Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan PPT Interaktif pada Materi Sudut

Authors

  • Rendi Khusaini Universitas PGRI Madiun
  • Juan Tito Mahendra Putra Universitas PGRI Madiun
  • Dimas Tri Utama Universitas PGRI Madiun
  • Melik Budiarti Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30935

Keywords:

Teams Games Tournament, Powerpoint interaktif, Hasil belajar, Sudut, Pembelajaran kooperatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatirejo pada materi sudut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint interaktif. Siswa menunjukkan hasil belajar yang buruk, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model Kemmis dan McTaggart, digunakan dalam penelitian ini, yang dilakukan dalam dua siklus. Tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi, dan wawancara terbuka adalah alat yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai rata-rata siswa. Nilai pra-siklus meningkat dari 74 menjadi 77,5 pada siklus I dan 88,5 pada siklus II, dan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 50% menjadi 100%.Model TGT mendorong belajar yang menyenangkan, kompetitif, dan kolaboratif. Sementara itu, melalui visualisasi yang menarik, media PowerPoint interaktif membantu siswa memahami materi yang abstrak. Selain itu, penelitian ini menguatkan teori konstruktivisme sosial Vygotsky dan teori pengkodean ganda Paivio. Teori-teori ini berpendapat bahwa keterlibatan sosial dan penggunaan visual bersama-samadapat meningkatkan hasil belajar. Diharapkan temuan ini akan menjadi dasar untuk penelitian lanjutan tentang aspek non-kognitif dan skala lebih luas, serta menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran baru yang berpusat pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elmahasina, N., Amelia, R., & Rahman, A. (2025). Pentingnya Pendidikan Dasar Bagi Anak Di Indonesia. 2, 1570–1580.

Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR Abstrak PENDAHULUAN Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru

pada suatu lingkungan belajar yang saling bertukar informasi . Keberhasilan suatu pe. 9(2), 279–295.

Krisnawan, I., Nasaruddi, D. M., Fritzy, I. N. Z., Septiadi, & Lindriany, J. (2024). Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Sikap Belajar Siswa Di Sdn 005 Sambaliung. Edunomika, 08(01), 53–54.

Maghfiroh, N., & Rozak Hanafi, I. (2023). Peran Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, 236–244. https://doi.org/10.58561/mindset.v2i1.74

Melindawati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil

Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 55.

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1050

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal

Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

https://journal.uii.ac.id/ajie/article/vie w/971

Oktaviani, A. T., Nisa, Z., Mundiyah, S., & Nahda, K. N. (2021). Metode Pembelajaran yang Tepat Diterapkan pada Siswa dengan Gaya Belajar Visual. Seminar Nasional PGMI(SEMAI), 731– 741.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash

Card untuk Meningkatkan

Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31.

https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.58 7

PRASETYO, A. B., KURNIANTI, E. M., & HASANAH, U. (2024). Analisis

Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan

Siswa Kelas Rendah.PAEDAGOGY :

Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi,

4(2), 118–127.

https://doi.org/10.51878/paedagogy.v 4i2.2914

Suardin, Hamiyani, & Fazila, N. (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa

melalui penerapan model

pembelajaran teams games

tournament (TGT) pada siswa sekolah dasar. Journal Of Social Science

Research, 3(4), 4437–4446.

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関连指标に関する共分散构造分析Title. In Sustainability (Switzerland)

(Vol. 11, Issue 1).

http://scioteca.caf.com/bitstream/han dle/123456789/1091/RED2017-Eng-

8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciur beco.2008.06.005%0Ahttps://www.res earchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_S TRATEGI_MELESTARI

Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal

Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika, 6(1), 859–872.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i

1.1294

Yusuf Hidayat, M., Nenyhindarwaty, A. A., & Nur, F. (2020). Analisis Penentuan

Standar Nilai Kriteria Ketuntasan

Minimal (Kkm) Mata Pelajaran Fisika

Kelas Xi Sman 17 Makassar. Jurnal

Pendidikan Fisika, 8(1), 2355–5785.

http://journal.uin-

alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFi sika

Downloads

Published

2025-08-04

Most read articles by the same author(s)