Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan PPT Interaktif pada Materi Sudut
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30935Keywords:
Teams Games Tournament, Powerpoint interaktif, Hasil belajar, Sudut, Pembelajaran kooperatifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatirejo pada materi sudut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint interaktif. Siswa menunjukkan hasil belajar yang buruk, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model Kemmis dan McTaggart, digunakan dalam penelitian ini, yang dilakukan dalam dua siklus. Tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi, dan wawancara terbuka adalah alat yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai rata-rata siswa. Nilai pra-siklus meningkat dari 74 menjadi 77,5 pada siklus I dan 88,5 pada siklus II, dan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 50% menjadi 100%.Model TGT mendorong belajar yang menyenangkan, kompetitif, dan kolaboratif. Sementara itu, melalui visualisasi yang menarik, media PowerPoint interaktif membantu siswa memahami materi yang abstrak. Selain itu, penelitian ini menguatkan teori konstruktivisme sosial Vygotsky dan teori pengkodean ganda Paivio. Teori-teori ini berpendapat bahwa keterlibatan sosial dan penggunaan visual bersama-samadapat meningkatkan hasil belajar. Diharapkan temuan ini akan menjadi dasar untuk penelitian lanjutan tentang aspek non-kognitif dan skala lebih luas, serta menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran baru yang berpusat pada siswa.Downloads
References
Elmahasina, N., Amelia, R., & Rahman, A. (2025). Pentingnya Pendidikan Dasar Bagi Anak Di Indonesia. 2, 1570–1580.
Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR Abstrak PENDAHULUAN Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru
pada suatu lingkungan belajar yang saling bertukar informasi . Keberhasilan suatu pe. 9(2), 279–295.
Krisnawan, I., Nasaruddi, D. M., Fritzy, I. N. Z., Septiadi, & Lindriany, J. (2024). Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Sikap Belajar Siswa Di Sdn 005 Sambaliung. Edunomika, 08(01), 53–54.
Maghfiroh, N., & Rozak Hanafi, I. (2023). Peran Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, 236–244. https://doi.org/10.58561/mindset.v2i1.74
Melindawati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil
Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 55.
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1050
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal
Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
https://journal.uii.ac.id/ajie/article/vie w/971
Oktaviani, A. T., Nisa, Z., Mundiyah, S., & Nahda, K. N. (2021). Metode Pembelajaran yang Tepat Diterapkan pada Siswa dengan Gaya Belajar Visual. Seminar Nasional PGMI(SEMAI), 731– 741.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash
Card untuk Meningkatkan
Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31.
https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.58 7
PRASETYO, A. B., KURNIANTI, E. M., & HASANAH, U. (2024). Analisis
Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan
Siswa Kelas Rendah.PAEDAGOGY :
Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi,
4(2), 118–127.
https://doi.org/10.51878/paedagogy.v 4i2.2914
Suardin, Hamiyani, & Fazila, N. (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa
melalui penerapan model
pembelajaran teams games
tournament (TGT) pada siswa sekolah dasar. Journal Of Social Science
Research, 3(4), 4437–4446.
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関连指标に関する共分散构造分析Title. In Sustainability (Switzerland)
(Vol. 11, Issue 1).
http://scioteca.caf.com/bitstream/han dle/123456789/1091/RED2017-Eng-
8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciur beco.2008.06.005%0Ahttps://www.res earchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_S TRATEGI_MELESTARI
Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal
Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika, 6(1), 859–872.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i
1.1294
Yusuf Hidayat, M., Nenyhindarwaty, A. A., & Nur, F. (2020). Analisis Penentuan
Standar Nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (Kkm) Mata Pelajaran Fisika
Kelas Xi Sman 17 Makassar. Jurnal
Pendidikan Fisika, 8(1), 2355–5785.
http://journal.uin-
alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFi sika
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.