MENGUNGKAP PERAN PENTING SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN LAYANAN BISNIS (MPLB) DI SMKN 3 SINJAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31704Keywords:
Sistem Informasi Manajemen, Pengambilan Keputusan, SMKN 3 SinjaiAbstract
Sistem Informasi Manajemen (SIM) memainkan peran krusial dalam mendukung
pengambilan keputusan yang efektif di berbagai organisasi, termasuk di lembaga
pendidikan tingkat pendidikan sekolah menengah kejuruan. Di SMKN 3 Sinjai,
penggunaan sistem informasi manajemen akan membantu pihak manajemen dalam
memproses data siswa, keuangan, dan kegiatan sekolah secara lebih efisien dan
akurat. Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana sistem informasi
manajemen berkontribusi dalam proses pengambilan keputusan yang lebih tepat,
cepat, dan berbasis data. Metode penelitian yang digunakan yaitu motode kualitatif
bersifat deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya sistem
informasi manajemen, para pengambil keputusan di SMKN 3 Sinjai dapat merancang
kebijakan dan strategi yang lebih relevan dan tepat sasaran, terutama dalam
meningkatkan kualitas pendidikan dan administrasi sekolah. Melalui pemanfaatan
sistem informasi manajemen, SMKN 3 Sinjai dapat meminimalkan kesalahan
manusia dan meningkatkan transparansi dalam pengelolaan sekolah.
Downloads
References
Andi Ilham S.Pd di wawancarai pada tanggal 23 juni 2025 (pukul 11.24) Sinjai
Andi Ilham S.Pd di wawancarai pada tanggal 23 juni 2025 (pukul 11.31) Sinjai
Andi Ilham S.Pd di wawancarai pada tanggal 23 juni 2025 (pukul 11.36) Sinjai
Andi Ilham S.Pd di wawancarai pada tanggal 23 juni 2025 (pukul 11.40) Sinjai
Andi Ilham S.Pd di wawancarai pada tanggal 23 juni 2025 (pukul 11.46) Sinjai
Asyari, A. (2024). Penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di
Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Edukasi Lingua, 1(3), 1–10.
Farid, M., Husain, M., & Chabibie, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen dalam
Mendukung Pengambilan Keputusan di Lembaga Pendidikan. THS: Jurnal Teknik,
Humaniora dan Sains, 1(2), 99–106.
Fauzia Hoerunnisa, C., Kartika, L., & Marwanti. (2023). Pengaruh Sistem Informasi
Manajemen Pendidikan terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di
Sekolah. Madinasika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1),
17–26.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan
Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981-990.
Jusharianti Siswa SMKN 3 Sinjai jurusan MPLB diwawancarai pada 30 Juni 2025 (pukul
15.20) Sinjai
Rif'ah, M., Ramadhan, M. R. N., Wahyudin, M. R., Fahmi, M. F., Binfas, M. A. M., & Audia,
C. (2023). Administrasi Hubungan Kerjasama Sekolah Dan Masyarakat. Journal On
Education, 6(1), 7639-7647
Simon, H. A. (1977). Administrative Behavior: A Study of Decision-Making Processes in
Administrative Organizations (3rd ed.). New York: The Free Press.
Prayoga, H., Ramdani, A., & Akbar, M. (2024). Evaluasi Implementasi Sistem Informasi
Manajemen Pendidikan di SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe. Jurnal Manajemen
Pendidikan UNY, 9(1), 45–58.
Purba, S., Arif, A., & Sitorus, J. (2025). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Sekolah
dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pengambilan Keputusan. Jurnal
Administrasi Pendidikan Borneo, 9(1), 55–68.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















