strategi pembelajaran inklusif untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat

Authors

  • putri silfia Universitas madako tolitoli
  • Nasriani S.Pd Universitas Madako Tolitoli
  • Moh. Rudini S.Pd Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32000

Keywords:

Strategi , Inklusif , Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini membahas strategi pembelajaran inklusif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana strategi pembelajaran inklusif diterapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi tersebut? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran inklusif yang diterapkan dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di SDN 6 Bokat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran inklusif yang diterapkan belum optimal. Beberapa kendala yang ditemukan meliputi tidak adanya guru pendamping, penempatan tempat duduk siswa yang kurang strategis, serta kebutuhan siswa akan waktu tambahan belajar yang belum terpenuhi. 2) Faktor pendukung meliputi adanya kebijakan sekolah yang mendukung, motivasi belajar dari siswa, serta dukungan kepala sekolah dan wali kelas. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah ketiadaan guru pendamping, minimnya keterlibatan orang tua dalam proses belajar, serta kurangnya dukungan dari pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amahoru, A., & Ahyani, E. (2023).

Pentingnya pendidikan inklusif:

menciptakan lingkungan belajar yang

ramah bagi semua Siswa. Indo-MathEdu

Intellectuals Journal, 1(1), 12–19.

https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.522

Annisa L Lestari, Aulya Z Mawadah, Ghianu

A Herlambang, L. A. (2023). Posisi

tempat duduk menentukan konsentrasi

belajar. Parade Riset Mahasiswa, 1((1)),

531 – 542.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023).

Teknik pengumpulan data dan instrumen

penelitian ilmiah pendidikan pada

pendekatan pualitatif dan puantitatif.

Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam,

1(2), 1–9.

https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A.,

& Afgani, M. W. (2023). Metode studi

kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal

Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01),

1–9.

https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Devina Istighfarin, Rahmah Ayu Andini,

Dahlia Erviani Putri, & Difa’ul Husna.

(2024). Model layanan pendidikan anak

berkebutuhan khusus di Sekolah inklusi

MI Nur Hidayah. Journal Innovation In

Education, 2(1), 99–104.https://doi.org/10.59841/inoved.v2i1.852

Farah Arriani, Agustiyawati, Alifia Rizki, Ranti

Widiyanti, Slamet Wibowo, Christina

Tulalessy, Fera herawati, T. M. (2022).

Panduan pelaksanaan pendidikan

inklusif. Kepala Pusat Kurikulum Dan

Pembelajaran Badan Standar,

Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,

Riset, Dan Teknologi Republik

Indonesia, 1–44.

https://www.jptam.org/index.php/jptam/ar

ticle/view/12196%0Ahttps://www.jptam.or

g/index.php/jptam/article/download/1219

6/9395

Haizatul Faizah, R. K. (2024). Belajar dan

pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1),

466–476.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.67

35

Hanaa, H., & Mia Evani, E. (2022). Peran

Penting Guru Pembimbing Khusus

Dalam Pendidikan Inklusi Di SDI Al-

Muttaqin. Jurnal Review Pendidikan

Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan

Hasil Penelitian, 8(3), 167–171.

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p167-

171

Handayani, R., Ritonga, W. Y., Anas, M. H.,

Tinggi, S., & Islam, A. (2023). Konsep

Pembelajaran Anak Inklusif dan Strategi

Pembelajaran Untuk Anak Inklusif. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 7, 31896–31903.

https://www.jptam.org/index.php/jptam/ar

ticle/view/12196%0Ahttps://www.jptam.or

g/index.php/jptam/article/download/1219

6/9395

Junaedi Ifan. (2019). Proses pembelajaran

yang efektif. Journal of Information

System, Applied, Management,

Accounting and Research, 3(2), 19–25.

http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.p

hp/jisamar Telp.

Karlenata, H., & Mutiara, Z. T. (2024).

Pembelajaran pada anak. Records

Management Journal, 3(1), 1–15.

http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/down

load?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type

=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/h

andle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus

.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-

33646678859&partnerID=40&md5=3ee3

9b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Aht

t

Khairuddin. (2020). Pendidikan inklusif di

lembaga pendidikan. Jurnal Tazkiya, Vol.

9(No. 1), 82–104.

http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php

/tazkiya

Kriswanto, D., Suyatno, & Sukirman. (2023).

Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di

Sekolah Dasar: Analisis Faktor-Faktor

dan Solusi yang Ditawarkan. Jurnal

Basicedu, 7(5), 3081–3090.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.61

67

Lutfio, M. I., Kapitang, F., Wijaya, M. I.,

Azizah, Y. L., & Husna, D. (2023).

Penggunaan Teknologi Sebagai Media

Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan

Khusus. Jurnal Pendidikan, 32(1),

121–128.

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3489

Malahati, F., B, A. U., Jannati, P.,

Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023).

