PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF EDUTAIMENT BERBASIS GUIDE INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 WANGGAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31539Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Edutainment, Guided Inquiry, Bilangan Bulat, Pemahaman Konsep,ADDIE,SMP.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif edutaimentberbasis guide inquiry guna meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat pada pesertadidik kelas VII SMPN 1 Wanggar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkanbahwa media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bilanganbulat, terbukti dari peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test peserta didik. Selain itu,media ini juga mendapatkan respon positif dari siswa dan guru. Penelitian ini diharapkandapat memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif disekolah.Downloads
References
Nurdin, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 123-130.
Piaget, J. (1973). To Understand Is to Invent: The Future of Education. New York: Grossman
Publishers.
Rahmawati, S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan
Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 45-52.
Sari, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 201-210.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.