PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V UPTD SDN 78 TAJO KECAMATAN CAMBA KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31883Keywords:
Card Sort, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, IPASAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar ipas peserta didik kelas V di UPTD SDN 78 Tajo Kec. Camba Kab. Maros. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode one group pretest-posttes. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Data kemudian di analisis dengan statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Nilai rata-rata selisih sebesar -41,429 menunjukkan bahwa skor posttest secara signifikan lebih tinggi dibandingkan pretest. Perlakuan yang diberikan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
References
Adolph, R. (2025). Readiness Dalam Belajar Arifan. 3(4), 1–23.
Amelia, s., Widiyaningrum, n., Fauziah, d. K., kun, d., & Hajron, h. (2023). Seminar Nasional Ilmu Pendidikan ke-2 Tahun 2023 Fkip Universitas Lampung Penggunaan Media Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pada Siswa Kelas I Min 3 Magelang. 2.
Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru tentang IPAS pada Kurikulum Merdeka. Jpgsd, 11(9), 1841–1854.
Aulia, H. S., Dewi, D. A., & Mulyana, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Tipe Card Sort Pada Pembelajaran PPKN Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Sukamulya. Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 115–137. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.553
Endang Puji Astuti. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.177
Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23–29. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/32
Hasibuan, N. H., Sibuea, P., Rambe, N., Ningsih, D. S., & Utami, W. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 202–213. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.116
Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah. Thesis Commons, 2–3. https://files.osf.io
Ipas, P. E. (2024). Pengembangan E-Modul Ipas Pada Materi Harmoni Dalam Ekosistem Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sd Kurikulum Mer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September).
Iriyadi, D. (2024). Telaah Kritis Metode-Metode Dalam Penelitian Ilmiah. 1, 22–28.
Kartikasari, R. D., & Qoriana, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama. Almufi Jurnal Pendidikan.
Lathifah, I., Fungkiuudin, H., Trisnaningtyas, R., Yus Setiawan, R., Afifatul Alfiyah, N., Muthoharoh, L., & Rohman Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ur. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS Di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.784
Lubis, D. C., Ritonga, A. A., Febriani, A., Jannah, M., Syahfitri, N., & Yusnaldi, E. (2024). Studi Literatur Review : Pengaruh Penggunaan Media Card Sort terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD / MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1434–1445.
Made, I. (2016). Kearifan Lokal Masyarakat Desa Mbawa dalam Mewujudkan Toleransi Beragama. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 261–277.
Manik, N. S. Z., Damanik, M. Y. P., Suryani, I., Ramadhani, N., & Az-Zahra, T. C. S. (2023). Ayat-Ayat Yang Berkaitan Dengan Pendidikan Islam Dalam Surah Al – Luqman Ayat 17-19 Kajian Tafsir Al -Misbah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 207–218.
Manurung, D. J., Widiastuti, M., Turnip, H., & Nababan, A. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Card Sort Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(4), 28–41.
Motoh, T. C., Hamna, & Kristina. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 01(01), 1–17. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/14
Pelajaran, M., Kelas, I., Miftahul, V. M. I. S., Rasau, K., & Muqarriba, N. (2024). Pembelajaran Interaktif Dengan Mengunakan Strategi Card Sort Pada. 2(4), 330–337.
Ritonga, S., Zuraida, S., Agustina, K. T., Mustika, S. M., & Jumawan, J. (2024). Metode Card Short Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 370–374. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1777
Rufahniya, L., & Hasyim, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Card Sort Pada Siswa MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Purwosari. Jurnal Al-Murabbi, 7(2), 263–270. https://doi.org/10.35891/amb.v7i2.3296
Safiudin, S. (2022). Penggunaan Metode Card Short Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i1.2221
Samosir, T. A., Magdalena, R., Tarigan, B., & Matondang, M. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Card Sort Untu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD NEGERI Palombuan Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir T.A 2022/2023. 7(2).
Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Y, W. I. (2022). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Journal of Social Research, 1Sulaiman.(8), 916–921. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.187
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Supriatna, A., Nasem, & Aenul Quthbi, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Kenampakan Dan Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(2), 158–172. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.302
Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas. Khazanah Pendidikan, 17(1), 186. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16091
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310–315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2574
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.