PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN NGAGELREJO 1/396 SURABAYA

Authors

  • Oktavia Salsabella Shafira Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dian Kusmaharti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32019

Keywords:

Ethnomathematics Approach, Recognizing Flat Shapes, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang ada dalam
proses pembelajaran seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materi
sehingga hasil belajar siswa pada kelas I SD menjadi rendah. Rendahnya hasil
belajar siswa ini disebabkan oleh kurang tepatnya pemilihan pendekatan, media
dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin
dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan
Etnomatematika terhadap hasil belajar mengenal bangun datar siswa kelas I SDN
Ngagelrejo 1/396 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
Kuantitatif Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SDN
Ngagelrejo 1/396 Surabaya dengan jumlah 50 siswa. metode pengumpulan data
yang digunakan adalah Observasi dan Tes Hasil Belajar dengan menggunakan
alat penilaian berupa lembar Observasi dan lembar soal Tes Hasil Belajar.
Menggunakan teknik analisis data statistik inferesial dengan cara metode analisis
statistik Uji-t. Berdasarkan hasil Paired Samples tes menggunakan aplikasi SPSS
Versi 27.0 Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak
dan H1 diterima yang artinya “Ada Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Rumah
Adat Joglo Terhadap Hasil Belajar Mengenal Bangun Datar Siswa Kelas I SDN
Ngagelrejo Surabaya”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum

dan pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara..

Artikel in Press :

Nursyahida, S. (2013). Hukum Waris

Adat Baduy: Mengungkap Kearifan

Lokal Budaya dan Matematika:

Sebuah Kajian Etnomatematika.

Skripsi, tidak dipublikasikan.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani,

B. (2013). 18454275. Prosiding

Seminar Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika FMIPA

UNY, 1(1), 113–118.

Jurnal :

Ajmain, Herna, & Masrura, S. I.

(2020). Implementasi Pendekatan

Etnomatematika Dalam

Pembelajaran Matematika. SIGMA

(Suara Intelektual Gaya

Matematika), 12, 45–54.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi

Pembelajaran Melalui Pendekatan,

Strategi, dan Model Pembelajaran.

Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 33.

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P.

P. (2020). Pengembangan E-

Modul Ipa Bermuatan Tes Online

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.

Journal of Education Technology,

4(1), 73.

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24

095

Downloads

Published

2025-08-10