EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK FASE B

Authors

  • Muhamad Ramdan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Pupun Nuryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andhin Dyas Fitriani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31907

Keywords:

Kata Kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep, Operasi Hitung Perkalian, Fase B

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian pada peserta didik fase B. Penelitian ini dilandasi atas permasalahan utama dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah rendahnya pemahaman konsep dasar perkalian. Model PjBL dipilih karena melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar melalui proyek yang kontekstual dan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik fase b di Kota Cimahi dengan jumlah sampel 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pemahaman konsep secara signifikan setelah penerapan model PjBL. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest serta hasil analisis N-gain yang berada pada kategori sedang hingga tinggi. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian pada peserta didik fase B. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model PjBL sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.

Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 11-19.

Alhusna, C., Setiawan, D., Yolanda, S., Suryani, S. I., Nadia, T. N., Cania, Y. A., & Mujib, A. (2020). Menemukan Pola Perkalian Dengan Angka 9. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 2(1), 55–70.

Cahyadi, F., & Wakhyudin, H. (2020). Analisis kesulitan siswa kelas ii sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi perkalian dan pembagian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 183-190.

Fahrezi, I., Taufiq, M., & Akhwani, A. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408-415.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Garudhawaca.

Mawaddah, S, dkk. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1), hal 76-85

Okatafianti, A. A., & Purnomo, H. (2025). Analisis Kesulitan Siswa dalam Delajar Operasi Perkalian Matematika Kelas IV SD Lemah Rubuh. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 13(a), 247-257.

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal basicedu, 4(2), 379-388.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widiyanti, P. (2022). Pengaruh metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung pada materi perkalian siswa kelas III MIN 6 Demak. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo.

Yuliana, Y., Prasetyo, Z. K., & Hastuti, P. W. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal TPACK IPA, 7(4), 221-226

Downloads

Published

2025-08-18