Pengembangan LKPD Berbasis Think Pair Share (TPS) Materi Bangun Datar Peserta Didik Kelas II SDN 3 Mojosari Tulungagung

Authors

  • Nabilla Amanda Putri Universitas Bhinneka PGRI
  • Frita Devi Asriyanti Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30871

Keywords:

Bangun Datar, LKPD, Think Pair Share

Abstract

Proses pembelajaran yang tidak didukung oleh metode dan bahan ajar yang sesuai dapat menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kesadaran guru dalam menerapkan metode serta pemilihan bahan ajar yang tepat selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penggunaan metode ceramah yang dominan membuat peserta didik kurang fokus dan menunjukkan minimnya antusiasme. Selain itu, kegiatan pembelajaran hanya bergantung pada buku Cerdas Tangkas sebagai satu-satunya sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan dan keterterapan LKPD berbasis model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas II SDN 3 Mojosari Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan lembar observasi keterterapan.Produk yang dihasilkan berupa LKPD materi bangun datar berbasis TPS untuk kelas II, yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid, dengan rata-rata persentase sebesar 95,19% dari ahli media dan 98,07% dari ahli materi. Sementara itu, hasil keterterapan memperoleh persentase sebesar 92%, yang secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKPD berbasis Think Pair Share (TPS) pada materi bangun datar kelas II yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti sangat valid dan sangat baik diterapkan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, R. (2024). Raju anggara

Efektivitas Media Tangram Pada

Pembelajaran Konsep Bangun

Datar Sederhana Meningkatkan

Kreatifitas Belajar Peserta didik

Mata Pelajaran Matematika Kelas

II SDN 01 Kepahiang nim:

20591144.

Anita, Y. (2024). Pengembangan

Lembar Kerja Peserta Didik

(LKPD) Berbasis HOTS Pada

Keterampilan Menulis Tema 2

Dikelas V SDN 10 Kayu Gadang

Kabupaten Pesisir SelatanANNISYA, S. (2022). Pengembangan

LKPD Berbasis Think Pair Share

(TPS) Pada Mata Pelajaran Pai

Dan Budi Pekerti Pada Materi

Berbusana Muslim/Muslimah

Untuk Kelas X SMAN 1 ….

https://repo.iainbatusangkar.ac.id/x

mlui/handle/123456789/26590%0A

https://repo.iainbatusangkar.ac.id/x

mlui/bitstream/handle/123456789/2

6590/1670991407721_PUSTAKA.

pdf?sequence=2&isAllowed=y

Bakara, L., Andinasari, A., &

Astiswijaya, N. (2023).

Pengembangan Media

Pembelajaran Matematika Pop-Up

Book Pada Materi Bangun Datar Di

Smp. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 4(3), 399–407.

https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2

909

Desriva, N., & Relsas Yogica, R. Y.

(2023). Analisis Kebutuhan

Lembar Kerja Peserta Didik

(LKPD) Berbasis Sintaks Think

Pair And Share (TPS) Pada Materi

Sistem Eksresi Untuk Peserta

Didik SMA. Biodik, 9(2), 89–92.

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2

.20119

Karunia, A. F., & Af’idah, N. (2022).

Pengembangan Lkpd Berbasis

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Think Pair Share Pada Materi

Cahaya Dan Optik Kelas Viii.

Karangan: Jurnal Bidang

Kependidikan, Pembelajaran, Dan

Pengembangan, 4(1), 18–22.

https://doi.org/10.55273/karangan.

v4i1.159

Kelas, D., Sumberjo, S. D. N., Efendi,

I., Suryono, G., Asriyanti, F. D., &

Pd, M. (2024). Pengembanganlkpd dengan pendekatan rme (.

09(September), 327–338.

Khajar, D., Dasna, I. W., & Wardati,

D. (2025). PEMANFAATAN LKPD

BERBASIS MODEL KOOPERATIF

THINK PAIR SHARE UNTUK

MELATIH KETERAMPILAN

KOLABORASI PESERTA DIDIK

MATERI SUMBER ENERGI

LISTRIK ALTERNATIF KELAS 9

SMP. 3(2).

https://doi.org/10.17977/um084v3i

22025p348-356

Krisnawati, I., & Dwi Rahmawati, A.

(2020). Bentuk-bentuk Geometri.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

3(1), 28–39.

Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar,

F. (2020). Pengembangan Media

Pop-Up Book Berbasis Contextual

Teaching and Learning Dalam

Pencapaian Kemampuan

Pemecahan Masalah Peserta didik

Smp. AKSIOMA: Jurnal Program

Studi Pendidikan Matematika, 9(1),

1.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.

2543

Pokhrel, S. (2024). Pengembangan

Lembar Kerja Peserta Didik

Berbasis Model Kooperatif Tipe

Think Pair Share (TPS) Pada Mata

Pelajaran Ekonomi., 15(1), 37–48.

Saputro, C. R. (2022). Pengaruh

Model Pembelajaran Think Pair

Share dengan Media Flyer

terhadap Hasil Belajar Menulis

Teks Iklan Peserta didik Kelas VIII

SMPN 5 Jakarta Tahun Pelajaran.

In Institutional Repository UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta (Vol. 1,

Issue 2).

Silfi Melindawati, & Adriantoni.

(2022). Pengembangan Lembar

Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik

Terpadu Dengan Model Kooperatif

Tipe Think Pair and Share (Tps) Di

Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal

Cakrawala Pendas, 8(4),

1471–1485.

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.30

82

Peserta didik, M., & Iv, K. (2024).

Pengembangan Media Berbasis

Aplikasi Powerpoint Materi Bangun

Datar Pada Pembelajaran

Matematika Peserta didik Kelas IV

Sd. 10(September).

Studi, P., Guru, P., Dasar, S.,

Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., &

Bosowa, U. (2023). Penerapan

model pembelajaran cooperative

tipe Think Pair Share (tps) dalam

meningkatkan hasil belajar bahasa

indonesia peserta didik kelas v sd

inpres lanrak ii.

Sukma Asma’ul Husna. (2021).

PENGARUH MODEL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS )

TERHADAP HASIL BELAJAR

MATEMATIKA PESERTA DIDIK

KELAS VIII SMP NEGERI 10

MANDAU SKRIPSI mencapai

gelar Sarjana Pendidikan OLEH :

SUKMA ASMA ’ UL HUSNA

Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe.

Suryani, A. I., Afriyanti, S.,

Pendidikan, P., Sekolah, G.,

Adzkia, S., Pendidikan, P.,

Sekolah, G., & Adzkia, S. (n.d.).

PENGEMBANGAN LKPD

BERBASIS MODEL KOOPERATIF

TIPE THINK PAIR THINK PAIRSHARE ( TPS ) IN INTEGRATED

THEMATIC LEARNING Ade Irma

Suryani , Silvira Afriyanti. JURNAL

RISET Pendidikan Dasar Dan

Karakter, V o l . 3, 52–65.

https://ejurnal.stkipadzkia.ac.id/ind

ex.php/pdk

Yunita, D. (2021). Pengaruh Disiplin

Belajar terhadap Hasil Belajar

Afektif Peserta didik pada Mata

Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas

Tinggi MI Nahdlatul Ulama II

Tembilahan. Repository Stai

Auliaurrasyidin, 1–15.

https://repository.stai-

tbh.ac.id/handle/123456789/136

Downloads

Published

2025-08-03