UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BALOK HURUF DI TK DHARMA WANITA

Authors

  • Husaiwati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ianatuz Zahro Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Trio Suwargono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31220

Keywords:

early childhood education; pre-writing; letter blocks

Abstract

This study focuses on efforts to improve the pre-writing skills of children aged 5-6 years through letter blocks media at Dharma Wanita Kindergarten. The problem faced is the low pre-writing skills in children, which is seen from their difficulties in recognizing letters and positioning their fingers when writing. This can hinder children's literacy development in the future. The general objective of this study is to determine children's pre-writing skills. While the specific objectives include; To improve letter recognition in children through letter blocks media and to Create a fun and interactive learning atmosphere. The research method used is Classroom Action Research (CAR), which involves observation and interviews to collect initial data. This research will be conducted in several cycles, where each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The use of letter blocks media is expected to make children more active and involved in the learning process. The output of this study is expected to be an increase in children's pre-writing skills, which can be measured through indicators such as the ability to hold writing tools, make meaningful scribbles, and write names in capital letters. In addition, this research is also expected to provide a positive contribution to the development of learning methods in Early Childhood Education (PAUD).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidilafitri, d., dyas fitriani, a., & kosasih, a. (2023). Pedadidaktika: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar meningkatkan kemampuan membaca cerita melalui media pop up book mata pelajaran bahasa indonesia kelas 1 sekolah dasar. In all rights reserved (vol. 10, issue 3). Http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Dan sifat-sifatnya, c., & iii metedologi penelitian lokasi dan subjek penelitian, b. A. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode problem solving pada konsep.

Elenora debo, m., dua dhiu, k., kurnia juita, a., & guru pendidikan anak usia dini stkip citra bakti, p. (n.d.). Jurnal citra pendidikan anak pengembangan media balok huruf untuk aspek literasi mengenal huruf anak usia dini kelompok a. Https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcpa

Fakultas, m., dan, t., program, k., pendidikan, s., anak, i., dini, u., tarbiyah, f., & keguruan, d. (n.d.). Pengaruh pengunaan media looseparts terhadap kemampuan menggunakan teknologi sederhana di tk teuku nyak arief banda aceh karya ilmiah diajukan oleh.

Juliati, a. D. (2014). Peningkatan motivasi menulis anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media komik. In jurnal ilmiah visi p2tk paudni (vol. 9, issue 2).

Kusumawati, a., & sunaria, d. (n.d.). Peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak usia 5-6 tahun melalui permainan plastisin (penelitian tindakan kelas di taman kanak-kanak al-faruqiyah cipondoh tangerang).

Naumi alawiyah, s., yuda octa firandi, v., naiheli, a., melawi jln rsud melawi km, s., & nanga pinoh kab melawi, k. (n.d.). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun melalui media papan huruf dan tutup botol hias.

Oleh, s. (n.d.). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal anak melalui permainan edukatif balok huruf di paud nurul huda kabupaten banjar.

Penelitian tindakan kelas_andi_v.2.0_b5_full. (n.d.).

Penerapan media pembelajaran interaktif balok dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa kelas 1 min 9 kota banda aceh. (n.d.-a).

Penerapan media pembelajaran interaktif balok dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa kelas 1 min 9 kota banda aceh. (n.d.-b).

Pengaruh media balok huruf terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di ra plus jâ-alhaq kota bengkulu. (n.d.).

Pengaruh media flashcard dan balok huruf terhadap. (n.d.).

Peningkatan keterampilan pra menulis anak usia 4-5 tahun melalui bahan serbuk kayu di tk aba tanjungsari skripsi. (n.d.).

Pernyataan keaslian tulisan. (n.d.).

Rahmawati, a., fakhruddiana, f., retnowati, s., profesi guru, p., dahlan, a., profesi, p., fakultas, g., & dan, k. (n.d.). Analisis balok huruf terhadap peningkatan mengenal simbol baca (vol. 1, issue 1).

Septiana rahayuningsih, s., danny soesilo, t., kurniawan, m., keguruan dan ilmu pendidikan, f., & kristen satya wacana, u. (n.d.). Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain dengan media kotak pintar.

Setyaningrum, h., & innihayatus sa, h. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan pra menulis menggunakan media yang bervariasi di tk tunas pertiwi (vol. 3, issue 1).

Skripsi kemampuan pra menulis melalui latihan kolase pada murid cerebral palsy kelas ii di slb negeri 2 jeneponto serliyanti. (n.d.).s_paud_1010063_chapter2. (n.d.).

Syaputri, a. A., rezki said, m., nurbani, r. R., safitri, t. R., & widjayatri, r. D. (2023). Mengembangkan keterampilan pra menulis untuk anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan messy play. Https://ejournal.upi.edu/index.php/infantia

Downloads

Published

2025-08-17