PERANCANGAN GAME PEMBELAJARAN KUIS EDUGAMES MATEMATIKA PADA TK ISLAM AN – NUR BERBASIS CONSTRUCT 2
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31104Keywords:
Game edukasi, Matematika anak, kuis interaktif, Construct 2, pembelajaran visualAbstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi matematika yang menarik dan interaktif bagi anak-anak usia dini. Permainan ini dirancang agar anak-anak dapat belajar dasar-dasar operasi matematika seperti penjumlahan dan pengurangan melalui pendekatan visual yang menyenangkan. Pengembangan game dilakukan menggunakan software Construct 2, yang meungkinkan pembuatan game dua dimensi berbasis HTML5 tanpa perlu pemograman tingkat lanjut. Dalam game ini , soal- soal matematika disajikan dalam bentuk kuis bergambar, menggunakan ilustrasi buah-buahan sebagai media visual memperjelas konsep angka. Metode yang digunakan dalam pengembangan game ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Setiap tahap dilakukan secara bertahap untuk memastikan game berjalan dengan baik dan sesuai kebutuhan pengguna. Hasil pengujian terhadap sejumlah anak usia dini menunjukan bahwa mereka merasa tertarik dan senang saat memainkan game. Selain itu, game ini juga membantu mereka lebih mudah memahami konsep dasar matematika karena disajikan dalam bentuk visual dan permainan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game kuis edukasi matematika berbasis Construct 2 ini mampu menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, serta diharapkan dapat meningkatkan minat ataupun semangat dalam belajar matematika.Downloads
References
Mulki, A. F., & Anshori, I. F. (2024). Game edukasi tempat tinggal hewan untuk anak usia dini menggunakan Construct 2. EProsiding Teknik Informatika ARS University.
Asy’ari, T., & Rahimah, D. (2024). Game Edukasi Matematika Menggunakan Construct 2. Jurnal Teknologi Informasi Pendidikan.
Hidayah, N. (2024). Desain Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini.
Hasanah, R. (2023). Pengaruh Media Visual terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Pradhana, A., & Harmini, H. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Construct 2. Prosiding Informatika.
Adiwijaya, M., S, K. I., & Christyono, Y. (2015). Perancangan Game Edukasi
Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2.
Transient, 4(1), 128–133.
Afifah, V., & Setyantoro, D. (2021). Rancangan Sistem Pemilihan dan Penetapan Harga dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Logistik Berbasis Web.
Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 108–117.
Angela, W., & Gani, A. (2016). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Web Dan Android Menggunakan Adobe Flash Cs5 Dan Action Script 3.0. IJIS Indonesian Journal On Information System, 1(2), 78.
Clements, D. H., & Sarama, J. (2009). Learning and Teaching Early Math. Routledge.
Djaali & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. Pearson.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Montague, M., & Applegate, B. (2000). Early Mathematics Instruction: Perspectives and Practices. Routledge.
Munir. (2012). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
NAEYC. (2002). Early Childhood Mathematics: Promoting Good Beginnings. Washington DC.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.
Papalia, D. E., et al. (2008). Human Development. McGraw-Hill.
Prensky, M. (2001). Digital Game-Based Learning. McGraw-Hill.
Purnama, Y. (2018). Panduan Membuat Game Edukasi dengan Construct 2. Yogyakarta: Andi.
Santrock, J. W. (2011). Child Development. Jakarta: Erlangga.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Susanti, R. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Matematika Berbasis Construct 2. Jurnal Pendidikan Informatika.
Wibowo, A. (2019). Pengembangan Game Interaktif sebagai Media Pembelajaran Berbasis Construct 2. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer.
Istikomah, L. (2019) Pengembangan game edukasi matematika berbasis android menggunakan Consruct 2. tesis. Universitas Pendidikan indonesia.
Wulandari, E., & Saputra, R. D. (2020). “Pengembangan Game Edukasi Matematika untuk Anak Usia Dini Menggunakan Construct 2.” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 45–53.
Rahayu, D. S. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Matematika Kuis Berbasis Construct 2 untuk Siswa Kelas 1 SD. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya. Prasetyo, A., & Yuliani, S. (2020). “Pembuatan Game Edukasi Matematika Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Construct 2.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 7(2), 124–131.
Lestari, A. R. (2018). Pengembangan Game Kuis Interaktif Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Construct 2. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan.
Handayani, R., & Susanto, H. (2019). “Game Edukasi Matematika Berbasis Construct 2 untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 88–94.
Safitri, D. A. (2020). Pengembangan Game Edukasi Matematika Kuis dengan Visualisasi Gambar Menggunakan Construct 2. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Yulianto, A., & Rahmat, D. (2021). “Penerapan Game Edukasi Matematika Berbasis Construct 2 untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Teknologi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 55–62.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.