PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN NGAGELREJO 1/396 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32019Keywords:
Ethnomathematics Approach, Recognizing Flat Shapes, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang ada dalamproses pembelajaran seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materisehingga hasil belajar siswa pada kelas I SD menjadi rendah. Rendahnya hasilbelajar siswa ini disebabkan oleh kurang tepatnya pemilihan pendekatan, mediadan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingindicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatanEtnomatematika terhadap hasil belajar mengenal bangun datar siswa kelas I SDNNgagelrejo 1/396 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitianKuantitatif Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SDNNgagelrejo 1/396 Surabaya dengan jumlah 50 siswa. metode pengumpulan datayang digunakan adalah Observasi dan Tes Hasil Belajar dengan menggunakanalat penilaian berupa lembar Observasi dan lembar soal Tes Hasil Belajar.Menggunakan teknik analisis data statistik inferesial dengan cara metode analisisstatistik Uji-t. Berdasarkan hasil Paired Samples tes menggunakan aplikasi SPSSVersi 27.0 Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolakdan H1 diterima yang artinya “Ada Pengaruh Pendekatan Etnomatematika RumahAdat Joglo Terhadap Hasil Belajar Mengenal Bangun Datar Siswa Kelas I SDNNgagelrejo Surabaya”Downloads
References
Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum
dan pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara..
Artikel in Press :
Nursyahida, S. (2013). Hukum Waris
Adat Baduy: Mengungkap Kearifan
Lokal Budaya dan Matematika:
Sebuah Kajian Etnomatematika.
Skripsi, tidak dipublikasikan.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani,
B. (2013). 18454275. Prosiding
Seminar Nasional Matematika dan
Pendidikan Matematika FMIPA
UNY, 1(1), 113–118.
Jurnal :
Ajmain, Herna, & Masrura, S. I.
(2020). Implementasi Pendekatan
Etnomatematika Dalam
Pembelajaran Matematika. SIGMA
(Suara Intelektual Gaya
Matematika), 12, 45–54.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi
Pembelajaran Melalui Pendekatan,
Strategi, dan Model Pembelajaran.
Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 33.
Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P.
P. (2020). Pengembangan E-
Modul Ipa Bermuatan Tes Online
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.
Journal of Education Technology,
4(1), 73.
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24
095
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.