PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V ANTARA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31779Keywords:
Guided Discovery Learning, Project-Based Learning, Conceptual Understanding, Three-Dimensional Shapes.Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran matematika yang perlu dimiliki oleh peserta didik sejak dini. Namun, hasil observasi dan uji terbatas menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas V pada materi karakteristik antar bangun ruang masih tergolong rendah, terutama dalam menyatakan ulang konsep dan menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara model pembelajaran Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Andir, Kota Bandung, dan sampelnya terdiri dari dua kelas berjumlah masing-masing 25 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-Gain dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik pada kategori sedang. Rata-rata skor N-Gain kelas Guided Discovery Learning sebesar 0,6641 dan kelas PjBL sebesar 0,5560. Namun, berdasarkan uji Mann-Whitney, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua model pembelajaran (p > 0,05).
Downloads
References
Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568-582. Doi: http://dx.doi.org/10.30606/absis.v5i1.14 40
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Dwilestari, S., Robandi, B., & Fitriani, A. D. (2017). Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematik peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 30-41. Doi: https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i4.140 03
Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Kiprah, 8(2), 113–122. Doi: https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.207 1
Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis peserta didik Pada Materi Bentuk Pangkat Dan Akar Di Kelas XI Sma Negeri 1 Ulususua Tahunpembelajaran 2021/2022. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 64-77. Doi: https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437
Huda D. N., Supratman & Herawati, L. (2024). Efektivitas Penerapan Project Based Learning Berbantuan Papercraft terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1252 – 1263. Doi: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.1 768
Inna, M., Safnowandi, S., & Armiani, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik SMP Negeri 2 Gunungsari Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning. Educatoria: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 87–95. Doi: https://doi.org/10.36312/educatoria.v4i2.270
Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis peserta didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846-1856. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1 405
Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43–53. Doi: https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898
Lestari, N. A. P., Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model- Model Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Bali: Nilacakra.
Mahtumi, I., Purwaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mukti, Y. P., Masykuri, M., Sunarno, W., Rosyida, U. N., Jamain, Z., & Dananjoyo, M. D. (2020). Exploring The Impact of Project-Based Learning and Discovery Learning to The Students’ Learning Outcomes: Reviewed From The Analytical Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 121-131. Doi: https://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni. v9i1.4561
Nuriyawati, I. W., Robandi, B., & Iriawan, S. B. Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 432-443. Doi: https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.235 61
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pratiwi, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri Matan Hilir Utara. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 236-246. Doi: https://doi.org/10.55868/jeid.v1i4.105
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















