A, PENERAPAN RUTINITAS PEMBACAAN DZIKIR RATIB AL-HADDAD SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN PSIKOSPIRITUAL SISWA DI SMKI NURUL HIJRIYAH SEJATI CAMPLONG SAMPANG

pendidikan agama islam

Authors

  • jai jaini Universitas Islam Negeri Madura
  • Suwantoro Universitas Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31736

Keywords:

pendidikan agama

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pembacaan harian Ratib al-Haddad sebagai sarana pengembangan karakter psikospiritual siswa di SMKI Nurul Hijriyah Sejati, Camplong, Sampang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana praktik terstruktur Ratib al-Haddad berkontribusi pada perkembangan emosional, spiritual, dan perilaku siswa dalam lingkungan pendidikan Islam formal. Temuan menunjukkan bahwa rutinitas dzikir harian, yang diadakan setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, secara signifikan mempengaruhi ketenangan mental, pengendalian emosi, dan disiplin spiritual siswa. Siswa menunjukkan peningkatan fokus, kesadaran agama yang lebih dalam, dan perilaku psikologis yang lebih stabil sepanjang proses belajar. Praktik ini, yang melibatkan pembacaan teks Ratib secara kolektif dengan bimbingan guru dan staf, berhasil membentuk budaya agama di lingkungan sekolah. Selain itu, program ini berkontribusi pada internalisasi nilai-nilai Islam, seperti rasa syukur, kesabaran, dan kejujuran, sekaligus memperkuat ikatan komunitas di antara siswa. Meskipun terdapat tantangan kecil dalam pemahaman dan tingkat partisipasi, program ini terbukti menjadi model efektif untuk pendidikan karakter yang berakar pada spiritualitas Islam. Rutinitas ini berfungsi sebagai pendekatan integratif yang menyatukan tradisi spiritual dengan pendidikan modern, menjadikannya layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, N. K. (2021). Nafs Mutmainah sebagai Dasar dalam Menciptakan Kesejahteraan Spiritual. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(2), 169–181. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v3i2.3523

Azizah, A. N., & Rohmadi, Y. (2022). Dzikir Ratib Al-Haddad As an Effort To Strengthen Religious Character Education. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 89–98. https://doi.org/10.33650/edureligia.v6i1.3756

Cholili, A. H., Achmad Mubarok, M. Yogi Anggoro, Shafira Angelia Putri, & Muhammad Mubasysyir Munir. (2024). The Effect of Dzikir Intensity on Self-Control in Psychology Students. Madinah: Jurnal Studi Islam, 11(2), 275–284. https://doi.org/10.58518/madinah.v11i2.2797

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019.

Latif, U. (2022). Dzikir Dan Upaya Pemenuhan Mental-Spiritual Dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 28. https://doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13729

Maghfiroh, A. M., & Akhyak, A. (2024). Pendidikan Holistik: Perspektif Filsafat Sufisme dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(1), 154–161. https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.62248

Martin, I., Nuryoto, S., & Urbayatun, S. (2018). Relaksasi Dzikir Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja Santri. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(2), 112–123. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i2.1965

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mujib, A. (2015). "Implementasi Psiko­Spiritual dalam Pendidikan Islam”. Madania, 19(2), 195–206. https://doi.org/10.29300/madania.v19i2.38

Nada Maula, N. M. N. M. (2021). Penerapan Prinsip Sosiologi Pengetahuan Dalam Tradisi Pembacaan Dzikir Ratib Al-Haddad (Studi Living Qur`an Di Ppti Al-Falah Salatiga). Al-Wajid: Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, 2(2), 8–11. https://doi.org/10.30863/alwajid.v2i2.2282

Sadat, M. A., Sapri, S., & Fithriani, R. (2024). Implementasi Praktek Dzikir: Persepsi Anak Terhadap Dampaknya Pada Ketenangan Jiwa Dan Konsentrasi Belajar. Research and Development Journal of Education, 10(1), 61. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20382

Sodri. (2018). Pengamalan dzikir dalam pembentukan karakter muslim (studi terhadap siswa/i SMAN 2 Medan yang mengikuti majelis dzikir tazkira Sumatera Utara). Jurnal Pendidikan Islam : Tazkiya, 7 No. 2(2), 1–23. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/387

Zuhri. (2015). Peningkatan mutu pendidikan dalam perspektif psikologi sufistik. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10

Zulfirman, R. (2025). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN

Downloads

Published

2025-08-16