Kualitatif : Memahami karakteristik

penelitian sebagai metodologi. Jurnal

Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348.

https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902

Mariyana, W., Winatha, I. K., Rahmawati, F.,

& Rizal, Y. (2023). Pengaruh minat

belajar, perhatian orang tua, dan

motivasi belajar terhadap hasil belajar

mata pelajaran ekonomi Siswa. Journal

of Social Education, 4(1), 22–28.

https://doi.org/10.23960/jips/v4i1.22-28

Nisa, A. Z., Adam, A., & Jaya, S. U. (2024).

Penerapan Model Pembelajaran

Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Ipas Kelas Vi Sd. Jurnal

Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan,

8(2),https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v8i2.86

407

Nurrita, T. (2018). pengembangan media

pembelajaran lingkaran untuk

meningkatkan hasil belajar Siswa. Jurnal

Literasi Digital, 3(1), 171–187.

https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Paramitha, A., Tanuwijaya, S., &

Natakoesoemah, S. (2021). Analisis

motif dan dampak penggunaan aplikasi

tinder berbayar. Jurnal Komunikasi Dan

Kajian Media, 5(2), 187–204.

https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/kom

unikasi/article/view/3808

Rafael lisinus Ginting, Jessica Cintya, Nadia

Fadillah, Nazwa salsabila, Marpaung,

Shafiqa nayla Azzahra, Tari Ramadani,

Elovani Martahelena Lubis, Giovanni

paulina pakpahan, Nila Arfiena, A. N. P.

S. (2024). Terapi bermain puzzle untuk

meningkatkan kemampuan kognitif pada

anak tunagrahita ringan. Jurnal Dakwah

Dan Sosial Humaniora, 5(1), 22–32.

https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i1.778

Ramadani, H., Syaifullah Hakim, M., Ayunda,

Z., & Mustika, D. (2024). Optimalisasi

Pemdidikan Inklusi di Sekolah. Gudang

Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 1–14.

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.479

Rezieka, D. G., & Putro, K. Z. (2021). Faktor

penyebab anak berkebutuhan khusus

dan klasifikasi ABK. Bunayya : Jurnal

Pendidikan Anak, 7(2), 40.

https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10

424

Rizki, F. A., & Ayu, W. putri. (2023). Literature

review analisis data kualitatif: tahap

pengumpulan data. Mitita Jurnal

Penelitian, 1(No 3), 34–46.

https://jurnalmitita.univpasifik.ac.id/index.

php/mjp/article/view/47

Rizkiyani, Halidu, S., & Sarlin, M. (2024).

Peran Guru dalam Pembelajaran Abad

21 di SDN 1 Mansalean. Journal GEEJ,

10(2), 469–480.

https://doi.org/10.32884/ideas.v10i2.175

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian.

Penerbit KBM Indonesia, 4(c), 1–83.

https://books.google.co.id/books/about/M

etodologi_Peneliti

Saidah, S. A., & Muthmainnah, N. (2025).

Peran pendidik dan kebijakan Sekolah

bagi anak berkebutuhan khusus Sekolah

Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 2(2), 1–11.

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1404

Setiawati, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal

konsep-konsep anak berkebutuhan

khusus dalam PAUD. Program Studi

PGRA, 6(2), 193–208.

https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.p

hp/seling/article/view/635/514

Siti Ma’rifah Setiawati, S. P. (2018). Telaah

teoritis: apa itu belajar? Guru Bimbingan

Dan Konseling MTS Negeri 4 Kota

Surabaya, 35(1), 31–46.

Sunarti, D., & Mardianti, L. (2024).

Pendidikana anak berkebutuhan khusus

(Children with Special Needs).

Educational Journal of Innovation and

Publication (EJIP), 3(1), 2024.

https://scholar.google.com/

Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P.

(2020). Pelaksanaan pembelajaran

menulis teks ulasan Siswa Kelas Viii

Smp Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal

Ilmiah KORPUS, 4(2), 185–195.

https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8334

Thobby Wakarmamu, S. M. S. (2022).

Metode penelitian kualitatif. Metode

Penelitian Kualitatif Penerbit Cv.Eureka

Media Aksara, 225, 1–18.

https://repository.penerbiteureka.com/id/

publications/408805/metode-penelitian-

kualitatif

Wasyi, W. I. H. Al, Sukmanasa, E., &

Irdiyansyah, I. (2023). Analisis gaya

belajar visual pada siswa tunagrahita

kategori sedang. Jurnal Pendidikan

Kebutuhan Khusus, 7(2), 167–172.https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i2.797

Jurnal

Zainnudin. (2019). Kematangan psikologis

dalam meningkatkan minat belajar

Siswa. Kemampuan Koneksi Matematis

(Tinjauan Terhadap Pendekatan

Pembelajaran Savi), 9(2), 1689–1699.

https://www.neliti.com/publications/21861

2/kematangan-psikologis-dalam-

membangkitkan-minat-belajar-siswa#id-

section-content

Downloads

Published

2025-08-20