IMPLEMENTASI ASESMEN KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK- KANAK INSAN BANGSA INDERAPURA
Penelitian Kualitatif dengan Metode Deskriptif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31776Keywords:
Kata Kunci: Asesmen, Kurikulum Merdeka, Penididikan Anak Usia DinAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya asesmen di Taman Kanak-kanak, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi asesmen Kurikulum Merdeka dengan fokus pada asesmen formatif, yaitu penilaian yang dilakukan selama proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan anak di TK Insan Bangsa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru telah mengimplementasikan asesmen melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Teknik asesmen formatif yang digunakan meliputi asesmen ceklis, catatan anekdot, foto berseri, dan hasil karya.Downloads
References
Aida, N. (2024). Analisis Asesmen Kurikulum Merdeka Di TK Negeri 2 Banda Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
Alfatikah, A. F. (2022). Eksplorasi pelaksanaan asesmen perkembangan anak usia 5-6 tahun di kecamatan sukagumiwang (Bachelor's thesis).
Altika, W., Indryani, I., & Hasni, U. (2023). Analisis Penggunaan Asesmen Formatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan dan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Al-Azka Kota Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 13501-13513.
Amanda, R. S., Hasni, U., & Indriyani, I. (2024). Analisis Penggunaan Authentic Assesment sebagai Alat Pengukuran Perkembangan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(01), 31-40.
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
AP, N. K., & Mahyuddin, N. (2022). Asesmen Autentik Di Lembaga PAUD pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Family Education, 2(4), 319-330.
Azima & Mahyuddin. (2021). Peningkatan Penilaian Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 tahun di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 3 No 1.
Deluma, R. Y., & Setiawan, B. (2023). Strategi pembelajaran anak usia dini. CV. Dewa Publishing.
Dewi, R. A., & Suryana, D. (2021). Menganalisis Kompetensi Guru PAUD Yang Profesional. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(5), 505-510.
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan Sistem Penilaian Pembelajaran PAUD melalui Aplikasi SAKA. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1346-1356.
Fatmawati, F., Yahya, F., & Sentaya, I. M. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik, Formatif, Dan Sumatif Berbantuan Tik Untuk Guru-Guru Pasraman Widya Dharma Sumbawa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 6(3), 154-161.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Diakses dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138.
Misbah, A. (2022). Studi analisis kesiapan guru dan siswa dalam implementasi kebijakan asesmen kompetensi minimum pada madrasah ibtidaiyah. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 221-238.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen pembelajaran sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902
Nurwahyuni, E., & Mahyuddin, N. (2021). Penilaian perkembangan bahasa anak usia dini umur 5-6 tahun pada masa new normal di taman kanak-kanak ridhotullah padang. JURNAL CIKAL (Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)), 2(1).
Prismanisa & Zahrani. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. Jilid 3 No 1.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal pedagogy, 15(1), 75-94.
Wortham, S. C. (2014). Assessment in Early Childhood Education. Pearson New International Education.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.