A Analisis Pemahaman Guru Tentang Keterampilan Abad 21 serta Efek Domino pada Strategi Pendampingan Siswa Daerah Perbatasan

Analisis Pemahaman Guru Tentang Keterampilan Abad 21 serta Efek Domino pada Strategi Pendampingan Siswa Daerah Perbatasan

Authors

  • Siprianus Jewarut Institut Shanti Bhuana
  • Usman Institut Shanti Bhuana
  • Kusnanto Institut Shanti Bhuana
  • Felisitas Viktoria Melati Institut Shanti Bhuana
  • Henrikus Torimtubun Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31441

Keywords:

Keterampilan abad 21; Guru; Daerah Perbatasan

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menganalisis tingkat pemahaman guru daerah perbatasan tentang keterampilan abad 21 serta implementasinya dalam proses pembelajaran di ruang kelas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara berurutan (sequential explanatory design). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner, wawancara, dan observasi lapangan. Subjek penelitian berjumlah 20 orang yang merupakan Guru yang menbadi di daerah perbatasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman responden masih cukup rendah. Hal ini terlihat dari jawaban responden pada ke 3 instrumen penelitian, yang konsisten mengaku belum memahami keterampilan dan pembelajaran abad 21. Pada instrumen wawancara responden memberikan jawaban masih belum memahami keterampilan dan pembelajaran abad 21, hal ini kemudian didukung data hasil kuesioner, yang mana jawaban responden  mencapai 80,00% dengan jawaban tidak setuju dengan pernyataan kuesioner, selain itu terkait penerapan pembelajaran abad 21 dari hasil wawancara dan kuesioner terlihat konsistensi jajwaban responden, belum menerapkan pembelajaran abad 21 di ruang kelas, dengan persentase hasil kuesioner mencapai 80,00% tidak setuju dengan pernyataan kuesioner. Sementara itu temuan saat pelaksanaan observasi menunjukan adanya keterkaitan yang erat antara tingkat pemahaman keterampilan abad 21 Guru dengan proses pembelajaran di ruang kelas. Karena kurangnya pemahaman Guru akan keterampilan abad 21, maka Guru daerah perbatasan belum menerapkan pembelajaran abad 21 di ruang kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brata, D. P. N. (2016). Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kooperatif Di Perguruan Tinggi. Ejournal STKIPJB, 1, 3–10. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/viewFile/1009/743

Suweta, I. M. (2019). Perguruan Tinggi Menyikapi Pembudayaan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 3–6. Bali: Dharma Acarya

Sri Sudono Saliro, Tamrin, B. (2021). Toleransi Meja Makan: Bisnis, Budaya Pedagang Kuliner, dan Interaksi Sosial Pedagang di Kota Singkawang. Nalar: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 5, 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/njppi.v5i1.2430

Muhamad Ngafifi. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2, 15–23.

Siprianus J. (2022). Menelisik Proses Adaptasi Teknologi pada Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat. Dalam Transformasi Pendidikan dalam Era Digital dan Merdeka Belajar. 91–98.

Budijarto, A. (2018). Pengaruh Perubahan Sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jurnal Lemhannas RI, 6, 5–21. https://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/118

Hendro, Wahyudi Setyo, M. P. S. (2014). Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat. Media Neliti.Com. https://media.neliti.com/media/publications/227634-teknologi-dan-kehidupan-%0Amasyarakat-7686df94.pdf%0A

Yusrizal. (2016). Survei Pengguna Teknologi Informasi dan Komunikasi di Wilayah Perbatasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5, 13–28.

Wahl, L., & Kitchel, A. (2016). Internet Based Collaboration Tools. International Journal of E- Collaboration, 12, 27–43. https://doi.org/https://doi.org/10.4018/IJeC.2016010103

Jahnke, I., & Liebscher, J. (2020). Three types of integrated course designs for using mobile technologies to support creativity in higher education. Computers & Education, 146, 102–119. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu

P21. (2019). Framework for 21st Century Learning. https://www.battelleforkids.org/net works/p21/frameworks-resources

J. W. Creswell, Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches, 3rd ed. Washington: Sage Publications, Inc., 2013.

P. (Eds. . Gomm, R., Hammersley M., & Foster, Case study method. Key issues, key texts. Washington: Sage Publications, Inc., 2000.

K. B. M. Noor, “Case study; A strategic research methodology,” Am. J. Appl. Sci., vol. 5, pp. 1602–1604, 2008.

Arikunto, Prosedur Penelitian, 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Y. S. (Eds. . Denzin, N. K., & Lincoln, “The SAGE handbook of qualitative research,” in 1, 1st ed., New York: Sage Publications, Inc., 2011, pp. 39–47.

Downloads

Published

2025-08-10