PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PESISIR SELATAN

Authors

  • Melly Mariana Universitas negeri padang
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang
  • Zulminiati Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ismet Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31107

Keywords:

Quizizz Paper Mode; Counting Ability; Early Childhood

Abstract

Studi ini dimulai dari masalah kurangnya kemampuan berhitung anak-anak dan sedikitnya variasi media pembelajaran yang ada, yang mengakibatkan anak merasa cepat bosan saat belajar konsep berhitung. Untuk mengatasi hal ini, digunakan media Quizizz Paper Mode sebagai pilihan alternatif yang dapat menyajikan pengalaman belajar yang lebih mengasyikkan serta memikat anak-anak. Studi ini bertujuan untuk melihat dampak pemanfaatan media Quizizz Paper Mode terhadap kemajuan dalam keterampilan menghitung pada anak-anak yang bersekolah di TK N Pembina Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan numerik melalui metode eksperimental yang hampir benar. Pemilihan sampel untuk penelitian dilakukan dengan cara seleksi khusus, yaitu dengan membentuk dua kelompok, kelas B1 sebagai kelompok yang di uji dan kelas B7 sebagai kelompok yang tidak di uji, masing-masing terdiri dari 13 anak. Data diperoleh melalui tes lisan dan tes praktik, serta alat ukur berupa lembar pernyataan. Data menggunakan uji yang dipelajari untuk Memeriksa apakah data normal, serupa dan uji t menggunakan perangkat lunak SPSS versi 30. 0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata untuk kelompok pre-tes sebelum percobaan kelompok eksperimen yaitu sebesar 14,23 kemudian meningkat menjadi 19,31 setelah post-test. Di sisi lain, kelompok kontrol mengalami peningkatan dari 9,34 menjadi 13,92. Selisih peningkatan dalam kelompok yang mendapatkan perlakuan khusus mendapat skor sebesar 5,08 poin, skor ini lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan khusus yang hanya mendapatkan skor 4,58 poin. Skor signifikansi yang diperoleh adalah 0,001.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik, M. 2017. Pembelajaran Berhitung Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arifin, Z. 2018. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2):112–120.

Ayunda, N. 2019. “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Batubara, Lailatussifah, Syahrul Ismet, and Serli Marlina. 2019. “Pengaruh Media Spindle Boxes Terhadap Kemampuan Berhitung Anak the Effect of Spindle Boxes Media on the Ability To Counting Children.” Jurnal Ilmiah PESONA PAUD 6(2):68–79.

Hartati, S. 2019. “Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.” Bandung: Alfabeta.

Hazizah, N. 2018. “Pandangan Masyarakat Terhadap Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 3(1):45–53.

Khan, A. 2016. “Learning Mathematics through Play: A Developmental Perspective.” Early Childhood Education Journal 44(4):261–270. doi: https://doi.org/10.1007/s10643-015-0717-2.

Maisarah, L. 2019. “Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Konkret.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):55–61. doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.123.

Malik, Nur’aini, and Serli Marlina. 2020. “Peningkatan Kemampuan Matematika Melalui Aritmatika Di Taman Kanak-Kanak.” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 3(2):22–27.

Marlina, R. 2017. “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Aspek Berhitung.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak 2(1):23–29.

Ramli, Citra Pratiwi, and Zulminiati Zulminiati. 2021. “Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Di Tk Pertiwi Iv Talawi.” Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini 18(2):117–23. doi: 10.17509/edukids.v18i2.33951.

Safitri, N. 2023. Novasi Media Pembelajaran Melalui Quizizz Paper Mode Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Cipta Media Edukasi.

Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wulandari, R. 2021. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 12(2)(45–46).

Yuliasih, Sya’aroh, and Mira Mayasarokh. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Congklak.” Jurnal Pelita PAUD 8(1):97–105. doi: 10.33222/pelitapaud.v8i1.3232.

Zulminiati. 2013. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zulminiati. 2023. Strategi Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Padang: CV. Laksana Ilmu.

Downloads

Published

2025-08-07