EFEKTIVITAS MEDIA PANCASILA INTERAKTIF (PINTAR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SIMBOL PANCASILA PADA PESERTA DIDIK FASE A
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31856Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman peserta didik fase A terhadap materi simbol Pancasila. Salah satu alternatif yang dapat dijadikan solusi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji efektivitas dari media PINTAR terhadap pemahaman konsep peserta didik materi simbol pancasila. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif pre-experiment dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan ialah instrumen tes. Partisipan pada penelitian ini merupaka peserta didik sekolah dasar dengan jumlah sampel sebanyak 22 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan rata-rata yang signifikan dari penggunaan media PINTAR dengan menggunakan uji paired sample t-test sebesar 0.00 < 0.05 (taraf signifikansi) artinya media PINTAR cukup efektif terhadap pemahaman konsep simbol Pancasila peserta didik fase A sekolah dasar. Besar keefektivan media PINTAR ini sebesar 69,14% dengan kriteria sedang. Dengan demikian, guru dan peneliti selanjutnya disarankan menyesuaikan media pembelajaran dengan karakteristik peserta didik agar pembelajaran lebih efektif. Kata Kunci: Media Interaktif, Pemahaman Konsep, Simbol PancasilaDownloads
References
secara umum terjadi peningkatan nilai
yang bermakna. Perhitungan N-Gain
menunjukkan bahwa efektivitas media
berada pada kategori sedang menuju
tinggi, sehingga dapat disimpulkan
bahwa media PINTAR cukup efektif
dalam meningkatkan pemahaman
peserta didik terhadap simbol-simbol
Pancasila.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Ishmah, Q., Kirana Aljupri, S.,
Romdani, A. S., & Nurani, A. (2023).
Peran Multimedia Interaktif Dalam
Pembelajaran PPKn Di SD. Renjana
Pendidikan Dasar, 3(1), 31.
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken
Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep
Setiawan. (2023). Konsep Dasar
Media Pembelajaran. Journal of
Student Research, 1(1), 282–294.
Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023).
Penggunaan Multimedia
Pembelajaran Interaktif Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Kependidikan Media Stats,
12, 107–116.
Budiarsa, N. A., & Julianto. (2019).
Pengembangan Media KAPAS
(Kartu Pasangan) Pada Materi
Perubahan Wujud Benda Di Kelas V.
Jpgsd, 7(4), 3181–3190.
Cahya, R. S. I., Nuryani, P., & Anasta, N.
D. C. (2022). Rancangan media
pembelajaran multimedia interaktif
berbasis pendekatan ekopedagogi
sebagai upaya meningkatkan
pemahaman siswa pada tema 9
subtema 1 kelas IV sekolah dasar.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 03, September 2025
Dasar, 7(1), 41–50.
Ditasari, D. D., Ulya, H., &
Wanabuliandari, S. (2022). Analisis
Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis Siswa Yang
Menggunakan Model Pembelajaran
Core. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan
Pendidikan), 6(2), 2560–2566.
Hakim, H. L. (2020). Peran Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan
Dalam Membentuk Calon Pemimpin
Di Era Global. Civics Education and
Social Science Journal (Cessj), 1(2),
129–143.
Istiqomah, W. N., & Lailiyah, S. (2023).
Efektivitas media cerita bergambar
matematika dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif dan
kritis siswa madrasah ibtidaiyah.
Elementary: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 9(2), 2579-9282.
https://e-
journal.metrouniv.ac.id/index.php/el
ementary. Waktu Akses: 12
Desember 2024.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F.
(2020). Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar
Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal
Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–
430.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.ph
p/bintang. Waktu Akses: 16 Oktober
2024.
Mingkid, G. J., Liando, D., & Lengkong,
J. (2017). Efektivitas Penggunaan
Dana Desa Dalam Peningkatan
Pembangunan. Eksekutif Jurnal
Jurusan Ilmu Pemerintahan, 2(2), 3–
4.
Somantri, M., Handayani, H., &
Febriandi, W. (2023). Nilai-nilai
Islam sebagai kunci dalam
pembentukan karakter Pancasila
terhadap peserta didik di sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.