PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENJAGA KESEHATAN MATA KELAS II UPT SDN JAROREJO I

Authors

  • Devy Ruvaida Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31511

Keywords:

Wordwall, Educational Media, Eye Health, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game edukatif berbasis Wordwall guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD pada materi Bahasa Indonesia tentang menjaga kesehatan mata. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan permasalahan seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa, rendahnya konsentrasi, serta kurangnya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Media Wordwall dikembangkan dalam bentuk kuis interaktif "open the box" yang berisi materi menjaga kesehatan mata dan jenis-jenis olahraga. Hasil validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat valid, dengan persentase masing-masing 95%, 91%, dan 91%. Respon guru dan siswa terhadap kepraktisan media juga sangat tinggi, yaitu masing-masing 94% dan 90%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 13 dari 15 siswa (86,67%) mencapai nilai di atas KKTP. Dengan demikian, media game edukatif Wordwall terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2021). Pnelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. CV Adanu Abimata, 4(2), 1.

Andriani, A., Ayu Saputri, D., Hopipah, R., & Puspa Dewi, T. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23657

Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada. 6(1), 80–88. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Desy, F., Kisardi, D., Putri, & Agustini, F. (2024). Website: https://j-innovative.org/index.php/Innovative Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD. Innovative: Journal Of Social Science …, 4, 5238–5250.

Mariana, D. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP LKIA PONTIANAK. 4(June), 2021.

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. MAHESA Research Center, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Nisa, S. A. (2023). PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBANTUAN MEDIA VIDEO MOTION GRAFIK DAN VIDEO EKSPLANASI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 2017.

Nizar Noer Insan. (2021). Nizar Noer Insan, 2021 PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM TRAINER MIKROKONTROLER ATMEGA8583 UNTUK MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER DI SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 11–20.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429

Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014

Sumartini, S., & Johariyah, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Nyaman dan Menyenangkan Dengan Metode Permainan Bahasa. Al-Badiyah, 2(1), 207–230.

Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 504–514. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644

Downloads

Published

2025-08-17