PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF EDUTAIMENT BERBASIS GUIDE INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 WANGGAR

Authors

  • Neirsy Sumule Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Dr. Ujang Rohman Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Dr. Atiqoh Universitas PGRI Adibuana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31539

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Edutainment, Guided Inquiry, Bilangan Bulat, Pemahaman Konsep,ADDIE,SMP.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif edutaimentberbasis guide inquiry guna meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat pada pesertadidik kelas VII SMPN 1 Wanggar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkanbahwa media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bilanganbulat, terbukti dari peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test peserta didik. Selain itu,media ini juga mendapatkan respon positif dari siswa dan guru. Penelitian ini diharapkandapat memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurdin, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 123-130.

Piaget, J. (1973). To Understand Is to Invent: The Future of Education. New York: Grossman

Publishers.

Rahmawati, S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan

Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 45-52.

Sari, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 201-210.

Downloads

Published

2025-08-03