Jurnal EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK FASE C SEKOLAH DASAR

Authors

  • MUHAMMAD FADHIL BAPADA Mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sandi Budi Iriawan Mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rina Heryani Mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31910

Keywords:

Model Pembelajaran Think Talk Write, Media Visual Digital, Keterampilan Menulis Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerita pendek pada peserta didik fase C sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran dan media yang kurang optimal dalam mendukung proses pembelajaran. Sebagai solusinya, digunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media visual digital yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 24 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui tes menulis sebelum dan sesudah perlakuan, lalu dianalisis menggunakan SPSS Statistic 27. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 70,63 dan posttest sebesar 86,46. Uji peered sample t-test menghasilkan signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, skor N-Gain sebesar 0,56 atau 56,79% berada pada kategori keefektifan sedang. Dengan demikian, model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media visual digital cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-17