, et al. (2024). Sorotan Pembinaan Peradaban Islam Melalui Kerangka Epistemologi Islam. Jurnal Al-Sirat, 24(2), 30–46.

Robby, et al. (2024). Prinsip Dasar Epistemologi Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8515–8522. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5034

Sahin, A. (2018). Critical issues in islamic education studies: Rethinking islamic and western liberal secular values of education. Religions, 9(11). https://doi.org/10.3390/rel9110335

Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Zakiyah, et al. (2025). Epistemologi Islam Dan Barat: Telaah Perbandingan Dalam Konteks Metodologi Studi Agama Aulia. Jurnal Mudabbir, 5, 34–38.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Ketiga). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-08-19