INTEGRASI MEANINGFUL LEARNING DAN JOYFUL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA

Authors

  • Sukma Eka Wijaya Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia
  • Nelson Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia
  • Dina Hajja Ristianti Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31395

Keywords:

Joyful Learning, Kemampuan Berpikir Divergen, Meaningful Learning, Pembelajaran PAI, SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendekatan Meaningful Learning dan Joyful Learning terhadap kemampuan berpikir Divergen siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 6 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei korelasional. Data diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan korelasi Pearson dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Meaningful Learning maupun Joyful Learning secara parsial dan simultan memiliki hubungan yang positif, kuat, dan signifikan terhadap kemampuan berpikir Divergen siswa. Nilai koefisien korelasi antara Meaningful Learning dan kemampuan berpikir Divergen sebesar 0,646, sedangkan Joyful Learning sebesar 0,635. Secara simultan, kedua pendekatan pembelajaran tersebut memiliki nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,721 dan R² sebesar 0,520, yang berarti 52% variasi kemampuan berpikir Divergen dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas tersebut. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan efektif dalam mendorong kreativitas dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam konteks pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Affandi, G. R., Hadi, C., N, N. A. F., Megawati, F., Laili, N., & Rohmah, N. M. (n.d.). Joyful Learning & Media Pembelajaran Teori dan Penerapannya Pada Konteks Pendidikan (Cetakan Pe; M. Alfian, ed.). Sidoarjo, Jawa Timur: UMSIDA PRESS Jl,.

Herwiana, S., Laili, E. N., Fajarina, M., & Ma’rifatulloh, S. (2019). Joyful Learning in teaching english as foreign language (Cetakan Pe). Jombang, Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Buku Strategi Pembelajaran. In A. R. Sophe (Ed.), Edu Pustaka (Cetakan pe). Cipayung, Jakarta Timur.

Sutikno, M. S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran (P. Hadisaputra, ed.). Lombok: Holistica.

Jurnal :

Azizah, N., Jariyah, A., Arianti, W., & H., N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas Vii-I Smpn 1 Kedungwaru Tulungagung. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.398

Harefa, A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Ausubel Dalam Meningkatkan Daya Serap Murid Pada Pelajaran Matematika Di Sd Negeri 071158 Tuhenakhe. Warta Dharmawangsa, 14(4), 730–739. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.902

Haryanto. (2006). Pengembangan Cara Berpikir Divergen-Konvergen Sebagai Isu Kritis Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1), 1–12.

Hasyim, A., Basyari, M. M. A., Ernawati, A. S., Puswanti, N., & Abdullah, F. D. (2025). Pendidikan Islam Di Era Society 5.0: Perspektif Nurcholish Madjid Dalam Dinamika Kontemporer. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 305-320.

Heru Setiawan, E., Setiabudi Wiwoho, B., & Abubakar SMAN, S. (2023). Upaya Peningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik SMAN 2 Batu Mata Pelajaran Geografi Melalui PBL Dipadu Diferensiasi Konten. Jurnal Tinta, 5(2), 136–145.

Leonid Dorfman, & Vera Gassimova. (2017). A Variation Account of Divergent Thinking. Journal of Literature and Art Studies, 7(8), 1039–1053. https://doi.org/10.17265/2159-5836/2017.08.013

Novak, J. D. (2002). Meaningful Learning: The Essential Factor for Conceptual Change in Limited or Inappropriate Propositional Hierarchies Leading to Empowerment of Learners. Science Education, 86(4), 548–571.

Saragih, N. D. (2021). Menyiapkan Pendidikan dalam Pembelejaran di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(3), 1–9.

Wang, Y., & Hou, Q. (2018). Insight or Originality: A Spray in the River of Creative Thinking. OALib, 05(09), 1–6. https://doi.org/10.4236/oalib.1104847

Ang, Y., & Hou, Q. (2018). Insight or Originality: A Spray in the River of Creative Thinking. OALib, 05(09), 1–6. https://doi.org/10.4236/oalib.1104847

Waterworth, P. (2020). Creating Joyful Learning within a Democratic Classroom. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 3(2), 109. https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i2.7841

Widowati, A. (2008). Impoving the Divergent Thinking Skill Using the Modified free Inquiry Approach To Teaching Science. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1, 118–127.

Wiwi Isnaeni, Vera Anggitasari, S. M. E. S. (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Divergent Thinking Terhadap Kreativitas Siswa. Journal Og Biology Education, 1(2), 166–173.

Yahya, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Meaningfull Instructional Design Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 10–19.

Yanuar, N. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Divergen Melalui Metode Mind Map Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 5(1), 9–16.

Yuni Setiawati, N. S. (2024). Implementasi Pendekatan Joyful Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 3 Banjarangsana. Jurnal Pendas Mahakam, 9(September), 143–150.

Downloads

Published

2025-08-07