MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER WASAKA PADA MUATAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PBL, NHT DAN MAKE A MATCH TERINTEGRASI STEAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31050Keywords:
Critical thinking skills, WASAKA character, Problem Based Learning, Numbered Head Together, Make A Match.Abstract
The problem in this study is the lack of critical thinking skills in the IPAS subject and the low value of the WASAKA (hard work) character during the learning process. The solution to this problem is the use of a combination of Problem Based Learning, Numbered Heads Together, and Make A Match models integrated with the STEAM approach. This study aims to analyze students’ critical thinking skills and WASAKA character through Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. The subjects of this study were 25 fourth-grade elementary school students. The results showed that students' critical thinking skills reached 96% with a very critical category, and the WASAKA character reached 100% with a deeply embedded category.Downloads
References
Aida, N., Annisa, M., Sekolah, P. G.,
Universitas, D., & Mangkurat, L.
(2024). Meningkatkan keterampilan
proses IPA dan karakter WASAKA
menggunakan model Problem Based
Learning, Team Games Tournament
terintegrasi STEM pada siswa kelas
VA SDN Basirih 1 Banjarmasin.
Amalia, R., & Prastitasari, H. (2024).
Meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar peserta didik muatan
matematika menggunakan modelPJP pada peserta didik kelas IV SDN
Teluk Tiram 2.
Annisa, D., & Annisa, M. (2024).
Peningkatan Motivasi dan Karakter
WASAKA Menggunakan Model
Problem Based Learning dan Think
Pair and Share Terintegrasi STEM
Muatan IPA. In Journal of Education
Research (Vol. 5, Issue 3).
Annisa . M., Abrori, F. M., Prasetio, T.,
Prastitasari, H., & Jannah, F.. (2025).
Teacher Perception Related To
WASAKA Characher Implementation.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10
No. 02 (2025)(638–650).
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.236
43
Annisa, M, Asrani, Siti. R., S, Mutia., H,
Laila .N (2022). Mengidentifikasi
lingkungan kesadaran dari Siswa
Sekolah Dasar di Kalimantan
Selatan. 05 Edisi 05 Mei 2022,
15871591.
Annisa, M., Budimansyah, D., Hidayat, M.,
Winarti, A., & Abrori, F. M. (2024).
What Can We Learn From One-To-
One Trials In Instructional Design? A
Case From Module Development.
Research and Development in
Education (RaDEn), 4(2), 816–826.
doi:
https://doi.org/10.22219/raden.v4i2.3
5763.
Annisa, M., Budimansyah, D., Hidayat, M.,
Winarti, A., & Prasetio, T. (2024).
Implementation of STEM-Integrated
Modules and Wasaka Character
Values to Improve Learning
Outcomes. Jurnal Penelitian
Pendidikan IPA, 10(10), 7613–7618.
https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10
.9063 .
Annisa, M., Kosasih, A., & Shofina, N.
(2022). Needs Analysis of Wasaka
Character Assessment Instruments
(Religious & Hard Work) in Learning
in Elementary Schools. International
Journal of Social Science And Human
Research.
https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i5-
19.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi.
(2017). Penelitian Tindakan Kelas
(Suryani.). PT Bumi Aksara.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F.,
Anugraheni, I., & Satya Wacana, K.
(2018). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil
Belajar Matematika Kelas 4.
Azizah, A., & Prastitasari, H. (2024).
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Matematika Siswa dengan
Menggunakan Model PRESTASI.
Jurnal Pendidikan Sosial Dan
Konseling, 02(02), 504–512.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2 .
Bloom, B. S. (2019). Taksonomi Bloom
(Ranah Kongnitif, Afektif, dan
Psikomotor) serta Identifikasi
Permasalahan Pendidikan di
Indonesia.
Firdausi et al. (2021). Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kritis Pada
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
MUDARRISUNA: Media Kajian
Pendidikan Agama Islam, 11(2).
https://doi.org/10.22373/jm.v11i2.800
1.
Handayani & Noorhapizah. (2023).
Meningkatkan Aktivitas Belajar dan
Motivasi Muatan IPS Model
PRINTING Siswa Kelas V SDN
Kelayan Dalam 7 Banjarmasin (Vol.
2, Issue 4).
Hasanah, L. N., & Rini, T. P. W. (2024).
Meningkatkan Keterampilan Berpikir
Kritis Muatan IPA MenggunakanModel Problem Based Learning Pada
Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial
Dan Konseling, 02(3), 884–889.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3 .
Hefny, P. T., & Rini, W. (2023).
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil
Belajar IPA Menggunakan Model
PJBL, SAVI, & NHT Pada Siswa
Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sosial
Dan Konseling, 01(3), 676–683.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
.
Indriyati & Annisa, M. (2024). Kombinasi
model PBL dan Make A Match
terintegrasi STEM untuk
meningkatkan motivasi dan karakter
WASAKA siswa.
Irawati & Tika Puspita Widia Rini. (2023).
Implementasi Model PBL, PAP Dan
MAKE A Match Untuk Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SD.
Jurnal Pendidikan Sosial Dan
Konseling, 01(3), 401–406.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
.
Kamila & Annisa, M. (2024).
