ANALISIS CAMPUR KODE DALAM DIALOG ANTAR TOKOH PADA SINETRON PREMAN PENSIUN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS DRAMA DI SMP KELAS VII

Authors

  • nurlutvia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Triyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31054

Keywords:

ampur Kode, Pembelajaran Bahasa, dan Video Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena campur kode dalam video pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bagian dari dinamika komunikasi dalam proses belajar mengajar. Campur kode kerap digunakan oleh pendidik sebagai strategi untuk menjembatani pemahaman siswa, terutama dalam konteks penyampaian materi yang mengandung istilah asing atau teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data berupa video pembelajaran Bahasa Indonesia yang tersedia di platform digital. Analisis difokuskan pada bentuk, jenis, dan fungsi campur kode yang muncul selama proses penyampaian materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campur kode tidak hanya membantu memperjelas informasi, tetapi juga meningkatkan daya tarik pembelajaran dan menciptakan interaksi yang lebih cair antara guru dan siswa. Dengan demikian, penggunaan campur kode dalam media pembelajaran dapat menjadi sarana efektif untuk mendukung proses pemahaman bahasa yang lebih kontekstual.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Chaer. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer, A. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer dan Agustina (2010). Sosiolinguistik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Kosasih.E. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Moleong, Lexy. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ni Nyoman dan Putu Dewi (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Pranowo, September (2014). Teori Belajar Bahasa. Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Aktif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rosalina, Sinta. (2019). Modul Sosiolinguistik. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Chaer, A. & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kemendikbud. (2017). Model Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Nababan, P. W. J. (2008). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

D. A. S. Kristina. (2019). “Jenis, Bentuk dan Faktor Penyebab Campur Kode Dalam Perbincangan Pengisi Acara “Ini Talk Show” di NET TV”. Skripsi S-1 pada Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Mariska, C. N., & Amri, Y. K. (2021). “Analisis Penggunaan Campur Kode Pada Media Sosial Shopee: Kajian Sosiolinguistik”. Skripsi S-1 pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Lestari, I. N. (2020). Analisis Campur Kode dalam Media Sosial TikTok sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.

Rahmadani, A. (2019). Campur Kode dalam Dialog Drama Sinetron Anak Jalanan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wulandari, S. (2021). Analisis Bentuk dan Fungsi Campur Kode dalam Video YouTube dan Relevansinya untuk Bahan Ajar SMP. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Abdurrahman, A. (2008) yang berjudul “Sosiolinguistik: Teori, peran, dan fungsinya terhadap kajian bahasa sastra”. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 3(1).

Listyaningrum, L. (2021) yang berjudul “Campur Kode dalam Review Produk Kecantikan oleh Ririe Prams di YouTube”. Caraka, 7(2), 94-103.

Nurjanah, L. P. N., & Mintowati, M. P. (2021) yang berjudul “Alih Kode dan Campur Kode dalam Konten Video Youtube Suhay Salim”. Sapala.Vol.8 Nomor 03 Tahun 2021 hlm. 41—55

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021) yang berjudul “Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring”. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425-436.

Rizkita, G. I. N., & Wirawati, D. (2021) yang berjudul “Campur Kode dalam Youtube Suhay Salim dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Iklan”. Jurnal Idiomatik, 4(1), 16-20.

Yanuarista, R. W., & Savitri, A. D. (2021) yang berjudul “Implementasi Teks Prosedur pada Video Tutorial Memasak dalam Media Sosial Tik Tok”. Bapala. “Vol. 8”. hlm. 99-111.

Sutrisno, H. (2017). "Campur Kode dalam Program Televisi dan Relevansinya sebagai Media Pembelajaran Bahasa". Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2), 100–110.

Ramadani, M. & Yusuf, A. (2020). "Fenomena Campur Kode pada Media Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan Bahasa". Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 65–75.

Anggraeni, D. (2018). "Analisis Sosiolinguistik Campur Kode dalam Dialog Drama TV Lokal". Lingua: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 14(2), 22–30.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. Pemanfaatan Media Sosial TikTok dalam Media Pembelajaran. (Online). Tersedia: https://disdikkbb.org/news/pemanfaatan-media-sosial-tik-tok-dalam-media-pembelajaran/ Diakses (30 Juni 2022)

A. Yusuf. (2022). Teks Ulasan: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Dan Contoh. (Online).Tersedia: https://penerbitbukudeepublish.com/materi/teks-ulasan/ Diakses (30 Juni 2022)

Redcom. (2022). Mempelajari Fakta Menarik Tentang TikTok untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan Milenial. (Online). Tersedia: https://redcomm.co.id/knowledges/mempelajari-fakta-menarik-tentang-tiktok-untuk-meningkatkan-jumlah-pelanggan-milenial?readmore=true Diakses (28 Juli 2022)

Scribd. (2023). Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital (Bab 8). Diakses dari https://id.scribd.com/document/802665989/MANAJEMEN-PENDIDIKAN-ISLAM-DI-ERA-DIGITAL

Kemendikbud RI. (2017). Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SMP Revisi Terbaru. Diakses dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id

Downloads

Published

2025-08-03