INOVASI ASESMEN DIGITAL: PENGEMBANGAN INSTRUMEN HOTS BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ridwan Fauzi Universitas Pakuan
  • Nurlinda Safitri, M.Pd. Universitas Pakuan
  • Annisa Nurramadhani, M. Pd. Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31768

Keywords:

Instrumen HOTS, Asesmen Digital, Sekolah Dasar, Quizizz

Abstract

Kualitas pembelajaran di sekolah dasar sangat bergantung pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Observasi menunjukkan rendahnya keterampilan HOTS dan keterbatasan instrumen asesmen digital inovatif, khususnya bagi peserta didik kelas empat. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengukur kelayakan instrumen HOTS berbantuan QUIZIZZ untuk siswa sekolah dasar. Studi ini menggunakan model ADDIE yang disederhanakan. Data dikumpulkan melalui validasi ahli (materi, media, bahasa) dan kuesioner uji kepraktisan. Analisis meliputi validitas isi, kepraktisan, validitas butir empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil menunjukkan instrumen ini sangat layak, dengan validasi ahli rata-rata >95% dan uji kepraktisan 92%. Dari 30 butir, 16 terbukti valid dengan reliabilitas tinggi. Meskipun tingkat kesukaran rata-rata mudah, daya pembeda butir soal menunjukkan kategori baik. Disimpulkan, instrumen HOTS berbantuan QUIZIZZ layak dan praktis untuk mengembangkan serta mengukur HOTS peserta didik. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah mengeksplorasi efektivitasnya dalam pembelajaran nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurlinda Safitri, M.Pd., Universitas Pakuan

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan

Annisa Nurramadhani, M. Pd., Universitas Pakuan

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan

References

Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thinking Skill) Dalam Pedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). 5(3). doi:10.36312/jisip.v5i3.2211.

Agustin, M., & Pratama, Y. A. (2022). Keterampilan Berpikir dalam Konteks Pembelajaran Abad Ke-21. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.

Agustin, M. (2021). Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan. 7(2), 18–24. doi:10.51836/je.v7i2.234.

Amalia, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), (pp. 1-6). Madiun, Indonesia: Universitas PGRI Madiun.

Annisa, R., & Erwin. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5). doi:10.31004/basicedu.v5i5.1376.

Arvi, B. O. (2024). Analisis Uji Coba Validasi dan Reliabilitas Instrumen Validasi Pengembang Bahan Ajar Flipbook dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar. 8, 1–12.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz Sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3), 3203–13. doi:10.31004/cendekia.v6i3.1604.

Banunaek, Y., Tefbana, Y. I., & Talok, D. (2024). Evaluasi Butir-Butir Soal HOTS pada Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2023. Jurnal Kajian Ilmiah Multidisipliner. 8(6), 653–59.

Cahyaningtyas, R. & Mintohari. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Quizizz Pada Pembelajaran Benda Dan Kegunaannya Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11(6), 1295–1305.

Dike, D., Fitriana, F., & Adpriyadi, A. (2022). Instrumen Penilaian Tes Berorientasi HOTS Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. 6(2). doi:10.51826/edumedia.v6i2.667.

Endang, W. & Irwan, K. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 21 Bengkulu Tengah. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas). 2(1),205–17.

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi. 18(1), 105–24. doi:10.21831/efisiensi.v18i1.3699.

Hasibuan, S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Interaktif Quizizz Paper Mode Siswa Kelas VI SD Negeri 064974 Medan Tembung. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(3). doi:10.23969/jp.v9i3.17556.

Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 5(1), 6. doi:10.26737/jpdi.v5i1.1666.

Jaya, A., Hartono, R., Syafri, F., & Haryanti, R. P. (2023). Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, (pp. 142–147) Semarang, Indonesia: Universitas Negeri Semarang.

Latifah, A., Husaini, F., & Nisa, A. K. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 9(2), 4486–96. doi:10.36989/didaktik.v9i2.1057.

Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, I. N., & Rahayu R. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. Nusantara: Jurnal Pendidik dan Ilmu Sosial. 2(2), 227–37.

Mawaddah, S. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5), 3109–16. doi:10.31004/basicedu.v5i5.1288.

Maya, N. (2021). Implementasi LOTS dan HOTS pada Soal Tema 3 Kelas 1 MI/SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran. 3(2), 70–79. doi:10.52647/jep.v3i2.36.

Mubarak, M. R., Setiani, R., & Widiantini, A. (2022). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran PJOK Kelas V SD Negeri 1 Mulyasari. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2), 1184-1185.

Nazarudina, M. N. (2023). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berorientasi HOTS Pada Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 9(04), 2481–89. doi:10.36989/didaktik.v9i04.1883.

Nirmalasari, S. P. I., & Susanti, M. I. (2023). Efektivitas Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 7(2), 1286–94. doi:10.31004/basicedu.v7i2.4926.

Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 6(3), 560. doi:10.20527/jipf.v6i3.5514.

Nissa, A. D. A., & Hidayanti, K. (2023). Analisis Asesmen HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Matematika. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang. 5(1), 428–36.

Permatasari, D. K., & Yulianto, S. (2023). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Berbasis Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Kreatif Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2), 14–25.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara. 2(2), 269–79. doi:10.34001/jtn.v2i2.1496.

Rinditia, D., Wanabuliandri, S., Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Game Edukasi Quizizz. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) (pp. 1-7), Kudus, Indonesia: Universitas Muria Kudus.

Rini, A. F., & Budijastuti, W. (2021). Pengembangan Instrumen Soal HOTS untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Gerak Manusia. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 11(1), 127–37. doi:10.26740/bioedu.v11n1.p127-137.

Riyadi, T., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz pada Pembelajaran PPKN di SD Kelas 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(1), 2791–2805.

Rohmah, U. A., & Sunarti, T. (2020). Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA pada Materi Kalor. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 466–472.

Salam, M. Y., Mudinillah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu. 6(2), 2738–46. doi:10.31004/basicedu.v6i2.2467.

Santika, Y. (2023). Implementasi Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Galaxy Eyes. 1(1), 11–20.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 12(2), 81–88. doi:10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.

Subhan, M. (2020). Analisis HOTS dan LOTS Soal Penilaian Akhir Semester Muatan Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. 10(3), 137. doi:10.24114/esjpgsd.v10i3.21424.

Utomo, H. (2020). Penerapan Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan. 1(3), 37–43. doi:10.51651/jkp.v1i3.6.

Yuparing, F. S., Wiyono, B. B., Sutadji, E. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(04), 311–23. doi:10.59141/japendi.v4i04.1703.

Downloads

Published

2025-08-17