strategi pembelajaran inklusif untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32000Keywords:
Strategi , Inklusif , Berkebutuhan KhususAbstract
Penelitian ini membahas strategi pembelajaran inklusif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana strategi pembelajaran inklusif diterapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi tersebut? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran inklusif yang diterapkan dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran inklusif yang diterapkan belum optimal. Beberapa kendala yang ditemukan meliputi tidak adanya guru pendamping, penempatan tempat duduk siswa yang kurang strategis, serta kebutuhan siswa akan waktu tambahan belajar yang belum terpenuhi. 2) Faktor pendukung meliputi adanya kebijakan sekolah yang mendukung, motivasi belajar dari siswa, serta dukungan kepala sekolah dan wali kelas. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah ketiadaan guru pendamping, minimnya keterlibatan orang tua dalam proses belajar, serta kurangnya dukungan dari pemerintah.Downloads
References
Amahoru, A., & Ahyani, E. (2023).
Pentingnya pendidikan inklusif:
menciptakan lingkungan belajar yang
ramah bagi semua Siswa. Indo-MathEdu
Intellectuals Journal, 1(1), 12–19.
https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.522
Annisa L Lestari, Aulya Z Mawadah, Ghianu
A Herlambang, L. A. (2023). Posisi
tempat duduk menentukan konsentrasi
belajar. Parade Riset Mahasiswa, 1((1)),
531 – 542.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023).
Teknik pengumpulan data dan instrumen
penelitian ilmiah pendidikan pada
pendekatan pualitatif dan puantitatif.
Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam,
1(2), 1–9.
https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A.,
& Afgani, M. W. (2023). Metode studi
kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal
Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01),
1–9.
https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Devina Istighfarin, Rahmah Ayu Andini,
Dahlia Erviani Putri, & Difa’ul Husna.
(2024). Model layanan pendidikan anak
berkebutuhan khusus di Sekolah inklusi
MI Nur Hidayah. Journal Innovation In
Education, 2(1), 99–104.https://doi.org/10.59841/inoved.v2i1.852
Farah Arriani, Agustiyawati, Alifia Rizki, Ranti
Widiyanti, Slamet Wibowo, Christina
Tulalessy, Fera herawati, T. M. (2022).
Panduan pelaksanaan pendidikan
inklusif. Kepala Pusat Kurikulum Dan
Pembelajaran Badan Standar,
Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, Dan Teknologi Republik
Indonesia, 1–44.
https://www.jptam.org/index.php/jptam/ar
ticle/view/12196%0Ahttps://www.jptam.or
g/index.php/jptam/article/download/1219
6/9395
Haizatul Faizah, R. K. (2024). Belajar dan
pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1),
466–476.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.67
35
Hanaa, H., & Mia Evani, E. (2022). Peran
Penting Guru Pembimbing Khusus
Dalam Pendidikan Inklusi Di SDI Al-
Muttaqin. Jurnal Review Pendidikan
Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan
Hasil Penelitian, 8(3), 167–171.
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p167-
171
Handayani, R., Ritonga, W. Y., Anas, M. H.,
Tinggi, S., & Islam, A. (2023). Konsep
Pembelajaran Anak Inklusif dan Strategi
Pembelajaran Untuk Anak Inklusif. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 7, 31896–31903.
https://www.jptam.org/index.php/jptam/ar
ticle/view/12196%0Ahttps://www.jptam.or
g/index.php/jptam/article/download/1219
6/9395
Junaedi Ifan. (2019). Proses pembelajaran
yang efektif. Journal of Information
System, Applied, Management,
Accounting and Research, 3(2), 19–25.
http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.p
hp/jisamar Telp.
Karlenata, H., & Mutiara, Z. T. (2024).
Pembelajaran pada anak. Records
Management Journal, 3(1), 1–15.
http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/down
load?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type
=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/h
andle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus
.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-
33646678859&partnerID=40&md5=3ee3
9b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Aht
t
Khairuddin. (2020). Pendidikan inklusif di
lembaga pendidikan. Jurnal Tazkiya, Vol.
9(No. 1), 82–104.
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php
/tazkiya
Kriswanto, D., Suyatno, & Sukirman. (2023).
Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di
Sekolah Dasar: Analisis Faktor-Faktor
dan Solusi yang Ditawarkan. Jurnal
Basicedu, 7(5), 3081–3090.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.61
67
Lutfio, M. I., Kapitang, F., Wijaya, M. I.,
Azizah, Y. L., & Husna, D. (2023).
Penggunaan Teknologi Sebagai Media
Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan
Khusus. Jurnal Pendidikan, 32(1),
121–128.
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3489
Malahati, F., B, A. U., Jannati, P.,
Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023).
