Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Among Pada Pembelajaran IPS Di MTs NW Pringgabaya

Authors

  • Budiman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Qanisma Ainindri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ashfia Ruhama Universitas Negeri Yogyakarta
  • M. Fathul Hadi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rian Prawijaya Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30967

Keywords:

Metode Among, Guru, Pembelajaran IPS

Abstract

Dalam penelitian ini tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menerapkan metode among pada mata pelajaran IPS, untuk mengetahui hambatan yang di alami guru dalam menerapkan metode among serta solusi dalam mengatasi hambatan dalam menerapkan metode among di MTs NW Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan tiga tekhnik pengumpulan data. Yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data di susun melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan peneliti di lapangan menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan metode among pada mata pelajaran IPS adalah pamong harus mempunyai pendekatan yang besifat kekeluargaan karena siswa dan guru memiliki hubungan yang di bangun atas dasar cinta dan kepercayaan, dan sebagai guru juga harus memberikan contoh yang baik terhadap murid-muridnya, serta memberikan semangat, semangat belajar semangat berbuat baik dan hambatan yang dialami guru dalam menerapkan metode among pada mata pelajaran IPS kurangnya kemapuan guru dalam menggunakan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK), kurangnya minat belajar dan kurangnya dukungan dari orang tua. Serta solusi yang di gunakan dalam mengatasi hambatan tersebut yakni guru perlu pendekatan yang lebih personal dan memahami karakteristik individu peserta didik, guru perlu mempelajari dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK), perlunya dorongan dari guru dan orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dianingsig, D., Nurkhasanah, N., Anisah, R., Harni, H., & Soedjono, S. (2024). Analisis Implikasi Konsep Sistem Among Dan Trikon Pendidikan Ki Hajar Dewantara di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 199–211. https://doi.org/10.38073/JIMPI.V3I2.1661

Efendy, T. (2023). Konsep Sistem Among Dalam Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1231–1242. https://doi.org/10.58344/JMI.V2I6.274

Fajri, S., & Trisuryanti, T. (2021). Gagasan Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Sejak 1922 Sampai dengan 2021. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.15548/THJE.V3I1.2833

Fatmasari, L., & Bahrodin, A. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 3(2), 7–20. https://doi.org/10.38156/PSIKOWIPA.V3I2.85

Fitriyani, C. (2024). Implementasi Sistem Among Dalam Penanaman Karakter Pada Siswa Di Sdn Pundong. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(1). https://doi.org/10.32507/ATTADIB.V8I1.2078

Hartono, H., Makkulau, M., & Samparadja, H. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Guru dalam Menyusun Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 7(1). https://doi.org/10.33772/JPBM.V7I1.25665

Hidayah, S. N., & Handayani, T. (2025). Perkembangan Taman Siswa Sebagai Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di Kota Yogyakarta, 1920-1942. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 9(2), 217–232. https://doi.org/10.14710/ANUVA.9.2.217-232

Idi, A. (2018). Sosiologi Pendidikan; Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Rajawali Pers.

Istianah, A. (2021). Implementasi Metode Among Untuk Meningkatkan Karakter. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 34. https://doi.org/10.31002/KALACAKRA.V2I1.3534

Maharani, F., & Soesanto, R. H. (2022). Among System from Ki Hajar Dewantara’s Teaching: Building a Responsive Attitude of Students in Following Online Learning. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(1), 227. https://doi.org/10.33394/JK.V8I1.4290

Mahmudah, I., Fahreza, M. A., & Akhsan, H. (2024). Konsep Sistem Among dalam Membentuk Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1113. https://doi.org/10.35931/AM.V8I3.3539

Miles, B. Mathew, & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIP.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Puspitasari, R. (2013). Psikologi Pendidikan. LP2 STAIN CURUP.

Rahmat, A., Setianti, Y., Astari, A. R. N., & Andaria, A. C. (2024). DASAR-DASAR PENDIDIKAN (1st ed.). Lauk Puyu Press. https://www.researchgate.net/publication/388634451_DASAR-DASAR_PENDIDIKAN

Rahmawati, A. N., Kaswati, A., & Lestari, S. N. (2023). Pendidikan di Sekolah Taman Siswa (1922) dan Relevansinya dengan Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar (2019). MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 537–546. https://doi.org/10.30743/MKD.V7I2.8192

Ramadhani, A. V., Afsarini, A., Tondang, B., Tarisya, D., & Manalu, R. Y. B. (2024). Upaya Mengatasi Problematika Guru dalam Menerapkan Media Pembelajaran di SD Negeri 060863. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/PTK.V1I3.526

Sabir, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar . Quantum Teaching.

Sholihah, D. A. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(2), 115. https://doi.org/10.21927/LITERASI.2021.12(2).115-122

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-09-15