PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN NGAGELREJO 1/396 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32019Keywords:
Ethnomathematics Approach, Recognizing Flat Shapes, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang ada dalam
proses pembelajaran seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materi
sehingga hasil belajar siswa pada kelas I SD menjadi rendah. Rendahnya hasil
belajar siswa ini disebabkan oleh kurang tepatnya pemilihan pendekatan, media
dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin
dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan
Etnomatematika terhadap hasil belajar mengenal bangun datar siswa kelas I SDN
Ngagelrejo 1/396 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
Kuantitatif Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SDN
Ngagelrejo 1/396 Surabaya dengan jumlah 50 siswa. metode pengumpulan data
yang digunakan adalah Observasi dan Tes Hasil Belajar dengan menggunakan
alat penilaian berupa lembar Observasi dan lembar soal Tes Hasil Belajar.
Menggunakan teknik analisis data statistik inferesial dengan cara metode analisis
statistik Uji-t. Berdasarkan hasil Paired Samples tes menggunakan aplikasi SPSS
Versi 27.0 Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak
dan H1 diterima yang artinya “Ada Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Rumah
Adat Joglo Terhadap Hasil Belajar Mengenal Bangun Datar Siswa Kelas I SDN
Ngagelrejo Surabaya”
Downloads
References
Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum
dan pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara..
Artikel in Press :
Nursyahida, S. (2013). Hukum Waris
Adat Baduy: Mengungkap Kearifan
Lokal Budaya dan Matematika:
Sebuah Kajian Etnomatematika.
Skripsi, tidak dipublikasikan.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani,
B. (2013). 18454275. Prosiding
Seminar Nasional Matematika dan
Pendidikan Matematika FMIPA
UNY, 1(1), 113–118.
Jurnal :
Ajmain, Herna, & Masrura, S. I.
(2020). Implementasi Pendekatan
Etnomatematika Dalam
Pembelajaran Matematika. SIGMA
(Suara Intelektual Gaya
Matematika), 12, 45–54.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi
Pembelajaran Melalui Pendekatan,
Strategi, dan Model Pembelajaran.
Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 33.
Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P.
P. (2020). Pengembangan E-
Modul Ipa Bermuatan Tes Online
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.
Journal of Education Technology,
4(1), 73.
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24
095
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.