MODEL PINTAR BERBANTUAN MEDIA TEKATECH
Solusi Inovatif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkolaborasi Siswa Kelas IV SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31340Keywords:
Critical Thingking Skills, Collaboration Skills ,PINTAR, TEKATECHAbstract
The research problem is the low critical thinking and collaboration skills of students, which are caused by one-way learning and monotonous teaching methods. The effort to address this issue involves using the PINTAR model and TEKATECH media. The objective of the research is to analyze the activities, critical thinking skills, and collaboration among students. This study employs Classroom Action Research (CAR). The subjects of the research are fourth-grade students from SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. The study utilizes both qualitative and quantitative approaches. The results indicate that the teacher's activity from meetings 1 to 4 improved from a good qualification to very good. The critical thinking skills of students from meetings 1 to 4 increased from a qualification of very few skilled students to almost all students being very skilled. The collaboration skills of students from meetings 1 to 4 also improved from a qualification of very few skilled students to almost all students being very skilled. Based on these findings, it is concluded that the PINTAR model and TEKATECH media are recommended as alternative models for enhancing critical thinking and collaboration skills, as well as the quality of learning.
Downloads
References
Abidin, M. I., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin. JTTP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 281–288. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index
Adriliyani, P. A., Dantes, N., & Jayanta, I. N. L. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Model Make A Match Berbasis Lingkungan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 181–191. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25035
Alpiyatul, G., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas V SDN Nusa Indah 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(01), 227–234.
Andini, M., Ramdhani, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2298–2305. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.637
Aslamiah, Noorhapizah, Madina, R., & Rafianti, W. R. (2024). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model PBL , NHT dan Make A Match di Kelas V Sekolah Dasar untuk menyelidiki lingkungan , memecah. 11(3), 473–484.
Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media Tts Pada Kelas Iv Sdn Terantang 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 01(02), 96–108. http://dx.doi.org/10.xxxxx.
Barlian, B., Rafianti, W. R., Rini, T. P. W., & Noorhapizah, N. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT dan Make A Match di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 533–546. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i3.77091
Bormayanti, H., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V terhadap Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL, Talking Stick dan Scramble. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 443–449. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.616
Dihyatul Qalbi, M., Riandy Agusta, A., Jannah, F., Rafianti, W. R., Guru, P., Dasar, S., Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan kerjasama, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL dan Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Konseling (JPDSK), 02(4), 1277–1285. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Hartati, Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa Menggunakan Model INSIDE dan Media Hologram Pada Muatan IPAS Kelas V di SDN Murung Raya 4 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(4), 954–963. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i4.2336
Hayati, L. M., & Noorhafizah. (2024). Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Bhinneka Di Kelas V SDN Murung Raya 4 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 890–897.
Ibermarza, Kurniawan, S., & Yunita, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Scramble. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 145–159. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.586
Inayah, N., Aslamiah, Cinantya, C., & Amelia, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan HasilBelajar Menggunakan Model BestariPada Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 156–169.
Muhazir, M., & Amelia, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Siklus Air Menggunakan Model Baiman Siswa Kelas V …. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan …, 02(01), 1–15. https://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/34
Nasution, M. F., & Radiansyah. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Kombinasi Model PBL, TGT dan Pendekatan TPACK. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 1090–1097. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/187%0Ahttps://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/download/187/187
Noorhapizah, & Hayati, G. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas V SDN Nusa Indah 1 Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 02(01), 227–234.
Noorhapizah, & Khatimah, H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Pantas DI SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(2), 189–194.
Puspitasari, E. S., Rufaidah, D., Astari, I., & Nafisah, H. (2024). Implementasi problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa SMP. 2(2), 86–97.
Putri, R. F., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model CANGKAL di SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin. 2(2), 642–650.
Radiansyah, Jannah, F., Sari, R., Hartini, Y., Amelia, R., & Fahlevi, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal Hots ( Higher Order Thinking Skill ) Sebagai Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 372–380.
Rafianti, W. R., Elwy, M., & Noor, A. (2024). `Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PJBL, Guided Inkury dan Dicovery Learning Pada Kelas III SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(1), 186–191.
Rafianti, W. R., & Ismi, S. A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Kombinasi Model Dari Problem Based Learning (PBL), Student Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT) Pada Kelas V SDN Sungai Gampa Asahi Rantau. Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 313–320. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Rafianti, W. R., & Maulana, J. R. (2022). Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model INTAN di Kelas V SDN Labat Muara. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.116907
Rafianti, W. R., & Norhafizah. (2025). Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah Matematika. 2(1), 514–523.
Rafianti, W. R., & Rezkia, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran PBL, Inkuiri, dan NHT Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Peml Belajaran, 02(01), 192–197.
Rafianti, W. R., & Syauqi, M. O. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Prima Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 3. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1197. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/570%0Ahttps://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/download/570/521
Rahmah, S., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Analisis Literature Review : Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2290–2297. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.633
Rahmawati, & Aslamiah. (2023). Implementasi Model Pintar Untuk Meningkatkan Aktivitas , Keterampilan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar Abstrak : Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 01(02), 71–80.
Rizky, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ide Pokok Menggunakan Model Cangkal Di Kelas III SDN Melayu 2 Banjarmasin. 15(1), 37–48.
Rosydah, L., Ahmad Fauzi, Z., & Hasanah, A. (2025). Implementasi Model PBL Di Kelas V SDN Teluk Tiram 6 Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi. 7(1), 22–30. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.1662
Suriansyah, A., & Asyifa, M. D. N. (2024). Meningkatkan Mengembangkan Motorik Halus Menggunakan Model Project Based Learning, Direct Instruction dan Media Puzzle pada Anak Usia Dini. Gawi: Journal of Action Research, 4(2), 48–54. https://doi.org/10.59329/gawi.v4i2.174
Suriansyah, A., Rafianti, W. R., & Hafizhah. (2025). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pendidikan di Sekolah Dasar. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 94–101. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.649
Suriansyah, A., Rafianti, W. R., & Malanita, E. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar : Literatur Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 5(1), 15–21. https://doi.org/10.52562/biochephy.v5i1.1415
Suriansyah, A., Rafianti, W. R., & Putra, M. H. A. (2025). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.642
Syarifudin, A., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2306–2318. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.638
Triana, A., & Amelia, R. (2024). Increase Activities, Critical Thinking and Collaboration Skills Using a Combination of Meratus Model in the Grade V of Elementary School. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 02(01), 1–17. https://doi.org/
Wahyudi, G. F., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Analisis Efektivitas Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2270–2278. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.576
Widyatmoko, S., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Literature Riview: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2146–2154. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.580
Yubi, Ta’rifudin, M., & Farhurohman, O. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran di SD / MI. 1.
Yuni Lestari, T., Suyoto, & Ngazizah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 2746–1211. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















