PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA KELAS V DI SDN INPRES WORA DALAM

Authors

  • Mayang sari marhaeni Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan STKIP taman siswa bima
  • zulkifli, Anggih Try cahyadi Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan STKIP taman siswa bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31430

Keywords:

Team Games Tournament, cooperative learning, short story writing, elementary school, language skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas V SDN Inpres Wora Dalam. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental non-equivalent control group design yang melibatkan 50 siswa terbagi menjadi kelas eksperimen (25 siswa) dan kelas kontrol (25 siswa). Data dikumpulkan melalui tes menulis cerita pendek (pre-test dan post-test), observasi pembelajaran, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan menulis cerita pendek pada kelas eksperimen dengan rata-rata skor meningkat dari 64,2 menjadi 81,6 (gain score 17,4 atau 27,1%), sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 63,8 menjadi 68,4 (gain score 4,6 atau 7,2%). Uji hipotesis menghasilkan t-hitung = 6,847 > t-tabel = 2,021 dengan signifikansi p < 0,001, mengonfirmasi pengaruh yang sangat signifikan. Effect size sebesar 1,94 menunjukkan pengaruh praktis yang sangat besar. Model TGT terbukti efektif meningkatkan partisipasi siswa (92%), mengembangkan keterampilan 4C, dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta bermakna bagi siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Team Games Tournament, pembelajaran kooperatif, menulis cerita pendek, sekolah dasar, keterampilan berbahasa  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=j5EmEAAAQBAJ

Creswell, J. W. (2021). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.386

Irawan, S., & Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 235–246. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.634

Kharismawati, I., Agustini, A., & Wapa, A. (2024). Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. In Penerbit Mifandi …. http://jurnal.mifandimandiri.com/index.php/penerbitmmd/article/view/114%0Ahttps://jurnal.mifandimandiri.com/index.php/penerbitmmd/article/download/114/89

Milawati, N. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Times Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik Kelas VII di SMP Amal Bakti Jati Agung Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.

Mul, A. M. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Tentang Nilai-Nilai Didaktis Melalui Media Sosial Pada Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sman 2 Barru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3101–3109.

Mulya, Marta, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Round Table di Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(2), 98–110. https://doi.org/10.29407/pn.v8i2.18643

Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=27275

Slavin, R. E. (2009). Cooperative learning teori, riset dan praktik.

Downloads

Published

2025-08-18