PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (PLOTAGON) DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD N 1 BINANGUN

Authors

  • Nawang Ayu Widyo Retno Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Universitas PGRI Semarang
  • Siti Patonah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31189

Keywords:

pbl, media pembelajaran interaktif, ipas

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kecenderungan penggunaan metode pembelajaran konvesional dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPAS, sehingga peserta didik merasa bosan karena kurang variasi dan interaksi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan multimedia interaktif (plotagon) dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 1 Binangun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental dengan desain penelitian one shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 14 siswa. Intrumen penelitian adalah lembar observasi, pretest, posttest, dan dokumentasi. Uji validitas soal menggunakan bantuan Microsoft excel 2010. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro wilk dengan bantuan IBM Versi 23. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dua sampel dependen (paired sample test) berbantuan IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest yang digunakan untuk mengukur hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t sig menunjukan jika nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, dari hasil tersebut terdapat selisih nilai pretest dan posttest yang menunjukan perbedaan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif (Plotagon) dalam pembelajaran IPAS berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 1 Binangun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

Diki Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483

Hasanah, A., Amelia, C. R., Salsabila, H., Agustin, R. D., Setyawati, R. C., Elifas, L., & Marini, A. (2023). Pengintegrasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran ipas: Upaya memaksimalkan pemahaman siswa tentang budaya lokal. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Insiyah, L. W., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Plotagon Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14000

Maghfiroh, L., Juniarso, T., & Hanindita, A. W. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI RANTAI MAKANAN SISWA KELAS V SD. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 3978–3993.

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Saputra, A. K. (2021). Kualitas Pendidikan di Indonesia. Universitas Andalas, 2130004, 2.

Saragih, E. M., Sirait, S., Aprilia, C., Nurhaliza, S., & Aminah, S. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBL ) BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON. 1, 102–108.

Zulfa, T., Tursinawati, & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. BASICEDU, 7(4), 2098–2107.

Downloads

Published

2025-08-10