MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEMBATIK ECOPRINT DI TK ABA KASIYAN

Authors

  • Sulistioningrum Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ianatuz Zahro Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Hendrik Siswono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.31762

Keywords:

speaking skills, ecoprint batik, children aged 4 – 5 years

Abstract

This study uses ecoprint batik to improve the speaking skills of children aged 4-5 years. Kemmis and McTaggart's Classroom Action Research (CAR) paradigm includes preparation, implementation, observation, and reflection in each cycle. The subjects of the study were seven boys and three girls aged 4-5 years at ABA Kasiyan Kindergarten (TK ABA Kasiyan). Direct observation and documentation were used to obtain the data for this study. Children's verbal abilities increased rapidly. In the classroom action research, ecoprint batik playing activities dramatically improved children's speaking skills. In cycle 1, the percentage of children with the criteria "Very Good (AB)" increased from 0% to 50% and the criteria "Good (B)" from 30% to 50%. This indicates that playing ecoprint batik improves the speaking skills of ABA Kindergarten children.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Komunikasi antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1–8.

Badiah, N., Erviyenni, E., & Herdini, H. (2022). Analisis Ketuntasan Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Melalui Pembelajaran Blended Learning Di Kelas Xi Mipa Sman 2 Tambang. UNESA Journal of Chemical Education, 11(3), 186–194. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n3.p186-194

Devi Handayani S, S., Wahyuni, S., & Atika Putri, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar. CERDAS: Jurnal Pendidikan, 2(1), 23–34.

Fransiska, Sudarto, A. (2023). IMPLEMENTASI ECOPRINT MENGGUNAKAN TEKNIK POUNDING PADA FASE FONDASI ( 5-6 TAHUN ) DI TK SANTA MARIA SINTANG Pendahuluan Pendidikan merupakan usaha sadar yang perubahan berbagai untuk demi aspek memperoleh kemajuan kehidupan . Melalui pendidikan kita Begit. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 9(2), 594–611.

Gea Aprilyada, Muhammad Akbar Zidan, Nurlia, Risna Adypon Ainunisa, & Widi Winarti. (2023). Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165–173.

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

Indriati, E. (2011). Kesulitan Berbicara Dan Berbahasa Pada Anak : Terapi Dan Strategi Orang Tua (Edisi Pert). Jakarta: Prenadamedia Group.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. Retrieved from https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Lestari, I. P., Kusuma, W. S., & Rahman, B. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN SENI RUPA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEMBATIK ECOPRINT, (c).

Mahmudi, I., Nurbaha, A., & Fadilah, S. (2023). Mengembangkan Rubrik Penilaian Praktis yang Efektif: Pendekatan Komprehensif untuk Meningkatkan Evaluasi Hasil Pembelajaran dalam Pendidikan. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 623–638. Retrieved from https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/IJHSS

Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah, D. S. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 99–106. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.51341

Putri, W. D., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Cerita Dan Lagu Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 102. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.585

Rappang, B. S., & Selatan, P. S. (2020). Bupati sidenreng rappang provinsi sulawesi selatan, 2014, 1–17.

Sari, D. C., & Muthmainnah, M. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Membatik Ecoprint. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6005–6016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5266

Shanty, A. D., Handayani, A., & Saputro, B. A. (2022). Pengembangan Metode Membatik Ecoprint Untuk Menumbuhkan Motorik Halus Anak Tk. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 8(1), 21–34. https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13035

Sofiyah, I., Susaldi, N., & Sumanti, N. T. (2024). Hubungan Pengetahuan, Pola Asuh Orang Tua Dan Durasi Paparan Gadget Dengan Kejadian Speech Delay (Keterlambatan Berbicara) Pada Anak Prasekolah Usia 3-6 Tahun Di Klinik Ikhlas Medika 2 Tahun 2023. SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 90–98. https://doi.org/10.62335/vxf61z66

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582

susanti Nirmalasari, K. L. (2022). STIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4, 38–47.

Winarsih, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Vektor Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas X Mia Sman 1 Balai Riam Tahun Pelajaran 2021/2022. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 64. https://doi.org/10.52947/meretas.v9i1.284

Downloads

Published

2025-11-09