PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN NGAGELREJO 1/396 SURABAYA

Authors

  • Oktavia Salsabella Shafira Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dian Kusmaharti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32019

Keywords:

Ethnomathematics Approach, Recognizing Flat Shapes, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang ada dalamproses pembelajaran seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materisehingga hasil belajar siswa pada kelas I SD menjadi rendah. Rendahnya hasilbelajar siswa ini disebabkan oleh kurang tepatnya pemilihan pendekatan, mediadan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingindicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatanEtnomatematika terhadap hasil belajar mengenal bangun datar siswa kelas I SDNNgagelrejo 1/396 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitianKuantitatif Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SDNNgagelrejo 1/396 Surabaya dengan jumlah 50 siswa. metode pengumpulan datayang digunakan adalah Observasi dan Tes Hasil Belajar dengan menggunakanalat penilaian berupa lembar Observasi dan lembar soal Tes Hasil Belajar.Menggunakan teknik analisis data statistik inferesial dengan cara metode analisisstatistik Uji-t. Berdasarkan hasil Paired Samples tes menggunakan aplikasi SPSSVersi 27.0 Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolakdan H1 diterima yang artinya “Ada Pengaruh Pendekatan Etnomatematika RumahAdat Joglo Terhadap Hasil Belajar Mengenal Bangun Datar Siswa Kelas I SDNNgagelrejo Surabaya”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum

dan pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara..

Artikel in Press :

Nursyahida, S. (2013). Hukum Waris

Adat Baduy: Mengungkap Kearifan

Lokal Budaya dan Matematika:

Sebuah Kajian Etnomatematika.

Skripsi, tidak dipublikasikan.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani,

B. (2013). 18454275. Prosiding

Seminar Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika FMIPA

UNY, 1(1), 113–118.

Jurnal :

Ajmain, Herna, & Masrura, S. I.

(2020). Implementasi Pendekatan

Etnomatematika Dalam

Pembelajaran Matematika. SIGMA

(Suara Intelektual Gaya

Matematika), 12, 45–54.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi

Pembelajaran Melalui Pendekatan,

Strategi, dan Model Pembelajaran.

Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 33.

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P.

P. (2020). Pengembangan E-

Modul Ipa Bermuatan Tes Online

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.

Journal of Education Technology,

4(1), 73.

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24

095

Downloads

Published

2025-08-10