MODEL SURAMADU DENGAN INTEGRASI NEARPOD DAN ESTAFET NUSANTARA: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORATIF

Authors

  • Putri Elok Maufikhoh Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Diani Ayu Pratiwi Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31415

Keywords:

Model Suramadu, Nearpod, Estafet Nusantara, Berpikir Kreatif, Kolaboratif

Abstract

This study examines how the use of the SURAMADU model and Nearpod media combined with the Nusantara relay game in Pancasila Education lessons can be a solution to overcome students' low ability to think creatively and collaboratively. This condition arises due to the use of learning models and media that are not yet creative and varied. This study was conducted in four meetings in class V of Sungai Tabuk Keramat 2 Elementary School by combining qualitative and quantitative data. The results showed that students' creative thinking skills increased from 12% (less skilled) at the first meeting to 88% (very skilled) at the fourth meeting. Likewise with collaborative skills, which increased from 46% (quite skilled) to 100% (very skilled) at the last meeting. This proves that the SURAMADU model and Nearpod media are effective in improving the quality of learning and can be an innovative method choice in Education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. I., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas , Keterampilan Kolaborasi , Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti Pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 281–288. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/265/262

Afridha, S., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2022). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP DAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL KEARIPAN. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.492

Agusta, E. S. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. 2(2), 145–165.

Amanda, L., Nadia, I., Sauqi, A., Ilmi, M. Z., Nurliani, P., Safira, H., Utami, R. T., Pratiwi, D. A., & Aslamiah, A. (2024). Potret Kurikulum Merdeka sebagai Paradigma Baru di SDN Alalak Selatan 1 Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 1131–1145. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.342

Ananda, H., & Agusta, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 466–494. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Anita, Jannah, F., & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ips Menggunakan Model Pena. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 64–75.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Apriyani, S., & Agusta, A. R. (2025). Meningkatkan motivasi , berpikir kritis , dan hasil belajar didik menggunakan model pembelajaran Lenture pada mata pelajaran matematika materi mengenal sifat-sifat bangun ruang kelas V SDN Seberang Mesjid 5 Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ), 02(03), 871–877. https://jprinsip.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpri/article/view/258

Arief, M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 22 HULU SUNGAI TENGAH. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4((3)), 264–273. https://www.jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/129

Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.

Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas. Rajawali Pers.

Asri, W. K., Mannahali, M., AP, J., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan dan Metode yang Efektif. CV Ananta Vidya.

Asrulla, Samsu, Indriyan, T., & Jeka, F. (2024). TANTANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKANDI ERA SOCIETY 5.0. Journal Genta Mulia, 15(1), 161–178. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/802/604

Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media Tts Pada Kelas Iv Sdn Terantang 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 01(02), 96–108. http://dx.doi.org/10.xxxxx.

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Azizah, M., & Usman, A. (2023). Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Manajemen Kelas Partisipatif Guru Dan Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(3), 319–329. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1180

Bosch, N., Härkki, T., & Seitamaa-Hakkarainen, P. (2025). Teachers as reflective learning experience designers: Bringing design thinking into school-based design and maker education. International Journal of Child-Computer Interaction, 43(September 2024). https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2024.100695

Catal, C., & Tekinerdogan, B. (2019). Aligning Education for the Life Sciences Domain to Support Digitalization and Industry 4.0. Procedia Computer Science, 158, 99–106. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.032

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516

Firmansyah, A. O., Karma, I. N., & Pratiwi, D. A. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Box Sila Solah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 2 di SDN 11 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 594–599. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3144

Fransisco, A., Kesuma, S., & Gultom, R. (2025). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PPKN SMAN 14. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 9(1), 223–232. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.5658

Fuadiy, M. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 173–197. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Haris, A. (2023). Keefektifan Problem-Based Learning dan Discoveri Learning Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kreaktif Matematis dan Minat. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 505–513. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1071

Hidayat, A., & Jannah, F. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 31–38.

Hidupi, D. W., Zohro, N. P., & Akip, M. (2024). Peran Guru Dalam Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini Membangun Masa Depan Berkualitas. 2(2).

Ilma Nabila, N., Aulia Utami, D., Nurhaliza Azzahra, S., Afriza, R., Rawaul Sidqi, A., Afifah, H., & Ayu Pratiwi, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin Implementation of Merdeka Curriculum in the Movement School of SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4289. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Juano, A., Ntelok, Z. R. E., & Jediut, M. (2019). Lesson Study Sebagai Inovasi Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 126–136. https://doi.org/10.36928/jrt.v2i2.389

Khoirin, D., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 Integratif dalam Menghadapi Era Society 5.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 83–94. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4109

Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620

Lisa, A. A., & Muthohar, S. (2024). Strategi Game Based Learning Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C + S Siswa. 13(001), 125–138.

Ma’rifatun, F., Jannah, F., Puspita, T., Rini, W., & Prihandoko, Y. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Kreativitas Pesera Didik Menggunakan Model Progres Pada Muatan Ips Kelas V Increasing Student Activity and Creativity Using the Progress Model in Class V Ips Content. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 63–73. http://dx.doi.org/10.xxxxx.

Magdalena, I. (2023). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. CV Jejak (Jejak Publisher).

Maretta, F. R., & Pratiwi, D. A. (2023). Implementasi Model “PRESTASI” Pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 83–95.

