EFEKTIVITAS MEDIA PANCASILA INTERAKTIF (PINTAR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SIMBOL PANCASILA PADA PESERTA DIDIK FASE A

Authors

  • Aghista Putri Amelia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Pupun Nuryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mubarok Somantri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31856

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman peserta didik fase A terhadap materi simbol Pancasila. Salah satu alternatif yang dapat dijadikan solusi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji efektivitas dari media PINTAR terhadap pemahaman konsep peserta didik materi simbol pancasila. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif pre-experiment dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan ialah instrumen tes. Partisipan pada penelitian ini merupaka peserta didik sekolah dasar dengan jumlah sampel sebanyak 22 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan rata-rata yang signifikan dari penggunaan media PINTAR dengan menggunakan uji paired sample t-test sebesar 0.00 < 0.05 (taraf signifikansi) artinya media PINTAR cukup efektif terhadap pemahaman konsep simbol Pancasila peserta didik fase A sekolah dasar. Besar keefektivan media PINTAR ini sebesar 69,14% dengan kriteria sedang. Dengan demikian, guru dan peneliti selanjutnya disarankan menyesuaikan media pembelajaran dengan karakteristik peserta didik agar pembelajaran lebih efektif. Kata Kunci: Media Interaktif, Pemahaman Konsep, Simbol Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

secara umum terjadi peningkatan nilai

yang bermakna. Perhitungan N-Gain

menunjukkan bahwa efektivitas media

berada pada kategori sedang menuju

tinggi, sehingga dapat disimpulkan

bahwa media PINTAR cukup efektif

dalam meningkatkan pemahaman

peserta didik terhadap simbol-simbol

Pancasila.

DAFTAR PUSTAKA

Al-Ishmah, Q., Kirana Aljupri, S.,

Romdani, A. S., & Nurani, A. (2023).

Peran Multimedia Interaktif Dalam

Pembelajaran PPKn Di SD. Renjana

Pendidikan Dasar, 3(1), 31.

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken

Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep

Setiawan. (2023). Konsep Dasar

Media Pembelajaran. Journal of

Student Research, 1(1), 282–294.

Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023).

Penggunaan Multimedia

Pembelajaran Interaktif Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Kependidikan Media Stats,

12, 107–116.

Budiarsa, N. A., & Julianto. (2019).

Pengembangan Media KAPAS

(Kartu Pasangan) Pada Materi

Perubahan Wujud Benda Di Kelas V.

Jpgsd, 7(4), 3181–3190.

Cahya, R. S. I., Nuryani, P., & Anasta, N.

D. C. (2022). Rancangan media

pembelajaran multimedia interaktif

berbasis pendekatan ekopedagogi

sebagai upaya meningkatkan

pemahaman siswa pada tema 9

subtema 1 kelas IV sekolah dasar.

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 03, September 2025

Dasar, 7(1), 41–50.

Ditasari, D. D., Ulya, H., &

Wanabuliandari, S. (2022). Analisis

Kemampuan Pemahaman Konsep

Matematis Siswa Yang

Menggunakan Model Pembelajaran

Core. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan

Pendidikan), 6(2), 2560–2566.

Hakim, H. L. (2020). Peran Pendidikan

Pancasila Dan Kewarganegaraan

Dalam Membentuk Calon Pemimpin

Di Era Global. Civics Education and

Social Science Journal (Cessj), 1(2),

129–143.

Istiqomah, W. N., & Lailiyah, S. (2023).

Efektivitas media cerita bergambar

matematika dalam meningkatkan

kemampuan berpikir kreatif dan

kritis siswa madrasah ibtidaiyah.

Elementary: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 9(2), 2579-9282.

https://e-

journal.metrouniv.ac.id/index.php/el

ementary. Waktu Akses: 12

Desember 2024.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F.

(2020). Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar

Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal

Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–

430.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.ph

p/bintang. Waktu Akses: 16 Oktober

2024.

Mingkid, G. J., Liando, D., & Lengkong,

J. (2017). Efektivitas Penggunaan

Dana Desa Dalam Peningkatan

Pembangunan. Eksekutif Jurnal

Jurusan Ilmu Pemerintahan, 2(2), 3–

4.

Somantri, M., Handayani, H., &

Febriandi, W. (2023). Nilai-nilai

Islam sebagai kunci dalam

pembentukan karakter Pancasila

terhadap peserta didik di sekolah

Downloads

Published

2025-08-18