PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN K3 ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA KARYAWAN BARU DI PT POU CHEN INDONESIA MENGGUNAKAN UNITY
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.31061Keywords:
Game edukasi, K3, APD, Unity, MDLC, pelatihan karyawan baruAbstract
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek fundamental dalam dunia industri, khususnya dalam lingkungan kerja manufaktur seperti PT Pou Chen Indonesia. Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi bagian penting dalam mencegah kecelakaan kerja, namun penyampaian materi K3 kepada karyawan baru sering kali masih dilakukan secara konvensional dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis Unity sebagai media interaktif untuk mengenalkan jenis-jenis APD secara lebih menarik dan mudah dipahami. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan mampu meningkatkan pemahaman pengguna terhadap materi K3 dan penggunaan APD secara efektif. Aplikasi ini juga dinilai memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, serta dapat digunakan sebagai media pelatihan tambahan dalam program orientasi karyawan baru.Downloads
References
Afifah, V., & Setyantoro, D. (2021). Rancangan Sistem Pemilihan dan Penetapan Harga dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Logistik Berbasis Web.
Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 108–117.
Atmojo, S. E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Bervisi Sets Dengan Metode Discovery Learning Untuk Menanamkan Nilai Bagi Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01), 8–20. https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.321
Azwega, K., Brata, A. H., & Jonemaro, E. M. A. (2020). Pengembangan Sistem Deteksi God Class dan Brain Class Code Smell. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(11), 3972–3977.
Dwi Agus Kurniawan. (2019). Pengenalan Alat Musik Bambu MenggunakanAugmented Reality 3 Dimensi. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/download/24146/2 3832
Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurnia, I., & Firmansyah, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 13–23. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.78
Nur Hikmah, Herry Wahyono, Herwanto, H., Nuke L Chusna, & Adam Elvandi Yusup. (2023). Pengembangan Aplikasi Deteksi Stunting di Kelurahan Duren Sawit. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 455–462. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i3.2495
Putra, R. R., & Putri, N. A. (2023). Perancangan Ui & Ux Pada Website Kelompok Tani Yang Responsive Terhadap Mobile. Penerbit Tahta Media. Retrieved from http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/155%0Ahttps://tahtamedia
.co.id/index.php/issj/article/download/155/156
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Ummah, M. S. (2019). No Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng- 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciu rbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484
_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wahyuni, S., Tasril, V., & J. Prayoga, J. P. (2022). Desain Aplikasi Game Edukasi Pada Siswa Kelas 2 Sd Negeri 024777 Binjai. Warta Dharmawangsa, 16(4), 758–768. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2431
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.