STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK INTERNAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32012Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik internal di lingkungan lembaga pendidikan. Konflik internal yang terjadi di sekolah meliputi konflik antar guru, antara guru dan staf administrasi, serta antara guru dengan kepala sekolah, yang disebabkan oleh perbedaan pendapat, gaya komunikasi, ketimpangan beban kerja, dan kurangnya transparansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan berbagai strategi dalam menyelesaikan konflik, seperti komunikasi terbuka, mediasi internal, pemberdayaan tim manajemen, penanaman budaya positif, dan musyawarah dalam pengambilan keputusan. Strategi ini berkontribusi pada terciptanya lingkungan kerja yang harmonis dan peningkatan efektivitas organisasi sekolah. Namun, masih terdapat kendala seperti waktu yang terbatas, keterbukaan individu yang rendah, serta beragamnya karakter warga sekolah yang memerlukan pendekatan yang lebih adaptif. Penelitian ini menyarankan agar kepala sekolah meningkatkan kompetensi kepemimpinan adaptif dan membangun sistem komunikasi yang lebih partisipatif dalam lingkungan sekolah.Downloads
References
Aan Komariah, & Satori, D. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Bush, T., & Glover, D. (2014). School leadership models: What do we know? School Leadership & Management, 34(5), 553–571.
Creswell, J. W. (2015). Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education, Inc.
Deutsch, M., Coleman, P. T., & Marcus, E. C. (2011). The handbook of conflict resolution: Theory and practice. John Wiley & Sons.
Grenny, J. (2021). Crucial conversations: Tools for talking when stakes are high. (No Title).
Hocker, J. L., & Wilmot, W. W. (2018). Interpersonal conflict. McGraw-Hill Education New York, NY.
Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership & Management, 40(1), 5–22.
Martínez-Tur, V., & Moliner, C. (2017). Justice in teams. In Oxford Research Encyclopedia of Psychology.
Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nag, P. K., Nag, P. K., & Meherishi. (2019). Office buildings. Springer.
Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, Nurhayati. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1).
Owens, R. G., & Owens, R. G. (1991). Organizational behavior in education.
Pollack, J. (2020). Conflict resolution playbook: Practical communication skills for preventing, managing, and resolving conflict. Sourcebooks, Inc.
Rahim, B., Ambiyar, A., Waskito, W., Fortuna, A., Prasetya, F., Andriani, C., … Salman, A. (2024). Effectiveness of Project-Based Learning in Metal Welding Technology Course with STEAM Approach in Vocational Education. TEM Journal, 13(2), 1481–1492. https://doi.org/10.18421/TEM132-62
Rahim, M. A. (2023). Managing conflict in organizations. Routledge.
Robbins, S. P., & Judge, A. T. A. (2019). Organizational Behavior. 18th Editi. New York City, NY. USA: Pearson.
Rostini, D., Khalifaturramah, K., Sulaiman, S., & Amaly, N. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 173–180. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.234
Sabila, M. S., Hartini, D. D., Rita, A., Rani, R., & Zainiyah, S. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Konflik Internal Untuk Mencapai Kinerja Sekolah Yang Optimal. 2.
Senapati, M. K., & Paroi, S. (2024). A systematic review on peace education. International Journal of Research and Analytical Reviews, 11(2), 628–637.
Stephen P.Robbins, & Judge, T. A. (2019). Perilaku Organisasi (Edisi 16). Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Weyant, E. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: by John W. Creswell and J. David Creswell, Los Angeles, CA: SAGE, 2018, $38.34, 304pp., ISBN: 978-1506386706. Taylor & Francis.
Yukl, G. A. (2013). Leadership in organizations (Global ed.). Essex: Pearson.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.