Pengembangan LKPD Berbasis Think Pair Share (TPS) Materi Bangun Datar Peserta Didik Kelas II SDN 3 Mojosari Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30871Keywords:
Bangun Datar, LKPD, Think Pair ShareAbstract
Proses pembelajaran yang tidak didukung oleh metode dan bahan ajar yang sesuai dapat menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kesadaran guru dalam menerapkan metode serta pemilihan bahan ajar yang tepat selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penggunaan metode ceramah yang dominan membuat peserta didik kurang fokus dan menunjukkan minimnya antusiasme. Selain itu, kegiatan pembelajaran hanya bergantung pada buku Cerdas Tangkas sebagai satu-satunya sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan dan keterterapan LKPD berbasis model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas II SDN 3 Mojosari Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan lembar observasi keterterapan.Produk yang dihasilkan berupa LKPD materi bangun datar berbasis TPS untuk kelas II, yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid, dengan rata-rata persentase sebesar 95,19% dari ahli media dan 98,07% dari ahli materi. Sementara itu, hasil keterterapan memperoleh persentase sebesar 92%, yang secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKPD berbasis Think Pair Share (TPS) pada materi bangun datar kelas II yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti sangat valid dan sangat baik diterapkan dalam pembelajaran.Downloads
References
Anggara, R. (2024). Raju anggara
Efektivitas Media Tangram Pada
Pembelajaran Konsep Bangun
Datar Sederhana Meningkatkan
Kreatifitas Belajar Peserta didik
Mata Pelajaran Matematika Kelas
II SDN 01 Kepahiang nim:
20591144.
Anita, Y. (2024). Pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Berbasis HOTS Pada
Keterampilan Menulis Tema 2
Dikelas V SDN 10 Kayu Gadang
Kabupaten Pesisir SelatanANNISYA, S. (2022). Pengembangan
LKPD Berbasis Think Pair Share
(TPS) Pada Mata Pelajaran Pai
Dan Budi Pekerti Pada Materi
Berbusana Muslim/Muslimah
Untuk Kelas X SMAN 1 ….
https://repo.iainbatusangkar.ac.id/x
mlui/handle/123456789/26590%0A
https://repo.iainbatusangkar.ac.id/x
mlui/bitstream/handle/123456789/2
6590/1670991407721_PUSTAKA.
pdf?sequence=2&isAllowed=y
Bakara, L., Andinasari, A., &
Astiswijaya, N. (2023).
Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika Pop-Up
Book Pada Materi Bangun Datar Di
Smp. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 4(3), 399–407.
https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2
909
Desriva, N., & Relsas Yogica, R. Y.
(2023). Analisis Kebutuhan
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Berbasis Sintaks Think
Pair And Share (TPS) Pada Materi
Sistem Eksresi Untuk Peserta
Didik SMA. Biodik, 9(2), 89–92.
https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2
.20119
Karunia, A. F., & Af’idah, N. (2022).
Pengembangan Lkpd Berbasis
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share Pada Materi
Cahaya Dan Optik Kelas Viii.
Karangan: Jurnal Bidang
Kependidikan, Pembelajaran, Dan
Pengembangan, 4(1), 18–22.
https://doi.org/10.55273/karangan.
v4i1.159
Kelas, D., Sumberjo, S. D. N., Efendi,
I., Suryono, G., Asriyanti, F. D., &
Pd, M. (2024). Pengembanganlkpd dengan pendekatan rme (.
09(September), 327–338.
Khajar, D., Dasna, I. W., & Wardati,
D. (2025). PEMANFAATAN LKPD
BERBASIS MODEL KOOPERATIF
THINK PAIR SHARE UNTUK
MELATIH KETERAMPILAN
KOLABORASI PESERTA DIDIK
MATERI SUMBER ENERGI
LISTRIK ALTERNATIF KELAS 9
SMP. 3(2).
https://doi.org/10.17977/um084v3i
22025p348-356
Krisnawati, I., & Dwi Rahmawati, A.
(2020). Bentuk-bentuk Geometri.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
3(1), 28–39.
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar,
F. (2020). Pengembangan Media
Pop-Up Book Berbasis Contextual
Teaching and Learning Dalam
Pencapaian Kemampuan
Pemecahan Masalah Peserta didik
Smp. AKSIOMA: Jurnal Program
Studi Pendidikan Matematika, 9(1),
1.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.
2543
Pokhrel, S. (2024). Pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik
Berbasis Model Kooperatif Tipe
Think Pair Share (TPS) Pada Mata
Pelajaran Ekonomi., 15(1), 37–48.
Saputro, C. R. (2022). Pengaruh
Model Pembelajaran Think Pair
Share dengan Media Flyer
terhadap Hasil Belajar Menulis
Teks Iklan Peserta didik Kelas VIII
SMPN 5 Jakarta Tahun Pelajaran.
In Institutional Repository UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta (Vol. 1,
Issue 2).
Silfi Melindawati, & Adriantoni.
(2022). Pengembangan Lembar
Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik
Terpadu Dengan Model Kooperatif
Tipe Think Pair and Share (Tps) Di
Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal
Cakrawala Pendas, 8(4),
1471–1485.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.30
82
Peserta didik, M., & Iv, K. (2024).
Pengembangan Media Berbasis
Aplikasi Powerpoint Materi Bangun
Datar Pada Pembelajaran
Matematika Peserta didik Kelas IV
Sd. 10(September).
Studi, P., Guru, P., Dasar, S.,
Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., &
Bosowa, U. (2023). Penerapan
model pembelajaran cooperative
tipe Think Pair Share (tps) dalam
meningkatkan hasil belajar bahasa
indonesia peserta didik kelas v sd
inpres lanrak ii.
Sukma Asma’ul Husna. (2021).
PENGARUH MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS )
TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA PESERTA DIDIK
KELAS VIII SMP NEGERI 10
MANDAU SKRIPSI mencapai
gelar Sarjana Pendidikan OLEH :
SUKMA ASMA ’ UL HUSNA
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe.
Suryani, A. I., Afriyanti, S.,
Pendidikan, P., Sekolah, G.,
Adzkia, S., Pendidikan, P.,
Sekolah, G., & Adzkia, S. (n.d.).
PENGEMBANGAN LKPD
BERBASIS MODEL KOOPERATIF
TIPE THINK PAIR THINK PAIRSHARE ( TPS ) IN INTEGRATED
THEMATIC LEARNING Ade Irma
Suryani , Silvira Afriyanti. JURNAL
RISET Pendidikan Dasar Dan
Karakter, V o l . 3, 52–65.
https://ejurnal.stkipadzkia.ac.id/ind
ex.php/pdk
Yunita, D. (2021). Pengaruh Disiplin
Belajar terhadap Hasil Belajar
Afektif Peserta didik pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas
Tinggi MI Nahdlatul Ulama II
Tembilahan. Repository Stai
Auliaurrasyidin, 1–15.
https://repository.stai-
tbh.ac.id/handle/123456789/136
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.