Komposisi Tingkat Kognitif Soal Asesmen Sumatif Bahasa Jawa Kelas IX SMP N 1 Boja
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31772Keywords:
komposisi tingkat kognitif, soal asesmen sumatif, Taksonomi BloomAbstract
Analisis soal berperan dalam menentukan kualitas soal asesmen yang akan diujikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komposisi butir tingkat kognitif soal asesmen sumatif Bahasa Jawa semester genap 2023/2024 dan semester ganjil 2024/2025 kelas IX SMP N 1 Boja. Pendekatan penelitian yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Data berupa butir soal pilihan ganda dan uraian berjumlah 90 soal. Sumber data berupa soal asesmen sumatif Bahasa Jawa semester genap dan semester ganjil kelas IX. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumen, baca, catat, dan wawancara. Instrumen penelitian kartu data berupa tabel klasifikasi tingkat kognitif butir soal. Validitas data menggunakan teknik expert judgement. Teknik analisis menggunakan metode analisis konten yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian soal semester genap terdapat butir soal kategori C1 dan C2 sebanyak 29 soal (64,4%), kategori C3 dan C4 sebanyak 12 soal (26,6%), kategori kognitif C5 sebanyak 4 soal (8,8%), dan tidak ditemukan kategori kognitif C6. Kemudian, hasil penelitian soal semester ganjil terdapat butir soal kategori C1 dan C2 sebanyak 25 soal (55,5%), kategori C3 dan C4 sebanyak 12 soal (26,6%), dan kategori C5 dan C6 sebanyak 8 soal (17,7%). Hasil analisis komposisi butir tingkat kognitif yang ditemukan pada kedua semester tersebut belum proporsional. Melalui penelitian ini, guru dapat meningkatkan kualitas soal yang dibuat dengan cara berlatih membuat soal atau mengikuti pelatihan penyusunan soal asesmen. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai komposisi butir tingkat kognitif pada tingkatan kelas yang lain.Downloads
References
Adinda, A. H., et al. (2021). Summative Assessment and Formative Assessment of Online Learning. Report of Biological Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37150/rebion.v2i1.1024
Al-faruq, Z. (2023). Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 167–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587
Alfiah, Munawar, & Wagiran. (2022). Kemampuan Calon Pendidik Bahasa Jawa dalam Menentukan Teknik Penilaian Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(1), 21–34. https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.56588
Anderson dan Krathwol. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen (Cetakan ke-1). Pustaka Belajar.
Apriani, E. (2023). Analisis Higher Order Thinking Skill pada Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sebatik Utara ( Analisis, Dimensi Kognitif, Higher Order Thinking Skill ). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(03), 1763–1772. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Arbiatin, E., & Mulabbiyah, M. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. El Midad, 12(2), 146–150. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i2.2627
Arifeni, S., et al. (2024). Analisis dan Rekonstruksi Asesmen Diagnostik dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA/SMK. Jurnal Onoma: Pendidikan, 10(3), 3399-3408.
Arta, Y. G. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925
Astuti, F. (2021). Analisis Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi pada Soal Ujian Sekolah Bahasa Jawa. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 83–99. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i1.47031
Azizah, N., Hanifah, & Sumardi, H. (2021). Analisis Kualitas dan Tingkat Kognitif Soal Matematika Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Kelas IX di SMP N 10 Kota Bengkulu Tahun 2020/2021. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(2). https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7936
Azizah, R., Hanifah, H., & Agustinsa, R. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal pada Buku Teks Matematika Materi Transformasi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 47–58. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.284
Fitriana, A., & Fianti. (2024). Analisis Kesesuaian Asesmen Sumatif Akhir Semester Kelas X terhadap Capaian. Unnes Physics Education Journal, 13(3).
Hayati, R. (2024). Bab 5 Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran. Pendidikan Profesi Keguruan, 69.
Julianti, K., & Damaianti, V. S. (2022). Analisis Pemahaman Guru Mengenai Tindak Lanjut Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 4(1), 59–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.4.1.p.58-67
Mujimin, M., & Indiatmoko, B. (2016). Perangkat Penilaian Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Jawa Jenjang Sekolah Dasar. Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 55–61.
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara
Munaroh, N. L. (2024). Asesmen dalam Pendidikan : Memahami Konsep Fungsi dan Penerapannya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 281–297. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2915
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88
Permatasari, L., & Yahya, M. (2024). Analisis Level Kognitif pada Instrumen Soal Asesmen Sumatif Bahasa Indonesia Jenjang Madrasah Aliyah. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 6(1), 38–49. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v6i1.9825
Permendikbudristek. (2022). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Jakarta.
Purba, E. S., & Naibaho, D. (2023). Mampu Menentukan Teknik Penilaian. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Safitri, V., et al. (2023). Pengembangan Modul Ajar Evolusi Berbasis Projekt Base Learning (PBL). Islamika, 5(4), 1358–1368. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v5i4.3754
Sahirah, S., Bahri, A., & Asmawati, A. A. (2023). Analisis Level Kognitif pada Soal Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Biologi. Prosiding Seminar Nasional …, 11(1), 135–142. https://journal.unm.ac.id/index.php/semnasbio/article/view/872
Septikasari, R., et al. (2023). Teknik Penilaian Tes dan Non Tes. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 761–764. https://doi.org/10.5281/zenodo.10388284
Shabrina, V. U., Agustinsa, R., & Siagian, T. A. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas IX Semester 1 Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Didactical Mathematics, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2191
Siregar, I., et al. (2025). Analisis Efektivitas Evaluasi Formatif dan Sumatif dalam Proses Evaluasi Pembelajaran. Kiswah Journal of Islamic Studies and Education, 1(1), 114–125. https://doi.org/https://kjisejournal.com/index.php/kjise/article/view/12
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suherti, S., et al. (2024). Analisis Kualitas dan Tingkat Kognitif Soal Penilaian Sumatif Akhir Semester Genap Kelas IX SMP Negeri 02 Kota Bengkulu Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Indonesian Journal of Teaching and Learning Hal, 3(2), 75–90. http://journals.eduped.org/index.php/intel
Umacina, N. E. P., Mondolang, A. H., & Rondonuwu, I. T. (2020). Analisis Butir Soal Sumatif Semester Ganjil Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Unima, 1(2), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/charmsains.v1i2.14
Uno, Hamzah. (2018). Assemen Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Verrysaputro, E. A., & Panca, A. S. (2023). Kontribusi Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa Dan Sastra Daerah, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.59698/vilvatikta.v1i1.5
Wahyuningsih, T., & Utami, E. S. (2021). Variasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) pada Soal USBN Bahasa Jawa di SMA Kesatrian 1 Semarang. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 72–82. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i1.40085
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.