EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE BERBANTUAN MEDIA SALOOCARS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR: SEBUAH RISET LESSON STUDY

Authors

  • Chitra Rubi'ah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aprilia Eki Saputri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sui Lin Goei Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Heryanto Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31251

Keywords:

keterampilan berbicara, metode active debate, lesson study, media saloocars

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih kurang terampil untuk berbicara di depan kelas, sehingga mempengaruhi cara mereka menggunakan gestur, pelafalan, dan pengolahan kata saat berbicara. Berdasarkan permasalahan tersebut diberikan perlakuan berupa metode debat aktif berbantuan media saloocars dengan proses Lesson Study . Penelitian ini adalah pendekatan metode campuran dengan deskriptif kualitatif dan praeksperimen one group pretest-postest yang dilakukan dalam dua siklus Lesson Study . Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pretest pada siklus 1 nilai minimum yang diperoleh peserta didik adalah 9 dan nilai maksimumnya adalah 24 dengan nilai rata - rata adalah 14.29. Nilai ini meningkat pada siklus 2 yaitu nilai minimum yang diperoleh adalah 20 dan nilai maksimum 36 dengan nilai rata - rata 30.21. Berdasarkan pengujian n-gain siklus 1 mendapatkan nilai rata - rata 0,31 termasuk dalam kategori keefektifan sedang, lalu nilai rata - rata n-gain pada siklus 2 meningkat menjadi 0,73 termasuk dalam keefektifan tinggi. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan metode debat aktif berbantuan media saloocars dengan Lesson Study efektif untuk meningkatkan keterampilan peserta berbicara didik kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Adriani, S., Safrizal, & Gustina. (2023). Faktor penyebab rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II (Studi kasus SDN X Cubadak). Jurnal PGMI UNIGA (JPU), 2(1), 28–41.

2. Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

3. Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Peserta didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495

4. Cerbin, Bill dan Kopp, Bryan. 2005a. Lesson Study for College Teachers: An Online Guide. (online) http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/intro.htm. Diakses 19 September 2007.

5. Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

6. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

7. Yani, D., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.56393/melior.v3i1.1555

8. Husna, A. R. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas IV SDN 1 Sripendowo Ketapang Lampung Selatan Dalam Pembelajaran Tematik. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol.2(No.1), 1–163. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54417

9. Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

10. Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346

11. Ismawati, Esti. (2012). Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.

12. Isma Imelda, M., Sari Ramdhani, I., Enawar, E., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas Iv Sdn Kampung Melayu 4 Kabupaten Tangerang. Berajah Journal, 1(3), 180–186. https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.41

13. Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Peserta didik Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2940

14. Mahardika, A., & Wulandari, S. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran active debate terhadap hasil belajar dan keterampilan berbicara pada KD Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan kelas XI OTKP di SMKN 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 1–12.

15. Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Peserta didik Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.412

16. Yaum, L. A. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Lesson Study Dalam Mengidentifikasi Dan Mengasesmen Abk Pada Pada Setting Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Oleh Guru Paud Di Kab. Jember. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 70. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.897

Downloads

Published

2025-08-20