ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB BERBASIS HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI NGANDUL 1 TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.31489Keywords:
HOTS, problem solving skills, KPK and FPB, mathematicsAbstract
Penelitan ini bertujuan untukk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah peserta didikkkelas SD Negeri Ngandul 1 dalam menyalesaikan soal matematika berbasis HOTS, khususnya pada materi KPK dan FPB. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi,wwawancara, dan dokementasi. Penelitian ini menggunakan subjek melibatkan pesertaadidiik, guru kelas IV, serta orang tua wal murid kelas IV SD Negeri Ngandul 1. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan dari Miles dan Huberman.Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik, Berdasarkan hasil temuan selama didapatkan informasi mengenai kemampuan peserta didikk dalam memecahkan soal cerita matematika terkait KPK dan FPB berbasis HOTS. Penelitian ini mengambil 3 sampel yaitu peserta didik dengan kategori nilai tinggi yang mampu menyelesaikan soal pemecahan maslah secara baik, pesertaadidikkyang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan membedakan bentuk soal cerita dengan baik dan masih kesulitan dalam membedakan soal cerita, dan terakhir dengan kategori nilai rendah tidak mampu dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan baik.Downloads
References
Aprilianti, (2022). Landasan Pendidikan (M. P. Dr Eka Apriyanti (ed.)). 2022)
Cahya, N., Astuti, H. P., Rikhayana, N. A., Wahyu, M., Hanifah, N., Ermawati, D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Kelas Iii Sdn 1 Bumirejo. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 93–99.
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/ JPDI/article/view/1666
Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD Pada Materi KPK dan FPB. Journal on Education, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553-564.
Prihastari, E. B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Di Sd Negeri Banyuanyar 3 Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4048
Rizkasari. (2024). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)Berbasis HOTS Terhadap Hasil BelajarPeserta Didik Mata Pelajaran Matematika| 298. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23238
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Unaenah, E., Ismawati, A., Nurul Fauziah, S., Ayu Amelia, S., Luthfiyah, J., & Setawan Adji, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Fpb Dan Kpk. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 140–150. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Wardani, A. K. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15–24.
Unaenah, E., Ismawati, A., Nurul Fauziah, S., Ayu Amelia, S., Luthfiyah, J., & Setawan Adji, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Fpb Dan Kpk. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 140–150. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.