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Maufikhoh, P. E., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Arsyad, M. Z. T., & Amelia, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Membangun Fondasi Multibahasa di SD Hippindo Banjarmasin. 2(3), 1138–1143.

Mufidah, L. (2021). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Dalam Memperbaiki Praksis Pembelajaran. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 168. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1426

Mulyana, A., Sunengsih, D., Alfiani, D., & ... (2024). Implementasi Kegiatan Fisik Pada Kegiatan Senam Untuk Menstimulasi Perkembangan Fisik Pada Anak Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 212–222. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i3.859

Mulyani, A. A., Setiadi, E. M., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design : Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7766

Mulyawati, Y., & Purnomo, H. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.33654/pgsd

Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736

Mutiara, S., Firman, & Desyandri. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN NEARPOD BERBASIS RADEC UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(04), 232–244. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.5253

Nabiilah, N., & Jannah, F. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Muatan Matematika Dengan Model Peta di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 13–23. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2157

Nadia, R., Musriandi, R., Aryani, I., Anzora, & Rahmi. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 9(1), 517–528. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.4516

Nggeo, J. P., & Saingo, Y. A. (2024). Signifikansi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kerja Sama. Jurnal Pendidikan Non-Formal, 1(4), 1–12.

Nilayanti, P. ., Suastra, I. ., & Gunamantha, I. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 31–40.

Nisvia, R., & Pratiwi, D. A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL MARS DAN MEDIA BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN BENUA ANYAR 8 BANJARMASIN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17517

Nizatullayla, & Fauzi, Z. A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Menggunakan Model Problem Based Learning Dibantu Dengan Model Dnmp Serta Permainan Ular Tangga Di Kelas IV SDN Kelayan Selatan 8. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 01(02), 315–323.

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., Prihandoko, Y., Ayuni, H., & Putri, T. A. S. (2023). Development of HOTs-Based Teaching Materials, Multiple Intelligence, and Baimbai Wood Characters for River-Bank Elementary Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 94–107. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.302

Normaya, D. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir KritisMenggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning DanPendekatan Tpack Pada Muatan IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 652–659. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Nurahayu, H. (2024). Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Tata Akbar.

Nurfauziah, A., Ro’fatul Awaliah, I., Muhammad Nizar S, A., Fauzan, F. A., & Mahfudin, D. (2023). Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Suatu Kajian Lteratur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 349.

Prastitasari, H., Jumadi, J., Marhamah, E., Purwanti, R., & Sari, R. (2022). Penggunaan Model Pairing Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 276. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8763

Pratiwi, D. A. (2021). Perencanaan Pembelajaran SD. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Putra, M. H. A., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2025). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.642

Putri, T. A. S., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Peta Pintar Pada Siswa Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 287–309. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2632

Putriani, J., & Pratiwi, D. A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV Menggunakan Model Patriot di SDN Bluru 2. Journal on Teacher Education, 5(1), 523–531.

Rahman, M. M., & Agusta, A. R. (2023). Meningkatkan Motivasi Dan Kreativitas Siswa Menggunakan Model Pandora Pada Kelas IV di SDN Puntik Dalam. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 915–928. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Rahmat, M. N. (2024). Pemanfaatan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) untuk Mengasah Kreativitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Pemrograman. 7(3), 17–22.

Risda, & Pratiwi, D. A. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL MAGIC DENGAN PERMAINAN CITIZENSHIP MATCH MASTERSDN TELUK DALAM 1. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17180

Sholihan, Rusmayani, N. G. A. L., Udil, P. A., Shalehati, N. A., Hafizi, M. Z., Yuliani, & Aran, A. M. (2024). Evaluasi Pembelajaran. Cedekia Publisher.

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Sitompul, E., & Pratiwi, D. A. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA MENGGUNAKAN MODEL SPIRIT DAN MEDIA TTS DI SDN 3 PALAM BANJARBARU. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17274

Sofiarini, A., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebijakan dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 724–732. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.668

Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 93–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2888

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Sukmagati, P. O., Yulianti, D., & Sugianto. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Unnes PhysicsEducation Journal, 9(1), 19–26.

Sulastri, E., Supeno, S., & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5883–5890. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3400

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Syarifah, & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Bakayuh Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(01), 224–231.

Veirissa, A. H. (2021). Kualitas guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4, 267–272. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/861

Vistara, M. F., Asikin, M., Ardiansyah, A. S., & Pudjiastut, E. (2022). Problem Based Learning Berorientasi STEAM Context terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 5, 451–460. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54564

Widiastuti, F., & Rahmah, S. (2023). Matematika dan Berpikir Kritis di Era Global. Gunung Djati Conference Series, 32, 52–60. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1993/1420

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya. PT. Elex Media Komputindo.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365

Yowelna, T. (2023). Pembelajaran Interaktif Berbantu Nearpod: Membangun Kemandirian dan Kecakapan Belajar Siswa. Academia Publication.

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096

Zaini, N. (2021). Menjadi Guru Yang Kreatif dan Inovatif. Center for Open Science, 1–6.

Zefri, M., & Jannah, F. (2024). Increasing Student Activities and Learning Outcomes in Mathematics Learning Using the PINTAR Model in Banjarmasin City Elementary Schools. Journal Of Foreign Language Learning and Teaching, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.23971/jfllt.v4i1.8652

Zulherman, Z., Arifudin, R., & Pratiwi, M. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectuality, Repetition (AIR) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1267–1266. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.546

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>