PENGARUH PENGGUNAAN BUKU CERITA FABEL BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SDN 15 NTOBO KOTA BIMA

Authors

  • Kasmiati STKIP Taman Siswa Bima
  • Muh. Rijalul Akbar STKIP Taman Siswa Bima
  • Rakhmatul Ummah STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31934

Keywords:

buku cerita fabel bergambar, keterampilan bercerita, media pembelajaran, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan buku cerita fabel bergambar sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan bercerita siswa kelas IV SDN 15 Ntobo Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan bercerita yang mencakup empat indikator, yaitu kelancaran berbicara, ketepatan pemilihan kata, struktur kalimat, dan kelogisan alur cerita. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor rata-rata dari 59,82 (pretest) menjadi 75,52 (posttest). Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita fabel bergambar berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bercerita siswa. Dengan demikian, buku cerita fabel bergambar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-16