Efektivitas Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di SDN 1 Lemahabang

Authors

  • Bunga Hermalia Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Asih wahyuningsih universitas muhammadiyah cirebon
  • Prabawati Nurhabibah universitas muhammadiyah cirebon

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31042

Keywords:

Image media, Beginning reading

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar terhadap siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen (quasi-experimental design) dengan rancangan non-aquivalent control group design. Subjek penelitian ini siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang yang berjumlah 30 siswa.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest sebesar 55%, pada posttest terdapat peningkatan sebesar 72% . Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, N. (2015). Media Gambar dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 6(2), 78-85.

Dewi, M. (2017). Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 34-41.

Iskandar, A. (2019). Pengaruh Media Visual terhadap Kemampuan Membaca Anak di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 75-89.

Jannah, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Gambar terhadap Kemampuan Membaca Siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(4), 189-195.

Ningsih, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 45-59

Nugraha, R., Wulandari, S., & Permatasari, B. D. (2021). Pengaruh penggunaan poster alfabet bergambar terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Jurnal Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 11–21.

Nurhabibah, P., (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Melalui Media Papan Pintar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2568-2576.

Pratama, A. (2021). Media Pembelajaran Gambar dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 112-125.

Putri, D. F., & Setiawan, S. (2022). Penggunaan permainan edukatif berbasis kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 45–53.

Rahmawati, I., & Suryani, N. (2020). Buku bergambar sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat membaca anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 633–640.

Ramadhani, F. (2019). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 66–74.

Sari, W., Putra, N. P., & Wahyuningsih, A. (2024). Pengaruh Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di SDN 1 Kalibuntu. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 3697-3704.

Siti, M. (2018). Efektivitas Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 112-119.

Susanti, L. (2020). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 129–137.

Syamsul, A. (2016). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 203-210.

Wahyuningsih, A. (2024). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN 3 Sumber. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 3715-3722.

Widiastuti, R., Nugraheni, T., & Marini, A. (2023). Pembelajaran membaca berbasis pengalaman nyata bagi siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 101–110.

Wijaya, M., & Asyhar, K. (2020). Penggunaan media interaktif berbasis teknologi dalam pembelajaran membaca permulaan. Jurnal Pendidikan, 21(3), 201–209.

Wulandari, A. (2019). Media Gambar dalam Pembelajaran Membaca untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45-53.

Downloads

Published

2025-08-02

Most read articles by the same author(s)