MOBADA (Monopoli Bangun Datar) : Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Materi Ciri-Ciri Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31962Keywords:
Media Pembelajaran, Monopoli, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti diketahui bahwa siswa belum aktif dalam pembelajaran karena belum adanya penggunaan media yang sesuai. Selain hal itu, siswa juga belum memahami materi tentang ciri-ciri bangun datar yang mengakibatkan hasil belajar siwa masih dibawah KKTP. Tujuan penelitian ini adalah Mengembangkan media pembelajaran MOBADA (Monopoli Bangun Datar) berbasis game edukasi yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa di SDN 1 Kepel Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Uji kevalidan (angket validasi ahli media dan materi). (2) Uji kepraktisan (angket respon guru dan siswa). (3) Uji keefektifan (pre test dan post test). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media MOBADA mendapatkan nilai validasi dari ahli media sebesar 91,66 %, sedangkan hasil nilai dari ahli materi sebesar 86,66 %. Media MOBADA yang telah dikembangkan mendapatkan nilai kepraktisan media sehingga mendapatkan nilai akhir sebesar 92,015 %, sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. Media MOBADA yang telah dikembangkan mendapatkan nilai hasil kefektifan berdasarkan ketuntasan secara kalsikal sebesar 100% dengan kriteria sangat efektif.Downloads
References
Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751-767.
Amalia, P. R., Maulida, M., & Hamama, S. F. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 421-428.
Devi Asriyanti, F., Sri Purwati. (2020). ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87.
Febriyandani, R. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323–330.
Hari, B. S. (2019). Mengenal Bangun Datar. Penerbit Duta.
Hendriani, M. (2021). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter, 3(2), 36-45.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN : Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada media.
Luthfiyanti, F., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan Media Miniatur Rumah Adat Melayu Langkat pada Pembelajaran Bangun Geometri. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 73-80.
Mandasari, N. (2018). ELABORASI KOGNITIF DALAM PROSES ABSTRAKSI KONSEP MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang.
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355-363
Riyan Rinaldi, M., Napianto, R., Ghufroni An, M. (2023). Game Edukasi Berhitung Anak Sekolah Dasar Menggunakan RPG Maker Berbasis Mobile. J. Teknol. dan Sist, 4(1), 61–66.
Shoimah, R. N., & Syafi’aturrosyidah, M. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18.
Umami Setiawan, Y., Asih Vivi Yandari, I., Subhan Pamungkas, A. (2020). PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Keimuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1-12.
Widodo, A. L. D. PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038.
Yunanda Pradiani, N. P. W., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456–1469.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.