Efektivitas Pendekatan Etnomatematika pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN Jagir I Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30855Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the ethnomathematics approach to flat shape properties in improving the critical thinking skills of fourth-grade students. The research method used is quantitative with a One Group Pretest-Posttest Design. The data collection technique used in this study is a critical thinking skills test with the instrument used being a critical thinking skills test sheet. Data analysis in this study utilized the N-Gain test, assisted by Microsoft Excel to process the obtained data. Based on the critical thinking ability test calculated using the N-Gain formula, the overall average N-Gain was 0.7673, with an N-Gain score of 76.7%. This indicates that students' critical thinking abilities are in the high category, as they fall within the range of G >70. Based on the results of this study, the ethnomathematics approach is effective in improving critical thinking skills in fourth-grade mathematics learning. This study recommends that the ethnomathematics approach be considered more broadly as an innovative strategy in mathematics learning to improve students' critical thinking skills. It is important for teachers to integrate local cultural contexts into teaching materials, creating more relevant and meaningful learning experiences for students. It is hoped that students will become more active in understanding mathematical concepts through their own cultural lens. For future research, it is recommended to expand the scope of the study by exploring variations in ethnomathematics contexts and applying them to different educational levels and materials.Downloads
References
pemahaman mendalam terhadap
konsep serta kemampuan dalam
menganalisis, mengevaluasi, dan
menyimpulkan informasi yang
diberikan. Hal ini memperkuat bukti
bahwa pendekatan etnomatematika
yang mengaitkan konsep matematika
dengan konteks budaya siswa
mendorong proses berpikir reflektif dan
bermakna, yang merupakan inti dari
berpikir kritis.
Hal ini juga sejalan dengan
penelitian yang dilakukan oleh
(Martyanti & Suhartini, 2018) yang
menjelaskan bahwa pembelajaran
matematika berbasis etnomatematika,
yang menghadirkan budaya sebagai
konteks yang disajikan dalam bentuk
permasalahan yang berkaitan dengan
indikator-indikator berpikir kritis. Oleh
karena itu, pembelajaran matematika
berbasis etnomatematika dapat
meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa, khususnya dalam
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-
hari dalam konteks budaya setempat.
Penelitian ini juga diperkuat dengan
penelitian sebelumnya yang dilakukan
oleh (Asmaarobiyah & Arisetyawan,
2024) yang menyatakan bahwa
permainan congklak berbantuan
etnomatematika menjadi media
pembelajaran yang efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa, ditunjukkan dengan nilai
rata-rata N-Gain 0,6636 atau 66,36%
yang menegaskan bahwa pendekatan
pembelajaran yang memanfaatkan
unsur budaya lokal dalam hal ini
permainan tradisional congklak dapat
memberikan pengalaman belajar yang
lebih kontekstual, menyenangkan,
dan bermakna bagi siswa. Permainan
congklak tidak hanya
mengembangkan aspek kognitif siswa
dalam memahami konsep matematika
seperti penjumlahan, pembagian,
pola, dan strategi, tetapi juga
mendorong mereka untuk
menganalisis, membuat keputusan,
mengevaluasi langkah, serta
menyimpulkan strategi bermain yang
paling efektif. Proses inilah yang
secara tidak langsung melatih berpikir
kritis siswa dalam situasi yang alami
dan menyenangkan sehingga hasil
belajar siswa dan kemampuan berpikir
siswa dapat meningkat. Sejalan
dengan pendapat (Nafi’ah, 2016) yang
mengatakan bahwa pembelajaran
berbasis budaya dapat meningkatkan
hasil belajara siswa. Dalam
pembelajaran berbasis budaya, materi
tidak disampaikan secara abstrak atau
terlepas dari konteks kehidupan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.