PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI KUBUS DAN BALOK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32025Keywords:
Problem Posing, Learning Model, Question Box Media, Mathematical Problem Solving AbilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V yang menggunakan
model pembelajaran problem posing berbantuan media question box di SDN 81
Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan desain
penelitian Pre Experiment dengan bentuk one group pretest-posttest design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 81 Singkawang dan
sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa
kelas V yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
teknik pengukuran dan teknik observasi langsung, Instrument pengumpulan data
yang digunakan yaitu, lembar tes dan lembar pengamatan. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji paired sample t-test, N-gain dan persentase aktivitas
belajar. Adapun Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1) Uji Wilcoxon Signed-Rank
menunjukkan nilai sig 0,000<0.05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V sesudah
menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box
di SDN 81 Singkawang. 2) uji N-Gain penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
kelas V sebelum dan sesudah diajarkan model pembelajaran problem posing
berbantuan media question box SDN 81 Singkawang, adapun hasil dari uji N-Gain
yaitu dengan nilai 0,39 berada pada kriteria sedang. 3) untuk mengetahui aktivitas
belajar siswa yaitu dengan mencari rata-rata persentase keseluruhan, adapun hasil
yang didapat sebesar 66,5% dengan kriteria aktif. Implikasi dari penelitian ini
menunjukkan bahwa perlu adanya model pembelajaran problem posing berbantuan
media question box berdampak positif pada keaktifan siswa dalam prses belajar
khususnya materi volume kubus dan balok. Dampak dari penelitian ini yaitu
membuat poses pembelajaran jadi lebih bermakna karena siswa belajar melalui
pengalaman nyata dengan kehidupan mereka sehingga materi mudah dipahami.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sebelum dan sesudah
diajarkan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V di SDN 81
Singkawang.
Downloads
References
Pendidikan matematika,
1(2), 223-234.
Yulisma, Y. (2017) MODEL
PEMBELAJARAN
PROBLEM POSING
UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR BAHASA
INDONESIA SISWA
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA. SUARA
GURU, 3(1), 99-108.
Sofian, E., Wahyuni, R., & Setyowati,
R. (2025). HUBUNGAN
ANTARA KEMAMPUAN
MEMBACA PEMAHAMAN
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 21
Tahun 2016 tentang Standar
Proses Pendidikan Dasar
dan Menengah, h.8
Sitohang. I. L., Saragih, S., & Konsep,
P. (2018). Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran
Problem Posing Terhadap
Kemampuan Pemahaman.
Jurnal Inspiratif, 4(2), 1-12
Retrieved from
Attps://jurnal.unimed.ac.id/2
012/index.php/jpmi/article/vi
ewFile/1080 4/9697.
DENGAN KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIS KELAS V
SEKOLAH DASAR. Primary
Education Journals (Jurnal
Ke-SD-An), 5(1), 78-88.
Nasution,Z.M., Surya,Edy, dan
Manullang,M. (2017).
Perbedaan Kemampuan
Pemecahan Masalah
Matematik Dan Motivasi
Belajar Siswa Yang Diberi
Pendekatan Pembelajaran
Berbasis Masalah Dengan
Pendidikan Matematika. Jurnal
Matematika: Vol. 10, No. 1 (67-
78).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.