URGENSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL SISWA DI SDN WANASARI 13

Authors

  • Zahra Nurasrifha Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yohamintin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31566

Abstract

This study discusses the urgency of teacher pedagogical competence in preventing moral degradation of students at SDN Wanasari 13. With the increasing challenges of negative behavior among students, such as bullying, decreased discipline, and lack of tolerance, the role of teachers as educators becomes very crucial. Pedagogical competence not only includes academic teaching, but also character development and moral values. Through an effective pedagogical approach, teachers can create a learning environment that supports positive values, such as empathy, cooperation, and discipline. This study used a qualitative method with interviews and observations as data collection tools, involving teachers and students. The results show that the implementation of good pedagogical competence can significantly reduce negative behavior and improve student morale. In addition, training and professional development for teachers need to be strengthened to ensure they have the necessary skills. Therefore, strengthening teacher pedagogical competence is very important to form a generation with noble character, improve the quality of education, and prepare students to face social challenges in the future.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiya, Puji Restu, Yudho Bawono, dan Wasis Purwo Wibowo. 2024. “Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah dasar.”

Armini, Ni Nengah Sri. 2024. “Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa.” Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin 4(1):113–25.

Arum, Dini Sekar, dan Ma’mun Hanif. 2025. “Strategi Pembelajaran dalam Penguatan Motivasi untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa.” JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara 3(1):37–47.

Astuti, Anggun Windi, Universitas Islam, Negeri Sunan, dan Kalijaga Yogyakarta. 2025. “Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MIN 1 Yogyakarta.” 5:2286–95.

Bukoting, Sauda. 2023. “Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar.” EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan 3(2):70–82.

Daulay, Irma Sari, Lailan Aprina Siregar, dan Indana Zulfa Harahapi. 2023. “Implementasi Nilai Keislaman Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Sekolah Dasar.” 6(2):142–53.

Dianti, Tri, dan Puspa Djuwita. 2023. “Peran Guru sebagai Pembimbing dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab dan Kepedulian Melalui Pembelajaran PKn di SD.” 6(2).

Estari, Aan Withi. 2020. “Pentingnya memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran.” Hal. 1439–44 in Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series. Vol. 3.

Fepriyanti, Unik, dan Abdul Wachid Bambang Suharto. 2021. “Penguatan pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan orang tua siswa.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26(1):135–46.

Halawa, Budiman. 2023. “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen dengan Menerapkan Faktor Kognitif dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik.” 6(1):36–53.

Ihsani, Febri Annisa, dan Universitas Negeri Padang. 2024. “A l y s.” 4(November):869–81.

Ips, Pendidikan, dan Universitas Negeri Surabaya. 2021. “Strategi Internalisasi Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Metode Diskusi Online Berbantuan E-Modul Lembaga Sosial.” 1(1):1–15.

Kurnia, Rifka, dan Syaiful Hadi. 2025. “Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Di SMK Muhammadiyah 02 Boja.” 2(April). doi: 10.62387/naafijurnalilmiahmahasiswa.v2i2.151.

Kusumayanti, Ni Putu, dan Ilham Syahrul Jiwandono. 2021. “ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SDN 16 CAKRANEGARA.” 21(1):103–18.

Mardiyah, Ainul, Rahmah Sari Dewi, dan Agmi Almanawara. 2020. “KETAHANAN DUDUK PESERTA DIDIK DALAM PROSES.” 12(2):125–30.

Masithah, Dewi, Nazwa Khilmi Firdausy, dan Munawir Munawir. 2025. “Standar Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional.” Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP) 6(1):100–113.

Menganti, Stai Al-azhar. 2023. “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA.” 9(3).

Motivasi, Terhadap, Pencapaian Akademis, Muhammad Yasin, Azizzah Asma, dan Al Husna. 2024. “Karakteristik Hubungan Guru dan Siswa Sekolah Dasar.” 7(1):70–81.

Nurrachmah, Sitti. 2024. “Analisis strategi komunikasi dalam membangun hubungan interpersonal yang efektif.” Jurnal Inovasi Global 2(2):265–75.

Oktafia, Anisa, Ade Irma, dan Memen Permata Azmi. 2025. “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPN PEKANBARU.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 4(3):5755–66.

Paridah, Nur, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Muhammad Nasheh Ulwan, dan Ihwan Faizin. n.d. “Guru sebagai Penggerak Proses Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 13(2).

Pratama, Diki Aditia, Denda Ginanjar, dan Lia Siti Solehah. 2023. “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1(02):78–86.

Rahmayanti, Kurnia, Soraya Lestari, dan Cut Nursadrina. 2024. “MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA Significance of Comprehending Talent and Interest in Boosting Learning Motivation Among Adolescents.” 6(1):25–29.

Ramadhan, Aditya. 2024. “Peran guru dalam mengembangkan potensi siswa.” Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains 8(1).

Setyaningrum, Hasna, Yogi Febriana Nurkholifah, Usup Maulana, dan Siti Zazak Soraya. 2025. “Membentuk Guru Profesional: Peran kompetensi Pedagogik dan Kepribadian.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629 2(4):1032–36.

Sitinjak, Imman Yusuf, Sariaman Gultom, Krissi Wahyuni Saragih, dan Jumpa Ukur. 2024. “Kepemimpinan sekolah penentu karakter peserta didik peran guru dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran PPKN di sekolah dasar untuk menghadapi tantangan Society 5.0.” Jurnal Pendidikan: Kajian dan Implementasi 6(1).

Sugiyono. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA, cv.

Sulaeka, Bela, dan Ratnawati Susanto. 2023. “Peran dan strategi guru dalam penanaman nilai toleransi sebagai upaya meminimalisir terjadinya bullying antar sesama siswa di sekolah dasar.” 8(1):137–43.

Umayah, Urip, dan Mawan Akhir Riwanto. 2020. “Transformasi sekolah dasar abad 21 new digital literacy untuk membangun karakter siswa di era global.” JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) 4(1).

Unesa, J. Plus, Vol No, J. Plus Unesa, dan Ilfi Nur Diana. 2020. “PESERTA DIDIK DI KELOMPOK BERMAIN MAMBAUL ULUM.” 9(2):87–93.

Wahyuni, Sri, Amanda Junita Tanjung, Fahmil Abdillah, Irma Diani, Nur Sahdiah Siregar, Universitas Islam, Negeri Sumatera, dan Kesulitan Belajar. 2024. “UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM.” 18:24–35.

Wibowo, Yusuf Rendi, dan Fatonah Salfadilah. 2025. “Analisis Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran PAI untuk Menumbuhkan Karakter Kerja Sama di Sekolah Dasar.” 02(01).

Windu, I. Putu, Mertha Sujana, Esther Hasanah, Ketut Siti, dan Amerta Sari. 2025. “STRATEGI PENANGANAN PERILAKU MENYIMPANG SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN.” 7(1):53–59.

Wulandari, Apri, Oman Farhurohman, Universitas Islam, Negeri Sultan, Maulana Hasanuddin, dan Jalan Syech Nawawi Al-bantani. 2024. “PENTINGNYA GURU DALAM PENDIDIKAN.” 17(1):39–55.

Yulianti, Yeni Eka, Leni Widi, Mulyani Fakultas, dan Universitas Pasundan. 2024. “Penegakan Keadilan Terhadap Pelaku Bullying Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.” (2023):1–19. doi: 10.11111/dassollen.xxxxxxx.

Downloads

Published

2025-08-17