IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MONITORING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA SMK ABDUL AZIZ CURAHLELE BALUNG JEMBER

Authors

  • Imam Hambali Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Imaratul Uluwiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Romika Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31821

Abstract

One phenomenon of students who frequently play online games is students at SMK Abdul Aziz Curahlele Balung Jember. Then this is what prompted researchers to provide solutions and guidance to students who frequently play online games. This guidance uses self-monitoring techniques which are then developed by researchers into research. Self-monitoring guidance techniques are simply defined as guidance therapy for solving someone's problems with mastery from within themselves. The research written by this researcher has 2 objectives:  general objective and specific objective. The general objective on this research is to complete the researcher's final assignment as a final year student. The specific objective is to overcome the problem of students frequently playing online games at SMK Abdul Aziz Curahlele Balung Jember so that students can return to focusing on studying at school. This research use a qualitative approach with case study research design that aims to determine the effect of individual counseling using self-monitoring techniques to reduce online game addiction. The results of this research are to resolve and alleviate the problem of students at SMK Abdul Aziz Curahlele Balung Jember frequently playing online games so that they do not focus on learning. In addition, this research can be imitated and reviewed by various groups in its application.

Downloads

Download data is not yet available.

References

dan tindakannya sesuai dengan norma, aturan, atau tujuan yang diinginkan..

Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan, maka kami menuliskan judul penelitian ini dengan judul “IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MONITORING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA SMK ABDUL AZIZ CURAHLELE BALUNG JEMBER”.

B. Metode Penelitian

Penelitian yang saat ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif artinya penilitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan mengeksplorasi individu secara terperinci dan mendalam, hal ini dikarenakan metode kualitatif dilakukan dengan bertemu secara langsung dan melksanakan wawancara lebih dalam. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan tentang implementasi konseling individu menggunakan teknik self-monitoring untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa SMK Abdul Aziz sangat cocok menggunakan pendekatan kualitatif.

Desain penelitian yang dipakai merupakan metode studi kasus (case study). Studi kasus dipakai dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami secara terperinci dan mendalam mengenai suatu fenomena atau persoalan yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik, hal ini dikarenakan penelitian ini bertujuan untuk ingin mengeksplorasi dan memahami lebih dalam tentang implementasi konseling individu menggunakan teknik self-monitoring untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa SMK Abdul Aziz.

Subjek penelitian adalah salah seorang individu yang menjadi sasaran dalam penelitian. Populasi yang terdapat pada penelitian ini merupakan 80 siswa di SMK Abdul Aziz Curahlele Balung. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 2 siswa yang memiliki kecanduan berat terhadap game online di SMK Abdul Aziz Curahlele Balung. Tenik pengambilan data yang dipakai pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, yang berarti peneliti memilih subjek berdasarkan pada beberapa kriteria tertentu yang cocok terhadap tujuan penelitian. .

Adapun beberapa langkah dalam penelitian ini antara lain:

Downloads

Published

2025-08-18