Meningkatkan aktivitas, karakter
peduli lingkungan, dan hasil belajar
siswa kelas V menggunakan model
Problem Based Learning dan Make A
Match berbasis STEAM. Jurnal Ilmiah
Keislaman Dan Kemasyarakatan,
24(1), 2024.
Kurniawati. (2019). Penerapan Model
Numbered Heads Together untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar IPA
Dipandang dari Motivasi Siswa
Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar
Nasional PGSD.
M. Miftah Asshadiqy & Herti Prastitasari.
(2024). Implementasi Model
Pembelajaran Betuah Untuk
Meningkatkan Aktivitas Belajar,
Pemecahan Masalah Dan Hasil
Belajar Siswa Pada Muatan
Matematika Di Kelas IIIMi Al-Aman.
Masnia, L. fitriah,Fahmi yahya. (2024).
Pengaruh pembelajaran WASAKA
terhadap hasil belajar FUIDA STATIS
dan karakter kerja keras. Vol.9 No.1.,
129–139.
Mu’minah & Suryaningsih. (2020).
Implementasi STEAM
(Science,Technology, Engineering
Arts and Mathematics) Dalam
Pembelajaran Abad 21. Bio
Education, Volume 5, Nomor 1.
Norhidayah & Prastitasari, H. (2024).
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Muatan Matematika
Menggunakan Kombinasi Model PBL,
GI, dan Talking Stick pada Siswa.
Jurnal Pendidikan Sosial Dan
Konseling, 02(02), 432–443.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T.
(2023). Relevansi Kebijakan
Kurikulum Merdeka Dengan
Pendidikan Abad 21 Pada
Pembelajaran IPS di SD. Jurnal
Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari,
2023(3), 24–35.
https://doi.org/10.5281/zenodo.75944
83.
Oktaviyanti & Fadly. (2023). Analisis
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta
Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk
Hidup dan Benda Tak Hidup. Jurnal
Ilmiah Kependidikan, 10(1), 77–88.
Pradella, M., Puspita, T., & Rini, W.
(2024). Meningkatkan Keterampilan
Berpikir kritis Siswa Dengan
Menggunakan Model Problem Based
Learning Di Kelas V SDN Sungai
Rangas. Jurnal Pendidikan Sosial
Dan Konseling, 02(02), 803–809.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.15
29.Rahmi, R., Annisa, M., Fkip, P., &
Mangkurat, U. L. (2024).
Meningkatkan aktivitas siswa,
motivasi, karakter WASAKA, dan
hasil belajar siswa menggunakan
model Problem Based Learning dan
Children Learning in Science pada
muatan IPA kelas VB SDN Basirih 1
Banjarmasin.
Salsabila & Annisa. (2024). Meningkatkan
Motivasi dan Karakter WASAKA
Menggunakan Model Project Based
Learning danTalking Stick
Terintegrasi STEM Muatan IPA Kelas
VB SDN-SN Sungai Miai 5
Banjarmasin.
Sarah, Z., Annisa, M., Fkip, P., &
Mangkurat, U. L. (2024).
Meningkatkan motivasi dan karakter
WASAKA menggunakan model
Problem Based Learning dan
Numbered Head Together
terintegrasi STEM pada muatan IPA
kelas VB SDN-SN Sungai Miai 5
Banjarmasin.
Sari, N. P., Sulistiyana, S., & Rusandi, M.
A. (2022). Modul Teknik Self-
Instruction untuk Penerapan Nilai
Waja Sampai Kaputing (Wasaka).
Bulletin of Counseling and
Psychotherapy, 4(1), 55–63.
https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.15
8.
Shofina, N., & Annisa, M. (2023).
Kombinasi Problem Based Learning
dan model pembelajaran pemaknaan
untuk meningkatkan hasil belajar dan
karakter WASAKA siswa sekolah
dasar. In Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar (Vol. 1, Issue 1).
Siahaan et.al. (2024). Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a
Match terhadap Hasil Belajar IPAS
Siswa.
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aqu
inas/index.
Suhelayanti et al. (2023). Buku-Referensi-
Pembelajaran-Ilmu-Pengetahuan-
Alam-dan-Sosial-IPAS (2).
Suprapmanto, J., & Zakiyah, S. W. (2024).
Analisis Permasalahan Pembelajaran
IPAS pada Siswa Kelas 4 SD. 6(2),
199–204.
https://belaindika.nusaputra.ac.id/inde
xbelaindika@nusaputra.ac.id.
Utari, A., Amelia, R., Annisa, M., & Kunci,
K. (2024). DIKSEDA: Jurnal
Pendidikan Sekolah Meningkatkan
aktivitas membaca intensif pada
materi menemukan dan
mengidentifikasi informasi
menggunakan model teratai pada
sekolah dasar. Improving intensive
reading activities on finding and
identifying information using the lotus
model in elementary school.
Yanto, N., & Indah Sari, N. (2025). VENN:
Journal of Sustainable Innovation on
Education, Mathematics and Natural
Sciences Exploring Scientific Literacy
in Science Classrooms: A Literature
Study.
https://doi.org/10.53696/venn.v4i3.29
2.
Yuridka, F., & Nazaruddin, N. (2024).
Implementasi Kurikulum Merdeka
dalam era masyarakat 5.0. Jurnal
Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 6(2),
210.
https://doi.org/10.31602/jt.v6i2.16281.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.