IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUIZIZ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ BERBASIS PAPER MODE UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SD NEGERI SENDANGMULYO 03 SEMARANG
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ BERBASIS PAPER MODE UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SD NEGERI SENDANGMULYO 03 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31435Keywords:
Quizizz, Paper Mode, Disposition, Problem-Solving AbilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran quizizz berbasis paper mode untuk meningkatkan disposisi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V pada materi luas bangun datar di SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan quizizz berbasis paper mode secara statistik memberikan dampak positif dalam meningkatkan disposisi matematis siswa sebesar 0,000, yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05. 2) Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan quizizz berbasis paper mode secara statistik memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,000, yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. 3) Implementasi pembelajaran quizizz berbasis paper mode dapat meningkatkan disposisi dan kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori tinggi, pada disposisi matematis siswa kelas eskperimen sebesar 46,76 dan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 82,74.Downloads
References
Ananda, P. D. (2022). The Impact of The Discovery Learning Model On Problem Solving Ability And Scientific Atitude Of Elementary School Teacher Education Student. International Journal of Elementary Education, 6(2), 259-267.
Andayani, S. d. (2020). Pengembangan Modul Matematika Dasar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 11, No. 1, 121-131.
Anjani, F. (2020). Teori Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi”,. Sociological Education. Vol. 1 No. 1, 34-41.
Cahyani, D. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Paper Mode terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). Volume 4, Nomor 3, 524-531.
Febriyani, A. H. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.
Haryanti, W. d. (2023). Tren Penelitian Disposisi Matematis di Seluruh Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 12, No. 1, 1167-1177 .
Jong, A. d. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 12 No 1, 1-22.
Mathematics., N. C. (2020). Catalyzing Change in High School Mathematics: Initiating Critical Conversations. Initiating Critical Conversations. NCTM., 11-22.
Nisrokhah, S. S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Menggunakan Media Quizizz Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 01. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 09 Nomor 03, 120-132.
Pamungkas, M. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Quizizz Paper Mode Terhadap Penilaian Formatif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI Dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Vol 4 No 1, 12449-12460.
Ramadhani, M. S. (2020). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SDN 01 Kebonsari Kabupaten Temanggung Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. . Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11-22.
Rahman, Z. H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 11, No. 2, 2022, 1620-1629 .
Rajagukguk, W. (2020). Developing Mathematical Problem Solving Skills With Interactive Problem Based Learning And Discovery Learning. Jurnal Handayam. Vol. 11 No. 1, 29-41 .
Saputra, M. I. (2022). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiyah Pendidikan, Volume 5(2), 280-291.
Supriatna, I. &. (2020). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sd Melalui Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Dan Repetition. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 36-43.
Ubaidah, N. K. (2020). Pendekatan Steam Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V, 351–362.
Waruwu, D. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 08, Nomor 01, 117-128.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.