Kualitatif : Memahami karakteristik
penelitian sebagai metodologi. Jurnal
Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348.
https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Mariyana, W., Winatha, I. K., Rahmawati, F.,
& Rizal, Y. (2023). Pengaruh minat
belajar, perhatian orang tua, dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar
mata pelajaran ekonomi Siswa. Journal
of Social Education, 4(1), 22–28.
https://doi.org/10.23960/jips/v4i1.22-28
Nisa, A. Z., Adam, A., & Jaya, S. U. (2024).
Penerapan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Ipas Kelas Vi Sd. Jurnal
Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan,
8(2),https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v8i2.86
407
Nurrita, T. (2018). pengembangan media
pembelajaran lingkaran untuk
meningkatkan hasil belajar Siswa. Jurnal
Literasi Digital, 3(1), 171–187.
https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Paramitha, A., Tanuwijaya, S., &
Natakoesoemah, S. (2021). Analisis
motif dan dampak penggunaan aplikasi
tinder berbayar. Jurnal Komunikasi Dan
Kajian Media, 5(2), 187–204.
https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/kom
unikasi/article/view/3808
Rafael lisinus Ginting, Jessica Cintya, Nadia
Fadillah, Nazwa salsabila, Marpaung,
Shafiqa nayla Azzahra, Tari Ramadani,
Elovani Martahelena Lubis, Giovanni
paulina pakpahan, Nila Arfiena, A. N. P.
S. (2024). Terapi bermain puzzle untuk
meningkatkan kemampuan kognitif pada
anak tunagrahita ringan. Jurnal Dakwah
Dan Sosial Humaniora, 5(1), 22–32.
https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i1.778
Ramadani, H., Syaifullah Hakim, M., Ayunda,
Z., & Mustika, D. (2024). Optimalisasi
Pemdidikan Inklusi di Sekolah. Gudang
Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 1–14.
https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.479
Rezieka, D. G., & Putro, K. Z. (2021). Faktor
penyebab anak berkebutuhan khusus
dan klasifikasi ABK. Bunayya : Jurnal
Pendidikan Anak, 7(2), 40.
https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10
424
Rizki, F. A., & Ayu, W. putri. (2023). Literature
review analisis data kualitatif: tahap
pengumpulan data. Mitita Jurnal
Penelitian, 1(No 3), 34–46.
https://jurnalmitita.univpasifik.ac.id/index.
php/mjp/article/view/47
Rizkiyani, Halidu, S., & Sarlin, M. (2024).
Peran Guru dalam Pembelajaran Abad
21 di SDN 1 Mansalean. Journal GEEJ,
10(2), 469–480.
https://doi.org/10.32884/ideas.v10i2.175
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian.
Penerbit KBM Indonesia, 4(c), 1–83.
https://books.google.co.id/books/about/M
etodologi_Peneliti
Saidah, S. A., & Muthmainnah, N. (2025).
Peran pendidik dan kebijakan Sekolah
bagi anak berkebutuhan khusus Sekolah
Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 2(2), 1–11.
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1404
Setiawati, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal
konsep-konsep anak berkebutuhan
khusus dalam PAUD. Program Studi
PGRA, 6(2), 193–208.
https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.p
hp/seling/article/view/635/514
Siti Ma’rifah Setiawati, S. P. (2018). Telaah
teoritis: apa itu belajar? Guru Bimbingan
Dan Konseling MTS Negeri 4 Kota
Surabaya, 35(1), 31–46.
Sunarti, D., & Mardianti, L. (2024).
Pendidikana anak berkebutuhan khusus
(Children with Special Needs).
Educational Journal of Innovation and
Publication (EJIP), 3(1), 2024.
https://scholar.google.com/
Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P.
(2020). Pelaksanaan pembelajaran
menulis teks ulasan Siswa Kelas Viii
Smp Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal
Ilmiah KORPUS, 4(2), 185–195.
https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8334
Thobby Wakarmamu, S. M. S. (2022).
Metode penelitian kualitatif. Metode
Penelitian Kualitatif Penerbit Cv.Eureka
Media Aksara, 225, 1–18.
https://repository.penerbiteureka.com/id/
publications/408805/metode-penelitian-
kualitatif
Wasyi, W. I. H. Al, Sukmanasa, E., &
Irdiyansyah, I. (2023). Analisis gaya
belajar visual pada siswa tunagrahita
kategori sedang. Jurnal Pendidikan
Kebutuhan Khusus, 7(2), 167–172.https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i2.797
Jurnal
Zainnudin. (2019). Kematangan psikologis
dalam meningkatkan minat belajar
Siswa. Kemampuan Koneksi Matematis
(Tinjauan Terhadap Pendekatan
Pembelajaran Savi), 9(2), 1689–1699.
https://www.neliti.com/publications/21861
2/kematangan-psikologis-dalam-
membangkitkan-minat-belajar-siswa#id-
section-content
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.