PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAGAPURA LOR

Authors

  • Sita Diniasih Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Hema Widiawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Novan Hardiyanto Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 1 Jagapura Lor Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan model rancangan One-Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV. Sampel penelitian adalah kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan dokumentasi. Jadi berdasarkan hasil perhitungan pada kemampuan pemahaman konsep matematika menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005 pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat pengaruh antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan tanpa menggunakan model Think Pair Share (TPS). Berdasarkan hasil rata-rata N-Gain pada posttest diperoleh sebesar 0,7363 yang artinya seberapa besar berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 1 Jagapura Lor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Siroj, R., Afgani, W., Fatimah, Septaria, D., Zahira, G., & Salsabila. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11279–11289. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Apriliani, I. T. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Dan Think Pair and Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Peka, 1(2), 33–39. https://doi.org/10.37150/jp.v1i2.1102

Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789

Dorisno, Zulfahmi HB, M.Hum, & Nurbaiti. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsdep Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. E-Journal Al-Awlad Universitas Imam Bonjol Padang Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 169–181.

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar Fajri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Harahap, N. S. R., & Hoiriyah, D. (2024). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap. EDUCOFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101–114.

Hermawan, V., Dede Anggiana, A., & Septianti, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisons (Stad). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(1), 2548–2297. https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.4126

Khoirudin, & Supriyanah. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA KUTABUMI I TANGERANG, BANTEN. Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa), 1(2), 14–22. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3820

Lufiah, Q., Suryani, I., & Larlen. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Media Film Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(2), 25–38.

Mustolih. (2023). Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IX MTsN 4 Cilacap. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 170–179. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

U. Hasanah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321–330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441

Widiawati, H. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Negeri Di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 115–120. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11270

Widiawati, H., Wahyuningsih, A., & Yulianti, I. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Realistik Mathematics Education (Rme) Di Kelas V. Jurnal Education and Development, 10(2), 617–620. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3786%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3786/2466

Widiawati, H., Widyaningsih, S., Cirebon, U. M., Pendidikan, M., & Education, J. (2021). Implikasi Pembelajaran Daring Dalam Masa Covid 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Sekolah. Jurnal Education and Development, 9(4), 587–591. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3241

Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan untuk Siswa Lamban Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367–6377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1728

Downloads

Published

2025-08-05